Teacher's Strategy for Increasing Students' Creative Thinking Ability Through Open-Ended Learning in Elementary Schools

Baharuddin Baharuddin, Andi Agustang

Abstract


This research is based on students’ creative thinking abilities, which can be influenced by two factors, namely internal factors, and external factors. As an external factor, the teacher is a facilitator in applying the right approach to the learning process. The learning approach applied by the teacher will have an impact on students’ creative thinking abilities. This study aims at discovering (1) the description of the implementation of open-ended learning as a strategy to improve students’ creative thinking ability at SDN Mangkura V Makassar, (2) the description of students’ creative thinking ability before and after implementing open-ended learning approach at SDN Mangkura V Makassar, (3) the influence of the implementation of open-ended learning approach on students’ creative thinking ability at SDN Mangkuira V Makassar. The type of research employed in this study is a quasi-experimental design with pretest-posttest nonequivalent control group design. Data were collected through observation, tests, and documentation. The research populations were all students of grade IV at SDN Mangkura V Makassar, with a total of 63 students. The sampling technique used in this study was non-probability sampling; thus, it obtained 54 students. Data were analysed by employing descriptive analysis and inferential analysis. The study results reveal that the mean score before the implementation of the open-ended learning approach is 29.26, which is in a low category. After the implementation of the open-ended learning, approach is 45.70, which is in the high category. It can be concluded that students’ creative thinking skills increase through open-ended learning because, with open-ended learning, they have the freedom to express creative ideas in problem-solving.

Penelitian ini berlandaskan pada kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Guru sebagai faktor eksternal merupakan fasilitator dalam penerapan pendekatan yang tepat pada proses pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru akan berdampak pada kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran pelaksanaan pembelajaran open-ended sebagai strategi meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SD Negeri Mangkura V kota Makassar, (2) gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran open-ended di SD Negeri Mangkura V Makassar, (3) pengaruh pelaksanaan pembelajaran open-ended terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik SD Negeri Mangkura V Makassar. Jenis penelitian  yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Pretest-posttest nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Mangkura V Makassar sebanyak  63 orang siswa. Teknik penyampelan yang digunakan adalah non probability sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 54 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata (mean) skor sebelum pelaksanaan pembelajaran open-ended adalah 29,26 dengan kategori rendah dan sesudah pelaksanaan pembelajaran open-ended adalah 45,70 dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif meningkat melalui pembelajaran open-ended karena dengan pembelajaran open-ended, peserta didik memiliki kebebasan berkreasi menuangkan gagasan kreatif dalam pemecahan masalah.


Keywords


Creative Thinking, Open-Ended Learning, Berpikir Kreatif, Pembelajaran Open-Ended

Full Text:

DOWNLOAD

References


Baharuddin. (2019). PENGARUH PELAKSANAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA SD NEGERI MANGKURA V MAKASSAR. Universitas Negeri Makassar.

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

Fauziyah, L. (2017). Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 59–67.

Indonesia, P. R. (2005). RPP_SNP_24 April_2005 1. 1–46.

Karwono, H. M. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN SERTA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR (1st ed.). PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Khoiri, N., Riyadi, S., Kaltsum, U., Hindarto, N., & Rusilawati, A. (2017). Teaching Creative Thinking Skills with Laboratory Work. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 256. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16722

Kurikulum, P., Sp, D. K. T., Pack, P. D. F., Kurikulum, D. P., Eri, M. A. T., Dinamika, U., & Kurikulum, P. (2013). Dalam Pembelajaran Di.

Mahardiningrum, A. S., & Ratu, N. (2018). Profil Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 7(1), 39–50.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Mukti, A. A. B., & Soedjoko, E. (2021). Kemampuan Siswa pada Aspek Berpikir Kreatif Ditinjau dari Gaya Belajar Melalui Pembelajaran Problem Posing Berbasis Open-Ended Problem. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional …, 4, 26–36. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44955

Noer, S. H. (2011). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 100.

Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. JURNAL E-DuMath, 3(2). https://doi.org/10.26638/je.455.2064

Panjaitan, D. J. (2016). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning ( Ctl ) untuk meningkatkan hasil belajar statistika. Jurnal Pendidikan Mipa, 1(1), 1–10.

Pengajar, S., & Pendidikan, P. (2013). *) Staff Pengajar Prodi Pendidikan Geografi, FIS, Unesa. 1(12), 1–11. http://geo.fish.unesa.ac.id/berkas/sukma/memfasiltasi_pembelajaran.pdf

Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015, 58–64.

Sanjaya, I. P. H. (2012). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN IPA INDONESIA, 2, 1–15. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/issue/view/45

Semarang, U. N., & Artikel, I. T. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 91–99. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2616

Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan masalah. Jurnal terakreditasi “Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains.” “Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains” FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta., Tahun X, N(ISSN 1410-1866), 1–9. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/31423532/paper05_problemposing-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1632886327&Signature=Cfq5ufEa1~VMtjNiD8JCnZDup-eQOrZF4fDAcxRAdFv6OZTi3PsaVG~CbnjHPfVIZr79vheKjQrwH2X~TeuCVdZJJ5YkTD0XBnSA3tAQhDN5pzFC76frJDlWb1dkcfAUVdoIg3

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik 1), 11–26.

Syarifah, L. L. (2017). Pengaruh Pendekatan Open ended Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Dan Penelitian Matematika, 6(1), 91–101. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/indeks

Trisnawaty, W., Ibrahim, M., & Wihono, B. S. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Yang Berpusat Pada Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 1(1), 1. https://doi.org/10.26740/jpps.v1n1.p1-5

Widiastuti, Y., & Putri, R. I. I. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Operasi Pecahan Menggunakan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13–22. https://core.ac.uk/download/pdf/267822167.pdf

Widiasworo, E. (2017). MASALAH-MASALAH PESERTA DIDIK DALAM KELAS DAN SOLUSINYA (Vita Nur A. (ed.)). Araska.

Yandari, I. A. V., & Kuswaty, M. (2017). Penggunaan Media Monopoli Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1037

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, Desember, 1–17.




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v7i1.6838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Etika Demokrasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.