Komunikasi Terapeutik Antara Perawat dan Pasien di Puskesmas Herlang
Abstract
Komunikasi terapeutik merupakan hal yang selalu berlangsung dalam komunikasi antara perawat dan pasien. Komunikasi terapeutik memiliki pengaruh besar terhadap proses penyembuhan pasien. Berdasarkan hal tersebut, kajian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan komunikasi terapeutik yang dilakukan perawat kepada pasien dalam memberikan pelayanan di Puskesmas Herlang dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh perawat dalam melakukan komunikasi terapeutik pada pasien di Puskesmas Herlang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini terdiri dari 5 orang perawat, 5orang pasien, dan 5 orang keluarga pasien. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi langkah-langkah reduksi, penyajian data, kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian di Puskesmas Herlang menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik antara perawat dan pasien, telah berlangsung dengan baik. Hal ini tercermin dari cara penyambutan perawat terhadap pasien dengan ekspresi wajah yang menyenangkan komunikasi yang lembut kepada pasien, serta kesabaran dalam mendengarkan berbagai keluhan-keluhan pasien, memberikan tanggapan balik yang mudah dimengerti oleh pasien dengan tetap memperhatikan bahasa yang santun. Faktor yang menghambat terjadinya komunikasi terapeutik antara perawat dan pasien di Puskesmas Herlang yaitu: penggunaan bahasa, mimik wajah pasien kurang baik kepada perawat, keadaan psikologi perawat dan pasien seringkali mengalami ketidakcocokan misalnya intonasi suara serta pengetahuan keluarga yang lebih tau dari perawat termasuk kendala yang dirasakan perawat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andi Prastowo. 2012. Metode Penelitian Penelitian Kualitatif Dalam Persektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta : Ar-ruzzmedia.
Aw Suranto. 2018. Komunikasi Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Budiono, S. B. P. (2016). Konsep Dasar Keperawatan (D. R. Parman S (ed.)). Bumi Medika.
Damaiyanti, Mukhripah. 2010. Komunikasi Terapeutik Dalam Praktik Keperawatan. Bandung: Reflika Aditama.
Fitri, E. Y., Herliawati, H., & Wahyuni, D. (2020). Pengembangan Perencanaan Pulang Model Lima. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA, 3(2), 186–197. http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/JOH%0APENGEMBANGAN
Moenir. 2000. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Bina Aksara.
Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja Rosda Karya.
Mundakir, M. (2016). Komunikasi Pelayanan Kesehatan.
Nisya Rifiani & Hartanti Sulihandari.Prinsip-Prinsip Dasar Keperawata.Jakarta Timur: Dunia Cerdas. 2013
Notoatmodjo, Soekidjo. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan (EdisiRevisi).Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Nurjannah. 2005. Komunikasi Terapeutik ( Dasar-Dasar Komunikasi Bagi Perawat ). Moncomedia.
Perry & Potter. (2005). Buku Fundamental Keperawatan (Konsep,proses).
Prastowo A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Ratminto. 2006. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Rosdakarya.
Reni Agustina Harahap & Fauzia Eka Putra. 2019. Komunikasi Kesehatan. . Jakarta: Prenadamedia Grup
Sinambela dkk,2008. Reformasi Pelayanan Publik,Jakarta : Bumi Aksara
Suciati.Psikologi Komunikasi Sebuah Tinjauan Teoritis dan Perspektif Islam.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v4i1.15833
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar
Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)
email: jko@unismuh.ac.id
View My Stats