Pengaruh Komunikasi Digital Dua Arah Terhadap Kinerja Karyawan PT. IMIP (Studi pada Karyawan DSI: Dexin Stell Indonesia)

Ray Samudra R, Diana Rina M

Abstract


Penelitian ini adalah tipe korelasional yaitu penelitian yang menjelaskan variabel-variabel yang diteliti serta hubungannya antara satu variabel dengan variabel lainnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder berupa metode angket kuesioner dan data lainnya yang dibutuhkan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang terlebih dahulu dilakukan pengujian instrumen penelitian kemudian berlanjut ke uji asumsi klasik yang mencakup uji normalitas, multikolinearitas, autokorelasi dan heteroskedastisitas kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis (uji signifikansi parsial (t), simultan (f) dan koefisien determinasi R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi digital dua arah karyawan perusahaan DSI: Dexin Stell Indonesia tidak terlepas dari peran dan kehadiran era komunikasi digital saat ini yang berkembang. Komunikasi digital dua arah yang terjadi, informasi mengalir dari pengirim ke penerima dan respons penerima kembali ke pengirim. Komunikasi digital horizontal dan komunikasi digital diagonal, memiliki kontribusi pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Perusahaan DSI: Dexin Stell Indonesia. Komunikasi digital dua arah berpengaruh terhadap kinerja karyawan perusahaan DSI: Dexin Steel Indonesia dengan presentasi 55.9% atau berada pada kategori kategori sedang, sedangkan 44.1% (100% - 55.9%) diterangkan oleh sebab sebab dan faktor lain yang berada diluar variabel komunikasi digital dua arah seperti aspek kedisiplinan, kerjasama, budaya organisasi hingga kompensasi atau tunjangan yang diperoleh sehingga berperan terhadap kinerja karyawan yang optimal.


Keywords


Dua Arah, Komunikasi Digital, Kinerja Karyawan, Organisasi, Budaya

Full Text:

PDF

References


Adji, W. H., & Nupardi, D. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Camat Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Jurnal Co Management, 5(1), 725–733.

Astuti, Y. D. (2015). Dari simulasi realitas sosial hingga hiper-realitas visual: tinjauan komunikasi virtual melalui sosial media di cyberspace. Profetik: Jurnal Komunikasi, 8(2).

Astuti, Y. D. (2017). Simulation of Social Reality Through New Media Study on Yogyakarta Students Smartphones Users (Simulasi Realitas Sosial Melalui New Media Studi pada Mahasiswa Yogyakarta Pengguna Smartphone). Pekommas, 2(1), 75–86.

Banunaek, M. F., Suminah, S., & Karsidi, R. (2017). Pemberdayaan untuk meningkatkan kinerja penyuluh pertanian di Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penyuluhan, 13(2), 210–221.

Burt, F. J., Rolph, M. S., Rulli, N. E., Mahalingam, S., & Heise, M. T. (2012). Chikungunya: a re-emerging virus. The Lancet, 379(9816), 662–671.

Dwiyogo, W. D. (2022). Pembelajaran visioner. Bumi Aksara.

Hamid, M., & Morrisan, A. C. (2013). Teori Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia.

Indrawan, J. (2019). Cyberpolitics Sebagai Perspektif Baru Memahami Politik di Era Siber [Cyberpolitics as A New Perspective in Understanding Politics in The Cyber Era]. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri Dan Hubungan Internasional, 10(1), 1–16.

Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media.

Liliweri, A. (2014). Sosiologi dan komunikasi organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Maslan, M. (2022). Isolasi dan Identifikasi Bakteri Pengakumulasi Logam Berat sebagai Agen Bioremediasi dari Pesisir Kawasan Industri di Desa Fatufia, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Octavia, S. A. (2019). Sikap dan kinerja guru profesional. Deepublish.

Rambe, N. (2013). PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOKDENGAN TEKNIK KONFRONTASI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEDAN. UNIMED.

Rihayana, I. G., SUPARTHA, I., Sintaasih, D. K., & Surya, I. B. K. (2023). Rethinking Open Innovation from Resources Based View and Dynamic Capability Perspective: Determinants and Its Consequences. Quality-Access to Success, 24(192).

Riley, W., Davis, S. E., Miller, K. K., & McCullough, M. (2010). A model for developing high‐reliability teams. Journal of Nursing Management, 18(5), 556–563.

Santoso, D. A. A., & Prasetyo, A. (2021). PKM Peningkatan Kemampuan Berbicara pada Karang Taruna RT 007 RW 05 Kelurahan Tanjung Barat, Jagakarsa Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 70–74.

Sutedjo, A. S., & Mangkunegara, A. P. (2013). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Inti Kebun Sejahtera. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 5(2), 120–129.

Tamburaka, A. (2013). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media. Raja Grafindo Persada.

Utami, S. H. (2022). Pola Komunikasi Organisasi Di Unit Folio Sheeter 3 PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk Dimasa Pandemi Covid-19. Universitas Islam Riau.

Wibowo, E., & Utomo, H. (2016). Pengaruh keselamatan kerja dan kesehatan kerja terhadap kinerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening (Studi kasus pada karyawan bagian produksi unit serbuk effervescent PT Sido Muncul Semarang). Among Makarti, 9(1).




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v5i1.15859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats