Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Remaja pada Lingkungan Masyarakat

Khaerunnisa Khaerunnisa, Ahmad Syarif

Abstract


Hadirnya aplikasi TikTok, remaja dapat menciptakan konten menarik, memungkinkan berbagai lapisan masyarakat untuk mengekspresikan diri dan gaya mereka melalui pembuatan video lucu, unik, menarik dan variasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap perilaku remaja pada lingkungan masyarakat” dan “Seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap perilaku remaja pada lingkungan masyarakat di Desa Sawakong. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, dengan jumlah populasi sebanyak 100 orang yang berusia mulai dari remaja awal (10-14tahun), remaja pertengan (15-19tahun), hingga dewasa muda (20-24tahun). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadao perilaku anak remaja di Desa Sawakong. Perubahan dalam pola perilaku ini mencakup kesulitan para remaja dalam membedakan apakah video tiktok yang viral dan banyak ditonton memiliki nilai manfaat, moralitas, atau edukatif. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh antara variabel X (Pengguna Media Sosial TikTok) terhadap variabel Y (Perilaku Remaja). Dimana di peroleh nilai pearson correlation adalah 0.775 dengan nilai sig. (2-tailed) 0.000. perolehan skor tersebut mengandung arti bahwa variabel pengguna tiktok memiliki korelasi terhadap variabel perilaku remaja dengan nilai 0.775.


Keywords


Pengaruh, Pengguna Tiktok, Perilaku Remaja

Full Text:

PDF

References


Agustin, N. (2021). Dampak Pengunaan Aplikasi Tik Tok Terhadap Karakter Mahasiswa Pgmi Stai Al-Azhar Menganti Gresik. Jurnal Primary (Kajian Ilmu Pendidikan …, 2(1), 45–52.

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Asrida. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Keagamaan Remaja di Desa Sarudun Kecamatan Sarudu Kabupaten Pasangkayu.

Astuti, S. W., & Subandiah, D. S. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Tik Tok Terhadap Gratifikasi Penggunanya. Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 7(1), 79–107. https://doi.org/10.52447/promedia.v7i1.4459

Buana, T., & Maharani, D. (2022). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) Dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 16(2), 34–44. https://doi.org/10.33557/ji.v16i2.2227

B., Issa, J., Tabares, I., Objek, P. B. B., Hasil, L., Informasi, T., Ade Yuliana, H. H. A., Pattiserlihun, A., Setiawan, A., Trihandaru, S., Fisika, P. S., Sains, F., Kristen, U., Wacana, S., Diponegoro, J., Jawa, S., Indonesia, T., Putra, R. L., Hidayat, B., … Adhitya Putra, D. K. T. (2019). Pengaruh Intensitas Menggunakan Aplikasi TikTok Terhadap Perilaku Narsisme Remaja Muslim Komunitas Muser Jogja Squad. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019. http://www.ghbook.ir/index.php?name=فرهنگ و رسانه های نوین&option=com_dbook&task=readonline&book_id=13650&page=73&chkhashk=ED9C9491B4&Itemid=218〈=fa&tmpl=component%0Ahttp://www.albayan.ae%0Ahttps://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&q=APLIKASI+PENGENA

Cova, V. (2022). Praktik Cyberbulliying Di Channel Youtobe Lutfi Agizal (Analisis Isi pada Komentar Negatif dalam postingan “Ngomong Anjay Bisa Merusak Moral Bangsa”). 8–46.

Elfira, A. (2019). Dampak Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Remaja Di Kelurahan Cikoro Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa.

Erika Puspita, S. (2019). Hubungan antara kepribadian neuroticism dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku impulsif buying produk fashion remaja SMA 2 Surabaya.

Faidlatul Habibah, A., & Irwansyah, I. (2021). Era Masyarakat Informasi sebagai Dampak Media Baru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 350–363. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.255

Istiani, N., & Islamy, A. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586

Jayanata, G. (2022). Dampak Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri 42 Di Desa Padang Peri Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, 1–79.

Kutlu, T. (2023). Dampak Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perilaku Belajar Siswa. 4(1), 88–100.

Maghfiro, S. (2022). Universitas Islam Negeri Fakultas Dakwah Januari 2022 Diajukan kepada Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Disetuji Pembimbing.

Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 1(1), 1–10.

Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word of Mouth (Wom) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.12026

Patel, & Goyena, R. (2019). Pengaruh penggunaan aplikasi TikTok Terhadap Perilaku Narsisisme Mahasiswa KPI Angkatan Tahun 2021 IAIN Ponogoro. Journal of Chemical Information and Modeling, 15(2), 9–25.




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v6i1.15877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats