E-Commerce dan Gaya Hidup (Studi Mengenai Pengaruh Pembelian Online Terhadap Perilaku Minat Beli Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar)

Niar Niar, Indah Pratiwi M, Ahmad Syarif

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh pembelian onlie terhadap perilaku minat beli mahasiswa Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian kuantitatif asosiatif kausal yaitu untuk hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih dari beberapa populasi untuk sampel dengan teknik pengambilan sampel secara random dan menggunakan instrument penelitian dalam pengumpulan data untuk menguji hipotesis/dugaan yang telah ditetapkan dengan beberapa pertanyaan/angket. Jumlah populasi yang digunakan sebanyak 73 orang mahasiswa. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa besar pengaruh antara pembelian online e-commerce (X) terhadap perilaku minat beli (Y) ialah berpengaruh secara positif dan signifikan dikarenakan banyaknya kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar yang berminat melakukan transaksi pembelian secara online e-commerce yang dimana pada hasil penelitian menggunakan SPSS versi 23 menunjukkan hasil koefisien regeresi X sebesar 0,812 menyatakan bahwa jika pembelian online e-commerce (X) mengalami kenaikan satu satuan, maka Pengaruh minat beli (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,812 atau 81,2%. Dapat dikatakan pembelian online memiliki pengaruh besar terhadap gaya hidup.

Keywords


Perilaku, E-Commerce, Gaya Hidup

Full Text:

PDF

References


Aldrich, M. (2011). Online Shopping in the 1980s. International Business & Economics Research Journal, 33(4).

Cangara, Hafied. 2015.pengantar ilmu komunikasi.jakarta: Rajawali pers

Hafsah, A. H. (2020). pengaruh kepuasan konsumen, perilaku konsumtif, Dan gaya hidup hedonis terhadap transaksi online e-commerce. Prisma (Platfrom Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(6).

Gunawan, A., & Sunardi, H. (2016). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Gesit Nusa Tangguh. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 16(1), 98066.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafsyah, A. H. (2020). pengaruh kepuasan konsumen, perilaku konsumtif, Dan gaya hidup hedonis terhadap transaksi online e-commerce. prisma (platfrom riset mahasiswa akuntansi), 01(6), 94-103.

Izzaty, R. E., Astuti, B., & Cholimah, N. (2013). konsep diri dan perilaku konsumtif pada mahasiswa yang melakukan belanja online. Angewandle Chemie International Edition, 6(11).

Jeko. (2015). Aplikasi Belanja Online C2C Perilaku Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Muslim 133 Meluncur di Indonesia. Shopee.

Jonathan, S. (2012). perdagangan online (e-commerce). pt elex media komputindo.

Kristanto, & Andri. (2008). Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gaya Media.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen. 15th Edition, Pearson Education.

Mufarizzaturriziyah. (2020). Gaya, P., & Konsumtif, H. E-Commerce.

Putro, R. Y. A., & Kamal, M. (2013). Analisis Pengaruh Brand Reputation, Brand Competence, dan Brand Liking Terhadap Trust In Brand Pada Konsumen Windows Phone Nokia di Surabaya. Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 10(2), 178–185. https://doi.org/10.14710/jsmo.v10i2.5916

Prayoga, N. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian. 1(1).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v5i1.15861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats