Strengthening Character Through Character Habitus in Students of the Sociology Education Study Program and Pancasila and Citizenship Education

Suardi Suardi, Muhajir Muhajir

Abstract


The problem of this research is that students experience demoralization of character so that they need character strengthening in the lecture process at college. The purpose of the research is to shape the character of students through character habitus in the lecture process. This study uses the mix-method concurrent embedded method with 10 research informants and 55 research respondents. The research data was collected using questionnaires, interviews, documentation and observations, then the data were analyzed using qualitative and quantitative data analysis. The results showed that character strengthening through character habitus in three levels, namely habitus dissemination by lecturers, acceptance of habitus by students and collective habitus by lecturers and students through the lecture process. Habitus character provides reinforcement for the character of discipline, responsibility, religious, honest, hard work, independent, curiosity, respect for achievement and a love of reading for students of the Sociology Education study program and students of the Pancasila and Citizenship Education Study Program, University of Muhammadiyah Makassar.

Masalah penelitian ini adalah mahasiswa mengalami demoralisasi karakter sehingga membutuhkan penguatan karakter dalam proses perkuliahan di perguruan tinggi. Tujuan penelitian adalah untuk membentuk karakter mahasiswa melalui habitus karakter dalam proses perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode mix-method concurrent embedded dengan informan penelitian 10 orang dan responden penelitian 55 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, wawancara, dokumentasi dan observasi, kemudian data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penguatan karakter melalui habitus karakter dalam tiga tingkatan yaitu desiminasi habitus yang dilakukan dosen, penerimaan habitus oleh mahasiswa dan habitus kolektif oleh dosen dan mahasiswa melalui proses perkuliahan. Habitus karakter memberikan penguatan pada karakter disiplin, tanggung jawab, religious, jujur, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi dan gemar membaca pada mahasiswa program studi Pendidikan Sosiologi dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Muhammadiyah Makassar.


Keywords


Character Strengthening; Character Habitus; Students; Penguatan Karakter; Habitus Karakter; Mahasiswa

Full Text:

DOWNLOAD

References


Akhir, M. (2018). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI. Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1(1), 523–536. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2795

Ardimen. (2017). Bimbingan dan Konseling Komprehensif Berbasis Karakter Cerdas Dan Aplikasinya Melalui Bimbingan Teman Sebaya Di Era Globalisasi. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 483–508. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/download/1681/pdf

Creswell, W. J. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Efendi, Y., & Sudarwanto, S. (2018). Penguatan Karakter Mandiri, Disiplin, Kerjasama Dan Kreatif (“Marikerja Kreatif”) Melalui Lesson Study Pada Pembelajaran Teknologi Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(1), 89–99. https://doi.org/10.21831/jpvo.v1i1.21786

Ilmu, F., Sunan, K., & Yogyakarta, K. (2014). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pendidikan Agriculture Di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 109–122. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2784

Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2019a). Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(2), 56–63. https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2386

Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2020a). INTEGRATION OF SOCIAL CARE CHARACTERS AND MORAL INTEGRATIF ON SOCIAL SCIENCE LESSONS IN ELEMENTARY SCHOOL. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(2), 413–427. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.260

Kanji, H., Nursalam, Nawir, M., & Suardi. (2019b). MODEL INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR Pendahuluan yang sadar dan sistematis dalam mengembangkan Seharusnya penyelenggaraan pendidikan di suatu Pendidikan adalah suatu usaha potensi negara negara da. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(2), 104–115.

Kanji, H., Nursalam, Nawir, M., & Suardi. (2019c). Model Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahun Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa , 5(2), 104–115. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.458

Kanji, H., Nursalam, Nawir, M., & Suardi. (2020b). Supporting and Inhibiting Factors of Character Education in Learning Social Studies at Primary Schools. JED (Journal of Etika Demokrasi), 5(1), 1–14. https://doi.org/10.26618/JED.V5I1.2966

Lickona, T. (1996). Eleven principles of effective character education. Journal of Moral Education, 25(1), 93–100. https://doi.org/10.1080/0305724960250110

Lickona, T. (1997). A Comprehensive Approach to Character Building in Catholic Schools. Journal of Catholic Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.15365/joce.0102051997

Mulyani, R. D., & Suharso, P. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab pada Anak Buruh Perkebunan di Dusun Sukamade Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 256–260. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12578

Nur, R., Suardi, Nursalam, & Kanji, H. (2021). Integrated Model of Character Education Development Based on Moral Integrative to Prevent Character Value Breaches. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 107–116. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.272

Nursalam, Nawir, M., Suardi, & Kanji, H. (2020). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR (Vol. 1). CV. AA. RIZKY. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=8tUKEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA63&dq=buku+suardi+nursalam+pendidikan+karakter&ots=1A--g2fQs4&sig=zVhj4kYePdGJVf09G4l9nxFs-H4&redir_esc=y#v=onepage&q=buku suardi nursalam pendidikan karakter&f=false

Samiaji, M. H. (2019). Perkembangan Karakter Mandiri dan Jujur pada Anak Usia Dini. ThufuLA, 7(2), 295–308. https://journal.iainkudus.ac.id

Silmi, I. (2018). Pembentukan Karakter Mandiri Dan Disiplin Pondok Pesantren Salaf Al-Anwar Bogangin Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Suardi, Agustang, A., & Sahabuddin, J. (2020). MODEL KOLABORASI SOSIAL PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH SWASTA KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG. PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR, 1–11. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17769

Suardi, & Nursalam. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Approach Berbasis Media Classroom. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Devolopment, 2(2), 88–97. https://doi.org/https://doi.org/10.52483/ijsed.v2i2.32

Suardi, Nursalam, & Hasnah, K. (2021). The Integration Model of the Development of Student Religious Character Education Based on Integrative Morals in Higher Education. … (Journal of Etika Demokrasi), 6(1), 149–162. https://jurnal.unismuh.ac.id/index.php/jed/article/view/4692

Suardi, Nursalam, & Kanji, H. (2020). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER: BERBASIS INTEGRATIF MORAL DI PERGURUAN TINGGI (Vol. 1). CV. AA. RIZKY. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=DOADEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=buku+suardi+nursalam+pendidikan+karakter&ots=aL1dBe9Ue3&sig=oMu7hsupROlXcDncIso8LdgI_Oc&redir_esc=y#v=onepage&q=buku suardi nursalam pendidikan karakter&f=false

Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1), 22–29. https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.1983

Suardi, S., Megawati, M., & Kanji, H. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah (Studi Penyimpangan Siswa di Mts Muhammadiyah Tallo). JED (Jurnal Etika Demokrasi), 3(1), 75–84. https://doi.org/10.26618/jed.v3i1.1979

Suardi, S., & Nur, S. (2022). Strengthening Character In The Teaching Campus Program At The Jaya Negara Elementary School, City Of Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(1), 28–37. https://doi.org/10.26618/jed.v7i1.6554

Suardi, & Syarifuddin. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Approacd Berbasis Media Pembelajaran Kearifan Lokal pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Sosiologi dalam Membangun Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 3(2), 75–85. https://doi.org/10.26618/jed.v3i2.1627

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Alfabeta.

Sujadi, E., Alam, M., & Noviani, Y. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok Untuk Meningkatkan Nilai Kejujuran Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (Bki) Institut Agama Islam Negeri (Iain) Kerinci. Jurnal Tarbawi, 13(01), 98–108.

Sunarti, C., Uwie, W., & Sumitra, A. (2018). Pembentukan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori Di Tk Almarhamah Cimahi. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 47. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p47-57

Utami, Y. P. (2020). Membangun Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Literasi Media Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Internasional Kolokium 2020, 0, 53–62. http://digital.library.ump.ac.id/810/




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v7i2.7539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JED (Jurnal Etika Demokrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.