Gerakan Komunikasi Dakwah Digital Muhammadiyah di Kalangan Pemuda Milenial di Kelurahan Salaka Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar

Rajuddin Rajuddin, Muh. Tahir

Abstract


Komunikasi merupakan salah satu faktor yang menentukan pencapaian tujuan dalam menyampaikan pesan. Komunikasi dinilai memiliki pengaruh dalam prosesnya dengan berbagai media yang di gunakan termasuk dalam komunikasi dakwah sebagai media dalam menyampaikan pesan agama secara media digital. Berdasarkan hal tersebut, kajian penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan Gerakan Komunikasi Dakwah Digital Muhammadiyah di Kalangan Pemuda Milenial di Kelurahan Salaka Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan dan menjelaskan Gerakan Komunikasi Dakwah Digital Muhammadiyah di Kalangan Pemuda Milenial di Kelurahan Salaka Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. Data penelitian dikumpul dengan menggunakan instrumen berupa wawanacara dan dokumentasi. Adapun beberapa faktor dari hasil penelitian ini 1. Gerakan Komunikasi Dakwah Digital di jadikan sebagai subjek utama yang harus mampu berperan besar tentu konsep yang kekinian, dakwah para pemuda medsos justru lebih menargetkan dakwahnya pada kalangan muda-mudi tentunya dalam berbagai hal keagamaan termasuk pola perubahan tingkah laku, sikap moral dan mental. 2. Hubungan sosial pesan dakwah digital harus mampu di arahkan oleh pemuda adalah untuk mempengaruhi tiga aspek perubahan diri, yaitu perubahan aspek pengetahuan, Aspek sikap dan aspek prilaku. 3. Strategi dakwah segi sarana dan prasarana dalam hal ini adalah media dakwah yang digunakan harus mengatasnamakan suatu lembaga yang resmi, memperjelas sumber referensi dan membuat konten atau di masukkan dalam media yang di gunakan sehingga dapat di lihat kapan dan di mana saja.


Keywords


Gerakan Komunikasi Dakwah, Media Digital, Pemuda Milenial

Full Text:

PDF

References


Agus, T. H. (2021). pengguna internet di indonesia. Detik,Com.

Astuti, N. P. (2021). Mengenal Fungsi media sosial. Merdeka.Com.

Budiantoro, W. (2017). Dakwah di Era Digital. Komunikas, 11(2), 272–273.

Ghofar, A. (2019). Dakwah Islam di Era Milenial.

Hoeratunnisa, Y. (2021). Difusi Dakwah Digital di Era Covid-19 Bagi Generasi Millenial. Salha, 2(1), 159.

Lestari, P. P. (2017). Dakwah Digital untuk generasi milenial. Jurnal Dakwah, 21(1), 42–47.

Moleong, L. J. (2011). Metode penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Muliaty, A. (2021). Strategi Dakwah Muhammadiyah dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama. Jurnal Mercusuar, 2(1).

Pratama, A. B. (2019). Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam Meningkatkan hafalan Jus 30 Siswa Di SMK Muhammadiyah di Palembang. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Sudaryono. (2016). metode penelitian pendidikan. PT Prenada Media Group.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).

Alfabeta: CV.




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v4i1.15830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats