The Effect of The Use of Project Based Learning Models and Flip Based E-Modules on Statistics Materials on Students’ Interest and Learning Outcomes of Class XI TKJ Students at SMK Ifadah

Ria Irmawati Ningsih, RA Rica Wijayanti, Moh. Affaf

Abstract


This research is motivated by the students' very low interest in learning, this makes students unmotivated in the learning process. Lack of motivation to actively participate in student learning has little effect on student learning outcomes. PjBL learning model and flip-based e-module media. This is an alternative that will be tested in this study. Researchers use PjBL learning models and flip-based e-module media for alternative learning strategies that can train students' cooperation so that students can increase their interest in learning. This study was to determine whether or not the use of PjBL learning models and flip-based e-module  media on the learning interest of class XI TKJ students in SMK. The type of research used in this research is descriptive quantitative research using One group pretest – posttest research design. The results of this study indicate that there is an effect of using the PjBL model and flip-based e-module media on statistical material on student interest and learning outcomes.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar peserta didik yang sangat rendah,hal ini membuat siswa tidak termotivasi dalam proses pembelajaran. Kurangnya motivasi untuk berpartisipasi aktif dalam belajar siswa berpengaruh kecil terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran PjBL dan Media e-modul berbasis flip. Merupakan salah satu alternatif yang akan diuji cobakan pada penelitian ini. Peneliti menggunakan model pembelajaran PjBL dan media e-modul berbasis flip untuk alternatif  strategi pembelajaran yang dapat melatih kerjasama peserta didik sehingga peserta didik dapat meningkatkan minat belajar. penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL dan media e-modul berbasis flip terhadap minat belajar siswa kelas XI TKJ di SMK. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian One group pretest – posttest. Hasil penelitian ini menjukan bahwa ada pengaruh penggunaan model PjBL dan media e-modul berbasis flip pada materi statistika terhadap minat dan hasil belajar siswa.


Keywords


PjBL learning model; Flip-based E-Module Media; Learning Interest; Student Learning Outcomes; Model pembelajaran PjBL, Media E-Modul berbasis Flip, Minat Belajar, Hasil Belajar siswa

Full Text:

DOWNLOAD

References


Dewi, Made Sri Astika, and Nyoman Ayu Putri Lestari. (2020).E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 4: 433–41.

Djumali. (2018). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1): 29.

Effendy, Ilham. (2018). Pengaruh Pemberian Pre-Test Dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a Pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(2): 81–88.

Fathurrohman. (2018). Model - Model pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Gea. (2020). “Pengaruh Media E-Modul Berbasis Flipbook Pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Wajo (Studi Pada Materi Pokok Sifat Koligatif Larutan).” Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia 21(2): 163.

Herawan, Endang.(2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 5(1): 57.

Iii, Kelas, S D Negeri, and Sidorejo Lor. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas Iii Sd Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga.Jurnal Pesona Dasar 6(1): 41–54.

Mayasari, and Imelda Devita. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Konvensional Dan Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 3 Kota Jambi. Economic Education 4(2): 100–102.

Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1): 128.

Ramadhani, Rahmi, and Yulia Fitri. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Model Flipped-Blended Learning.Genta Mulia 11(2): 150–63.

Saputro, Okta Aji, and Theresia Sri Rayahub. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 4(1): 185–93. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719.

Sinmas, Wolfharda Fitriani, Chandra Sundaygara, and Kurriawan Budi Pranata. (2019). Pengaruh Pbl Berbasis Flipped Class Terhadap Prestasi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa.RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi 1(3): 14–20.

Sirait, Erlando Doni. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(1): 35–43.

Sugiyono. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Pada Materi Luas Dan Volume Bola. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika 3(1): 37–46.

Sutrisna, Gede Billy Bagiarta, I Wayan Sujana, and Ni Nyoman Ganing. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat dan Budaya Indonesia 1(2): 84–93.




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v7i2.7421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JED (Jurnal Etika Demokrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.