Konvergensi Radio Republik Indonesia Pro 2 Makassar dalam Mempertahankan Minat Pendengar

Dhila Pratiwi Nur, Muhammad Yahya

Abstract


Agar radio berita tidak benar-benar ditinggalkan dan masih bisa bertahan di hati pendengar terkhususnya pada RRI PRO 2 Makassar dituntut untuk melakukan perubahan agar dapat mengimbangi perkembangan zaman dan trend yang ada, salah satu cara untuk mempertahankan eksistensi RRI PRO 2 Makassar dengan melakukan konvergensi media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) yang pertama kali diperkenalkan oleh Davis. Hasil penelitian menunjukkan pendengar radio sudah beralih ke platform digital sebagai sarana utama untuk mencari hiburan. Agar bisa tetap relevan RRI melakukan pembaharuan dengan membuat aplikasi RRI Digital, dengan adanya pembaharuan tersebut banyak pendengar yang dengan mudah mengakses radio di manapun dan kapanpun mereka inginkan. pendengar PRO 2 RRI Makassar memiliki kecenderungan untuk mendengarkan radio saat mereka sedang dalam perjalanan atau sedang beristirahat. RRI Digital belum bisa menjadi sarana hiburan utama untuk orang-orang dikarenakan masih kalah saing dengan aplikasi hiburan lainnya. Walaupun begitu orang-orang menjadikan RRI Digital sebagi salah satu sarana mereka mencari hiburan, itu menunjukkan Radio Republik Indonesia PRO 2 Makassar masih bisa dikatakan berhasil untuk mempertahankan minat pendengarnya.


Keywords


Konvergensi Media, Radio Republik Indonesia, Minat Pendengar

Full Text:

PDF

References


Alfajar, G. (2022). Strategi Komunikasi Penyiar Radio RRI Pro 2 Medan dalam Menarik Perhatian Pendengar Kaum Muda Di Kota Medan. 1–11. http://repository.uinsu.ac.id/18882/

Annisa, F. N. (2021). Konvergensi media pada perkembangan radio komersial di Yogyakarta (studi kasus pada radio Geronimo FM dan radio Swaragama FM). Commicast, 2(2), 90. https://doi.org/10.12928/commicast.v2i2.3350

Firdaus, A. (2023). Strategi Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar Mempertahankan Minat Pendengar Di Era Digital. Saraq Opat: Jurnal Administrasi Publik, 5(1), 86–103. https://doi.org/10.55542/saraqopat.v5i1.609

Islami, M. M. (2021). Analisis Perceived Usefulness Dan Perceived Ease Of Use Terhadap Actual System Usage Melalui Attitude Toward Using (Studi Pada Pengguna Aplikasi Ruangguru Di Kota Makassar).

Miranda, P., & Yuliati, R. (2020). Eksistensi Radio Saat Ini : Studi Preferensi & Motivasi Khalayak Dalam Mendengarkan Radio. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 4(3), 735. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i3.2477

MUKTI, D. K. J. (2023). KONVERGENSI MEDIA DI ERA DIGITALISASI PENYIARAN (Studi Deskriptif Kualitatif pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia dalam Menghadapi Persaingan Media). (Doctoral Dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Padli. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Mikro. Jurnal Hipotesa, 16(2), 21–35.

Rachmawati, F. M. (2018). Analisis Wacana Tentang Diskriminasi Gender Dalam Film “Wadjda.” repository.uinjkt.ac.id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41462

Shintya Merinda. (2020). Pengaruh Perceived Ease Of Use Dan Perceived 70 Usefulness Terhadap Behavioral Intention To Use Melalui Attitude Toward Using (Studi Kasus Pada Pengguna E-Wallet Ovo Di Kota Bekasi).

Umy, H. (2010). Saingan Semakin Banyak, Radio Harus Paham Keinginan Pendengar. Https://Www.Umy.Ac.Id/Saingan-Semakin-Banyak-RadioHarus-Paham-Keinginan-Pendenga

Yahya, Y. M. (2021). Strategi Radio Bharata FM Makassar di Era Konvergensi Media. Jurnal Komunikasi Dan Organisasi (J-KO), 3, 47–55. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jko/article/view/9082

Zubedi, R., & A.A, P. P. (2023). Mengintip Isi Rri Digital Tampilan Baru. Https://Ppid.Rri.Go.Id/Berita/Ppid-Rri/323/Mengintip-Isi-Rri-DigitalTampilan-Baru




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v6i1.15876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats