Strategi Humas DPRD Kota Makassar dalam Menjalankan Aktivitas Media Relations

Muh Yusril Sudirman, Muhammad Yahya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi DPRD Kota Makassar dalam Melaksanakan Kegiatan Media Relations. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dengan sejumlah informan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi DPRD Kota Makassar dalam Melaksanakan Kegiatan Media Relations dalam pelaksanaannya dikatakan memiliki namun tidak dapat dikatakan efektif secara keseluruhan. Hal ini berdasarkan indikator yang digunakan yaitu (1) Managing Relations, Public Relations telah membayangi beberapa media untuk melaporkan hal-hal tentang kegiatan DPRD umum atau lainnya bahkan ada beberapa momen kegiatan yang dilakukan secara individu oleh anggota dewan yang melibatkan media seperti kegiatan reses skala individu yang telah berhasil dilaporkan kepada publik sehingga hubungan menjadi erat. (2) Mengembangkan Strategi, Media memberikan surat permohonan untuk bekerja sama dengan DPRD kemudian Divisi Humas mengakomodasi dan menyeleksi media untuk menjalin hubungan kerja sama terkait informasi atau berita tentang kegiatan anggota DPRD. (3) Mengembangkan Jaringan, Divisi Humas DPRD Kota Makassar melakukan pendekatan Persuasif melalui grup media sosial dengan media, sehingga ketika ada kegiatan DPRD disampaikan langsung melalui Grup, kemudian dikelola oleh media untuk dilemparkan ke publik berdasarkan pengamatan Divisi Humas.

Keywords


Strategy, DPRD, Hubungan Media

Full Text:

PDF

References


Abdul Rais. (2018). Makassar, Strategi humas dprd kota (studi pada kantor dprd kota makassar).

Hasan Mukmin. (2010). pengertiandan manfaat peranan. 22–64.

Iriantara, Yosal. (2005). Media Relations: Konsep, Pendekatan, Dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rachmadi. 1996. Public Relations. Jakarta: Gramedia.Aripin, S Daud, M. 2014. Peran Administrator Public dalam Formulasi dan implementasi Kebijakan (Analisis Kurikulum 2013. Jurnal Acaedemica Fisip Untad. Volume 06. Nomor 01.

Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations dan Medi.Komunikasi. Cdt. h 323.

Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasin. (Jakarta: PT Rajarafindo Persada. 2003). h 323-325

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suranto AW. 2005. Komunikasi Perkantoran. Yogyakarta: Media Wacana

Taufiq Rohman Dhoiri, dkk. 2007. Sosiologi: Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Yudhistira.

Widjaja, Komunikasi dan Hubunan Masyarakat, (Jakarta: Rajawali Pers 2010). h.57 13

Widjaja, Komunikasi dan Hubunan Masyarakat. Cet.5 h. 54 Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi.Cdt. h 323 15




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v4i2.15834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats