Komunikasi Keluarga Dalam Pengambilan Keputusan Uang Panai’ Perkawinan di Kelurahan Maccini Parang Kecamatan Makassar Kota Makassar

Nur Hikma, M. Amin Umar

Abstract


Eksistensi uang panai’ dalam kehidupan masyarakat pada zaman sekarang ini, menimbulkan dua persepsi yang berbeda. Di satu pihak ada seruan agar uang panai’ tetap dipertahankan karena merupakan budaya yang memiliki makna dan nilai simbolis yang sangat berarti bagi kehidupan manusia. Di pihak lain, ada pendapat yang tidak menyetujui adanya praktek uang panai’, dan perlu dibuat pembaharuan karena dipandang sudah melenceng dari tujuan uang panai’ yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Keluarga Dalam Pengambilan Keputusan Uang Panai’ Perkawinan Di Kelurahan Maccini Parang Kecamatan Makassar Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yakni suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran umum sebagai macam data yang dikumpul dari lapangan secara objektif dengan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terhadap sejumlah informan. Analisis data dengan menggunakan model analisa interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Keluarga Dalam Pengambilan Keputusan Uang Panai’ Perkawinan Di Kelurahan Maccini Parang Kecamatan Makassar Kota Makassar masih kurang menyatu. Hal tersebut dikarenak oleh faktor: (1) Pola komunikasi keluarga dalam pengambilan keputusan uang Panai' dalam perkawinan di kelurahan Maccini Parang Kecamatan Makassar kota Makassar yaitu ditemukan penerapan pola-pola komunikasi dan masyarakat lebih mayoritas menerapkan pola komunikasi tak seimbang terpisah yaitu orang tua mendominasi mengeluarkan pernyataan dan mengambil keputusan. (2) Faktor-faktor yang memengaruhi komunikasi keluarga dalam pengambilan keputusan uang Panai' dalam perkawinan di Kelurahan Maccini Parang Kecamatan Makassar Kota Makassar yaitu dengan faktor keturunan, faktor tingkat pendidikan dan faktor ekonomi.


Keywords


Komunikasi, Keputusan, Uang Panai’

Full Text:

PDF

References


Adikusuma, Hilman. (2007). Hukum Perkawinan Indonesia. Bandung: CV Mandar Maju.

Ali, A. Muh (1986). Bone Selayang Pandang. Watampone: Dep. P dan K, Bone.

Arwani. (2003). Komunikasi dalam Keperawatan. Jakarta: EGC

Baihaqi, Ahmad Rafi (2006). Membangun Surga Rumah Tangga. Surabaya: Gita Media Press.

Cangara, H. (2002). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT Rajagrafindo Persada.

Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Karisma Publishing Group Media.

Fatimah, S. (2016). SKRIPSI Faktor-Faktor Pendorong Pernikahan Dini Dan Dampaknya Di Desa Sarimulya Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali. EJournal Sosiatri-Sosiologi, 4(3), 194–207.

Handayani, E. Y. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pernikahan Usia Dini Pada Remaja Putri Di Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Maternity and Neonatal, 1(5), 200–206.

Koejaningrat. (1999). Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Djambatan.

Kotler, Philip. (2003). Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.

Kurniawati. (2014). Komunikasi Antarpribadi: Konsep dan Teori Dasar. Yogyakarta: Graha Ilmu

Lamallongeng, A. R. (2007). Dinamika Perkawinan Adat Dalam Masyarakat Bugis Bone. Dinas Kebudayaan dan Parawisata.

Mulyana, D. (2003). Komunikasi antarbudaya : panduan berkomunikasi dengan orang-orang berbeda budaya. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Cet. XIV. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustafa, M., & Syahriani, I. (2020). Pergeseran Makna Pada Nilai Sosial Uang Panai’ Dalam Prespektif Budaya Siri’. JURNAL YAQZHAN: Analisis Filsafat, Agama Dan Kemanusiaan, 6(2), 217. https://doi.org/10.24235/jy.v6i2.7250

Pabittei, A. (1995). Adat dan Upacara Perkawinan Daerah Sulawesi Selatan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kabupaten Bone.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta: CV.




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v4i1.15829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats