Efektivitas Komunikasi Interpersonal: Studi Kasus SMAN 3 Luwu Timur

Elva Janna, Arni Arni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas komunikasi interpersonal di SMAN 3 Luwu Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal guru-siswa cukup efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan (1) Keterbukaan pada guru dan murid telah terjalin yang ditunjukkan oleh ketersediaan siswa untuk meminta mengulangi materi/pelajaran apabila belum dimengerti dan kesediaan guru untuk melakukannya (2) Kesetaraan/kesamaan juga telah diterapkan dimana guru mematuhi peraturan guru serta memberikan kesempatan yang sama pada siswa untuk bertanya tanpa membeda-bedakannya (3) Kehati-hatian guru dalam menanggapi permasalahan siswa sebelum memberikan solusi karena tidak memandang dari satu sudut pandang dan berusaha memahami akar permasalahan. Lebih lanjut, guru menyampaikan materi dengan sabar telah menunjukkan bentuk empati. (4) Dukungan telah dijalin di sekolah dengan menunjukkan sikap suportif seperti memberikan perhatian, menanyakan kabar dan semangat paginya untuk belajar. Namun demikian, sikap positif masih kurang, karena masih ada guru yang menyampaikan pesan melalui cara yang kurang lembut. Sehingga tidak mendukung komunikasi yang kondusif sehingga tidak menggambarkan sikap positif yang merupakan salah satu indikator keberhasilan efektivitas komunikasi interpersonal. Pemikiran positif dalam berperilaku dan saling percaya antara siswa dan guru tanpa kecemasan dan ketakutan saat berinteraksi tidak terpenuhi karena penyampaian pesan tidak di lakukan dengan cara yang lembut hingga dapat mengakibatkan kecemasan dan pengaruh buruk bagi psikologi karena terkesan memberikan tekanan batin.

Keywords


Efektivitas Komunikasi; Komunikasi Interpersonal; Guru dan Murid

Full Text:

PDF

References


Aprilia, P. (2022). Etika Pergaulan Siswa. Widya Wastara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 53–62.

Dewi, A. (2022). Komunikasi Dalam Organisasi Di Perbankan Syariah. Center for Open Science.

Diningsih, A. S. (2016). EFEKTIFITAS KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN ANAK TUNARUNGU (Studi Perbandingan di SKhN 01 Kab. Tangerang). IAIN SMH Banten.

Fazhari, S., & Rudianto, R. (2022). Influence of interpersonal communication of chairman and employees on employee performance Inna Parapat Hotel and Resort. COMMICAST, 3(1), 158–163.

Fitriani, I., & Saumi, A. (2018). Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Program IMTAQ Dalam Membentuk Kepribadian Siswa. El Midad, 10(2), 75–97.

Gilbert, M. J., Schiff, M., & Cunliffe, R. H. (2013). Teaching restorative justice: Developing a restorative andragogy for face-to-face, online and hybrid course modalities. Contemporary Justice Review, 16(1), 43–69.

Gunawan, H. (2013). Jenis pola komunikasi orang tua dengan anak perokok aktif di Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3), 218–233.

Hambali, H., & Rahmadini, M. (2018). Pola Komunikasi Organisasi Dalam Pengembangan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 2(2), 96–108.

Kurniati, D. P. Y. (2016). Modul Komunikasi verbal dan non verbal. Univ Udayana Fak Kedokt.

Lestari, D. O. (2018). Komunikasi Pemasaran Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata Dalam Memperkenalkan Objek Wisata Air Terjun Tembulun Berasap di Desa Pejangki Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Universitas Islam Riau.

Li, L. (2017). Social interaction and teacher cognition. Edinburgh University Press.

Martoredjo, N. T. (2014). Keterampilan mendengarkan secara aktif dalam komunikasi interpersonal. Humaniora, 5(1), 501–509.

Novianti, R. D., Sondakh, M., & Rembang, M. (2017). Komunikasi antarpribadi dalam menciptakan harmonisasi (suami dan istri) keluarga didesa Sagea Kabupaten Halmahera Tengah. Acta Diurna Komunikasi, 6(2).

Nur, E. (2021). Peran media massa dalam menghadapi serbuan media online. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(1).

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2018). Kajian tentang efektivitas pesan dalam komunikasi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95.

Patriana, E. (2014). Komunikasi Interpersonal Yang Berlangsung Antara Pembimbing Kemasyarakatan Dan Keluarga Anak Pelaku Pidana Di Bapas Surakarta. Journal of Rural and Development, 5(2).

Suriadin, M. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TEAM MARKETING DANA DALAM PENGGUNAAN TRANSAKSI DIGITAL DI OUTLET SPORTS STATION. JURNAL KOMUNIKASI STIKOM PROSIA.

Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168–2175.




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v3i2.12022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +62811449192 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats