Teacher's Perception of the Online Learning Process at SD Inpres Tinggimae, Gowa Regency
Abstract
Keywords
Full Text:
DOWNLOADReferences
Andi Agustang. (2021). FILOSOFI RESEARCH DALAM UPAYA PENGEMBANGAN ILMU No Title (Vol. 2). Multi Global. https://osf.io/preprints/9n6za/
Anggianita, S., Yusnira, & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18
Anisa, R. J., Jana, P., & Marsiyam. (2021). Persepsi Guru Matematika Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Volume 10, No. 4, 2021, 2119-2128, 10(4), 2119–2128.
Anugrahana, A. (2020a). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Anugrahana, A. (2020b). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.
Arifin, A. S., & Sukati. (2020). Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Pembelajaran Daring Selama Program Belajar Dari Rumah (BDR) di Masa Pandemi Covid-19. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(2), 150. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).150-158
Asridayanti, & Sari, R. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 8(2), 146–151. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v8i2.2527
Astuti, M. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Abstrak Analysis of The Effectiveness of Online Learning At Elementary Schools During Pandemic Covid-19 Abstract. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 49–58.
Ayu, S., Rukayah, & Rachman, S. A. (2021). Persepsi Guru Kelas Terhadap Pembelajaran Daring di SD Negeri 100 Melle. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2).
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publication. http://en.bookfi.net/book/1119284
Creswell, W. J. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Dewi, T. M., Dirneti, & Yuliandari, R. S. N. (2021). Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring ( Online ) Di SDN 003 Karimun Ta. 2020 / 2021. Jurnal Pendidikan MINDA, 3(1), 19–31.
Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1187
Fauzi, M. (2020). Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. Al-Ibrah, 2(2), 121–145.
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Indraningtyas, S., Dharmayanti, W., & Sastrosupadi, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Luring dan Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Metta School. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 35(2), 105–113.
Israpil, & Suardi. (2021). The Innovation and Creativity of Religious Moderation Learning Through Sociology Learning and Pancasila and Citizenship Education in Public Schools and Madrasas Gorontalo City. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 6(2), 232–242. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jed.v6i1.4692
Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia, XII(1), 281–294.
Kanji, H., Amin, B., Syakur, A., & Suardi, S. (2018). PENINGKATAN HASILBELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 25–33. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1236
Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi. (2020a). INTEGRATION OF SOCIAL CARE CHARACTERS AND MORAL INTEGRATIF ON SOCIAL SCIENCE LESSONS IN ELEMENTARY SCHOOL. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(2), 413–427. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.260
Kanji, H., Nursalam, Nawir, M., & Suardi. (2019). Model Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahun Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa , 5(2), 104–115. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.458
Kanji, H., Nursalam, Nawir, M., & Suardi. (2020b). Supporting and Inhibiting Factors of Character Education in Learning Social Studies at Primary Schools. JED (Journal of Etika Demokrasi), 5(1), 1–14. https://doi.org/10.26618/JED.V5I1.2966
Kemendikbud. (2013). Permendikbud RI Nomor 109 Tahun 2013. Permendikbud Nomor 109 Tahun 2013, 1–8.
Khotijah, S., Rahayu, D. W., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Analisis Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2834–2846.
Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 di provinsi lampung. JURNAL IDAARAH, IV(2), 200–209.
Manda, D., & Suardi, S. (2017). Status Sosial Orang Tua dan Prestasi Akademik Siswa. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2), 194–202. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.501
Nur, R., Suardi, Nursalam, & Kanji, H. (2021). Integrated Model of Character Education Development Based on Moral Integrative to Prevent Character Value Breaches. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 107–116. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.272
Nursalam, Nawir, M., Suardi, & Kanji, H. (2020). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR (Vol. 1). CV. AA. RIZKY. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=8tUKEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA63&dq=buku+suardi+nursalam+pendidikan+karakter&ots=1A--g2fQs4&sig=zVhj4kYePdGJVf09G4l9nxFs-H4&redir_esc=y#v=onepage&q=buku suardi nursalam pendidikan karakter&f=false
Nursalam, Suardi, & Syarifuddin. (2016). Teori Sosiologi Klasik, Modern, Posmodern, Saintifik, Hermeneutik, Kritis, Evaluatif dan Integratif (Muhammad A). Writing Revolution.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Purwasih, R., & Elshap Safitri, D. (2021). Belajar Bersama Covid-19:Riview Impelentasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring pada Guru-Guru SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Matematika, 10(2), 940–950.
Puspita, D., Putri, E., & Tarbiyah, F. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring Saat Pandemi Covid 19. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan Vol.6, 6(01), 111–120. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1326
Putri, R. D. P., & Suyadi. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7, 297–302.
Rizal, R M, Sanapiah, S, K. A. (2020). Persepsi Guru SDN 4 Teros Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3(2), 36–41.
Rohmat, D. R. S., Suryana, Y., & Respati, R. (2021). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Online di Kecamatan Bojonggambir. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1745–1756.
Safitri, R. A., Megantara, B. A., Saadah, A. M., Widyawati, I. O., Budiarto, K. D., & Darmadi. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dalam Pembelajaran Daring. JPdK(Jurnal Pendidikan Dan Konseling), 3(2), 81–84. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1799
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Stofiana, T. (2021). Persepsi Guru Bahasa Indonesia Tentang Belajar Daring Akibat Dampak Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 12 Baubau. JEC (Jurnal Edukasi Cendikia), 5(1), 44–54.
Suardi. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Pokok Bahasan Interaksi Sosial Melalui Metode Diskusi pada Siswa Kelas X MA. Muhammadiyah Panaikang Kacamatan Bissappu Kabupten Bantaeng. Jurnal Etika Demokrasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, II(1), 2339–2401. https://doi.org/10.26618/JED.V2I1.1145
Suardi, Agustang, A., & Sahabuddin, J. (2020). MODEL KOLABORASI SOSIAL PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH SWASTA KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG. PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR, 1–11. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17769
Suardi, & Nursalam. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Approach Berbasis Media Classroom. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Devolopment, 2(2), 88–97. https://doi.org/https://doi.org/10.52483/ijsed.v2i2.32
Suardi, Nursalam, & Hasnah, K. (2021). The Integration Model of the Development of Student Religious Character Education Based on Integrative Morals in Higher Education. … (Journal of Etika Demokrasi), 6(1), 149–162. https://jurnal.unismuh.ac.id/index.php/jed/article/view/4692
Suardi, Nursalam, & Kanji, H. (2020). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER: BERBASIS INTEGRATIF MORAL DI PERGURUAN TINGGI (Vol. 1). CV. AA. RIZKY. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=DOADEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=buku+suardi+nursalam+pendidikan+karakter&ots=aL1dBe9Ue3&sig=oMu7hsupROlXcDncIso8LdgI_Oc&redir_esc=y#v=onepage&q=buku suardi nursalam pendidikan karakter&f=false
Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1), 22–29. https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.1983
Suardi, S., Megawati, M., & Kanji, H. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah (Studi Penyimpangan Siswa di Mts Muhammadiyah Tallo). JED (Jurnal Etika Demokrasi), 3(1), 75–84. https://doi.org/10.26618/jed.v3i1.1979
Suardi, S., & Muhajir, M. (2022). Strengthening Character Through Character Habitus in Students of the Sociology Education Study Program and Pancasila and Citizenship Education. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(2), 319–327. https://doi.org/10.26618/jed.v
Suardi, S., & Nur, S. (2022). Strengthening Character In The Teaching Campus Program At The Jaya Negara Elementary School, City Of Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(1), 28–37. https://doi.org/10.26618/jed.v7i1.6554
Suardi, S., Ramlan, H., & Reskiana, K. (2022). Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Buruh Industri Menghadapi Pandemi Covid-19 di Kota Makassar. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 82–93. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v2i2.88
Suardi, & Syarifuddin. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Approacd Berbasis Media Pembelajaran Kearifan Lokal pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Sosiologi dalam Membangun Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 3(2), 75–85. https://doi.org/10.26618/jed.v3i2.1627
Suardi, S., & Muhajir, M. (2022). Strengthening Character Through Character Habitus in Students of the Sociology Education Study Program and Pancasila and Citizenship Education. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(2), 319-327.
Suardi, S., & Nur, S. (2022). Strengthening Character In The Teaching Campus Program At The Jaya Negara Elementary School, City Of Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(1), 28-37.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D. Alfabeta.
Sutarna, N., Acesta, A., Cahyati, N., Giwangsa, S. F., Iskandar, D., & Harmawati, H. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Siswa usia 5-8 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 288–297. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1265
Widyaningsih, O. (2020). Penerapan Pembelajaran Online ( Dalam Jaringan ) di Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 50–60.
DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v7i3.8308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JED (Jurnal Etika Demokrasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.