Preferensi Kaum Milenial Terhadap Aplikasi Digital Streaming (Studi Pada Followers Media Sosial Twitter @Drakorfess_)

Aisyah Milsya Maghfirah, Syukri Syukri

Abstract


Subscription video-on-demand (SVOD) adalah layanan streaming video yang menawarkan cara menonton yang interaktif dan menggunakan algoritma untuk menyajikan katalog konten seperti film, serial dan dokumenter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana preferensi followers media sosial twitter @drakorfess_ sebagai kaum milenial selama menggunakan aplikasi digital streaming yang mendorong mereka untuk terus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi dengan jumlah informan 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Preferensi kaum milenial terhadap aplikasi digital streaming terbentuk karena adanya beberapa faktor yaitu kesadaran menonton secara legal, fleksibilitas dalam mengakses dan menggunakan aplikasi digital streaming, variasi tayangan dalam aplikasi digital streaming lebih beragam dibandingkan televisi. Penelitian ini juga menemukan keterikatan kaum milenial terhadap aplikasi digital streaming karena adanya nilai harapan terhadap aplikasi digital streaming dan gratifikasi atau tujuan yang mampu terpenuhi dengan menggunakan aplikasi tersebut.


Keywords


Aplikasi Digital Streaming, Preferensi, Kaum Milenial

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). Media televisi di era internet. ProTVF, 2(1), 101.

Edwin, J., & Irwansyah, I. (2021). Motivasi Milenial Menonton Layanan Streaming. Jurnal Komunikasi Global, 10(1), 77–100.

Effendy, O. U. (2011). Ilmu komunikasi teori dan praktek.

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @yhoophii_official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32–41.

Hasan, V. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Willingness To Subscribe: Telaah Pada Layanan Video On Demand Netflix. Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 22–38.

Humaizi. (2018). Uses and Gratifications Theory. USU Press.

Pamuji, E. (n.d.). hasil cek plagiasi: Media Cetak VS Media Online (Perspektif Manajemen dan Bisnis Media Massa).

Permana, R. S. M., & Mahameruaji, J. N. (2019). Strategi pemanfaatan media baru NET. TV. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23(1), 21–36.

Prabowo, A. (2012). Era penyiaran digital: pengembangan atau pemberangusan TV lokal dan TV Komunitas? Jurnal Aspikom, 1(4), 301–314.

Satriayuda, L. R. (2024). ANALISIS USER EXPERIENCE PADA LAYANAN STREAMING DISNEY+ HOTSTAR DENGAN METODE HEART FRAMEWORK. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Siregar, A. H. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Platform Film di Smartphone (Studi Deskriptif Kuantitatif Persepsi Mahasiswa FISIP USU Terhadap Platform Film di Smartphone). Universitas Sumatera Utara.

Valiant, V. (2020). Instagram Sebagai Media Eksistensi Diri. Perpustakaan Fikom UPI YAI.




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v6i1.15875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats