Teacher Problems in Implementing a Web-Based Assessment System in Referral Schools in West Sumatra
Abstract
Perkembangan teknologi tentunya mempengaruhi berbagai bidang kehidupan. Di antaranya pada aspek pendidikan juga tidak lepas dari perkembangan dan kemajuan teknologi. Salah satu kemajuan yang diterapkan pada sistem pendidikan adalah perubahan sistem penilaian yang dilakukan oleh guru di sekolah, dari penilaian manual menjadi berbasis web dan berbasis IT. Adanya perubahan ini, muncul beberapa masalah dan kendala yang perlu disesuaikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui problematika guru dalam melaksanakan penilaian berbasis web dan langkah guru dalam menyiasati problematika penilaian berbasis web di SMA rujukan Sumatera Barat. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori struktural fungsional yang dikemukakan oleh Talcott Parsons yang dikenal dengan skema AGIL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah informan 65 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi aktif, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan triangulasi yaitu, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan model analisis Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Temuan penelitian ini adalah: (1) kendala yang dihadapi guru seperti: guru mengalami kesulitan saat penginputan nilai, membutuhkan waktu lama, masalah pada sistem e-rapor dan jaringan internet, kurangnya motivasi siswa untuk belajar dan berkompetisi, hilangnya semangat guru untuk mengajar; (2) strategi yang dilakukan sekolah sebagai bentuk adaptasi terhadap pelaksanaan E-rapor adalah : pengkatrolan nilai rapor, intervensi dari pihak sekolah, sasaran sekolah adalah meluluskan siswanya ke perguruan tinggi negeri. Hasil penelitian ini berguna sebagai masukkan bagi sekolah yang sudah menggunakan sistem penilaian e-rapor, agar penilaian dapat terlaksana dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan.
Keywords
Full Text:
DOWNLOADReferences
Allolangi, R. P., Agustang, A. (2022). Principal's Strategy in Overcoming Teaching and Learning Problems at SMAN 9 Tana Toraja. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7 (1).
Aristoteles, Widiarti, Permana, R. A. (2013). Analisis dan Pengembangan Sistem Informasi Rapor Online Berbasis Web dan Mobile Pada SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Jurnal Komputasi. 1 (1) doi: http://dx.doi.org/10.23960%2Fkomputasi.v1i1.414.
Http://Panduan Penggunaan E-rapor. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Http://Panduan Penggunaan E-rapor. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Pdf.
Http://Panduan Penggunaan Rapor.http//psma.Kemdikbud.go.id/.
Http://Permendikbud Nomor 53-2015 Penilaian Hasil Belajardikdasmen.Pdf.
Https://Panduan E-rapor SMA.2017 Pdf
Panduan E-rapor SMA. Pdf
Kamiludin, K., Suryaman, M. (2017). Problematika pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5 (1). doi: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391.
Moleong, L. J. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ningsih, Sutria, Kuntarto, E., and Agung R. K. (2020). Problematika Guru Dalam Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dan Implikasinya Di Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 4 (3) doi:10.33578/pjr.v4i3.7964.
Permana, C., & Setiawan, R. (2017). Pengembangan Aplikasi Pengolahan Nilai Siswa Berbasis Web di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Algoritma. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.13-2.254
DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v7i2.7185
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JED (Jurnal Etika Demokrasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.