Strategi Kreatif Produser dalam Mempertahankan Program Talkshow “Makbicara” Fajar Tv Makassar

Muh Fauzi Muflih, Muhammad Yahya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif produser program Talkshow Makbicara dalam mempertahankan programnya, serta untuk mengetahui faktor penghambat yang dapat mempengaruhi program Talkshow Makbicara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Karena penelitian ini membutuhkan observasi di lapangan, dan juga peneliti melakukan wawancara kepada para narasumber yang berkaitan dengan peneltian ini. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif, karena peneliti ingin menjabarkan atau menggambarkan tindakan kreatif atau trik-trik yang diterapkan produser program Talkshow Makbicara dalam upaya mempertahankan eksistensi programnya di stasiun Fajar TV Makassar. Adapun hasil penelitian ini adalah tentang target penonton kalangan remaja dan dewasa, bahasa naskah mengngunakan bahasa formal, format acara news dan informasi, punching linenya menggunakan pertanyaan kerjutan, clip hanger untuk membuat penasaran penonton, tune berdurasi 30 detik dan bumper berdurasi 18 detik, penataan artistic menggunakan studio permanen dan studio outdoor, serta melakukan general rehearsel untuk memastikan kesiapan sebelum proses produksi berlangsung. adapun faktor penghambatnya yaitu meliputi faktor teknis yaitu kedisiplinan tim produksi, gangguan peralatan serta lighting (Pencahayaan) dan faktor non teknis meliputi kesiapan narasumber, cuaca serta macet, yang dapat mempengaruhi keberlangsungan produksi program Talkshow Makbicara.

Keywords


Strategi Kreatif, Produser Program Talkshow, Mempertahankan Eksistensi

Full Text:

PDF

References


AMALIAH, R. A. (2014). Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Fajar Fm Makassar Dalam Meningkatkan Jumlah Pengiklan.

Annisa, S. A. (2019). Teknik Promosi Untuk Menarik Minat Pendengar Program Jaksa Menyapa Oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dan Radio Republik Indonesia Semarang. Faculty of Social and Political Sciences.

Fitriah, I. (2014). STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM DAKWAH MAMAH&AA BER-AKSI DI STASIUN TELEVISI INDOSIAR. UIN Syarif Hidayatullah.

Fitriyah, I. (2014). Strategi kreatif Produser dalam mempertahankan eksistensi Program Dakwah Mamah & AA ber-Aksi di Stasiun Televisi Indonesia.

Gm, S. (2012). Berita untuk mata dan telinga : Pemahaman praktis jurnalistik Televisi. Mara Pustaka.

Khusna, I. A. (2018). Strategi Kreatif Produser Dalam Mempertahankan Eksistensi Program Kangen Tembang-Tembung Di Aditv Yogyakarta. Lektur Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 77–89.

Morissan. (2015). Manajemen Media Penyiaran : Strategi mengelola radio & televisi. Fajar interpratama mandiri.

Morissan, M. A. (2018). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi Ed. Revisi. Prenada Media.

Pambayun, E. L. (2023). Perempuan vs Perempuan: Realitas Gender, Tayangan Gosip dan Dunia Maya. Nuansa Cendekia.

Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV sekolah sebagai media pembelajaran dan pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196–207.

Romli, K. (2017). Komunikasi Massa. Gramedia widiasaran indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v5i1.15858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats