Komunikasi Antar Budaya Etnis Bugis Makassar dengan Etnis Tionghoa di Pasar Bacan Makassar

Syahniar Dayyana, Ahmad Syarif

Abstract


Petunjuk Komunikasi antar budaya merupakan komunikasi yang di lakukan oleh orang-orang yang memiliki kebudayaan berbeda. Hal ini yang terjadi di Pasar Bacan Makassar.Komunikasi antar budaya etnis bugis Makassar dengan Etnis Tionghoa di Pasar Bacan Makassar begitu lancar dan interaksi dapat berjalan dengan baik keduanya mampu untuk saling menerima. Tujuan Penelitian untuk mengetahui komunikasi antar budaya yang diterapkan oleh etnis Bugis Makassar dengan etnis Tionghoa dan untuk mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat etnis Tionghoa dengan etnis Bugis Makassar dalam berkomunikasi di Pasar Bacan. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu jenis Kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa perbedaan terhadap budaya dan komunikasi antara etnis Bugis Makassar dengan etnis Tionghoa dari segi bahasa yaitu kedua etnis memiliki logat berbicara tersendiri. Kepercayaan pada etnis Tionghoa menganut kristen dan konghucu etnis Bugis Makassar mayoritas islam, Nilai kebudayaan etnis Tionghoa yaitu carilah dan engkau akan mendapatkan, dan carilah itu dari dalam diri yang berarti tidak mudah putus asa, nilai kebudayaan etnis Bugis Makassar yaitu abbulo sibatang dan sipakatu yang berarti bekerja bersama dan bahu membahu untuk saling membantu. persepsi yang muncul di Pasar Bacan bahwa etnis Bugis Makassar di kenal dengan sikap gotong royong dan rasa empati yang tinggi sedangkan etnis Tionghoa di kenal dengan pekerja keras dan ulet. Faktor pendukung antara lain lingkungan yang baik, sikap saling menerima perbedaan, kemampuan beradaptasi. Sedangkan faktor penghambat antara lain stereotipe, etnosentrisme, homofili dan heterofili yang muncul akibat perbedaan interpretasi dalam komunikasi antar budaya serta persamaan derajat, status dan pendidikan harus dipertimbangkan.

Keywords


Komunikasi, Budaya, Etnis Tionghoa, Etnis Bugis

Full Text:

PDF

References


Abdul majjid, 2014.Pasar Sebagai Sarana Komunikasi Antar Budaya (Studi Deskriptif Pedagang Pasar Segiri Samarinda)

Efendy, onong uchjana. (2004). Dinamika Komunikasi. PT Rosda Karya.

Gudykunst, W. B. dan Y. Y. K. (2012). Communicating with Strangers: An Approach to Intercultural Communication. McGraw-Hill.

Hampden, Turner, C., & rompenaars, F. (2020). Riding the waves of culture: Understanding diversity in global business. Hachette UK.

Heryadi, H. (2013). Komunikasi Antarbudaya Dalam Masyarakat Multikultur. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(1), 95–108. https://doi.org/10.24198/jkk.vol1n1.9

Koentjaningrat, 2004. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan

Liliweri, Alo, 2013. Dasar-Dasar Komunikas Antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Mulyana, Deddy, 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy, 2016. Komunikasi Lintas Budaya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, D. M. (2006). Komunikasi Antarbudaya: Panduan Berkomunikasi Dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Remaja Rosdakarya.

Samovar. (2007). Communication Between Cultures. Thomson Higher Education.

Sihabudin, Ahmad, 2011. Komunikasi Antarbudaya. Komunikasi Antarbudaya Suatu Perspektif Multidimensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryadinata, Leo, 2002. Negara dan Etnis Tionghoa (Kasus Indonesia). Jakarta :pustaka LP3ES

Stephen W.Littlejohn, Karen A. Foss, 2016. Teori Komunikasi. Jakarta ; Kenacana Prenada Media Group

Taylor, Shelley E., Letitia Anne Peplau & David O. Sears, 2009. Psikologi sosial edisi kedua belas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Tubbs, Stewart dan Sylvia Moss, 2009. Human Communication Konteks- Konteks Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahidah Suryani. (2013). Komunikasi Antarbudaya yang Efektif”. pada Jurnal Dakwah Tabligh. Vol. 14, No. 1 Juni 2013 :91-100. Dakwah Tabligh, 14, 91–100. file:///C:/Users/User/Downloads/316-608-1-SM.pdf




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v4i1.15832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats