Improving Student Citizenship Education Learning Outcomes through Cooperative Learning Types of Group Investigations in Class X.3 State Senior High School Makassar

Musdalifah Syahrir

Abstract


This research is a class action research (classroom action research) which aims to improve student-learning outcomes in class X.3 State Senior High School Makassar through a cooperative learning type investigation group (Group Investigation). The subjects of this study amounted to 39 people, consisting of 14 males and 25 females. This research was conducted in two cycles. From cycle I to cycle II, the cooperative learning model of group investigation type (Group Investigation) is used by continuously improving the quality of group learning implementation. As for the results of the research conducted over two cycles, it can be concluded that: 1) Group investigation type cooperative learning (Group Investigation) can improve student learning outcomes in Class X.3  State Senior High School Makassar in Civics Learning, 2) Student learning outcomes increase based on the achievement of scores which has exceeded the criteria of success with a very good category. The achievement is that the deficiencies in the first cycle can be overcome so that there is an increase in student activity which is indicated by an increase in student learning outcomes in the high category. The conclusion that can be drawn from the results of this study is that the application of the group investigation type learning model (Group Investigation) can improve student learning outcomes in Civics subjects in class X.3 State Senior High School Makassar.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.3 SMAN 10 Makassar melalui pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (Group Investigation). Subjek penelitian ini berjumlah 39 orang, terdiri dari 14 orang laki-laki dan 25 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dari siklus I ke siklus II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (Group Investigation) dengan senantiasa meningkatkan kualitas pelaksanaan belajar kelompok. Adapaun hasil penelitian yang dilaksanakan  selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa : 1) Pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (Group Investigation) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X.3 SMA Negeri 10 Makassar dalam Pembelajaran PKn, 2) Hasil belajar siswa meningkat didasarkan pada pencapaian skor yang telah melampaui kriteria keberhasilan dengan kategori sangat baik. Adapun pencapaiannya yaitu kekurangan yang terdapat pada siklus I sudah dapat diatasi sehingga terjadi peningkatan keaktifan siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang berada pada kategori tinggi. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran tipe investigasi kelompok (Group Investigation) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X.3 SMA Negeri 10 Makassar.


Keywords


Learning Outcomes, Cooperative Learning Types of Group Investigation, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok.

Full Text:

DOWNLOAD

References


Akbal, M. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Gadjah Mada University Press Bekerjasama Dengan LAN RI., 1(1), 485–493.

Anugerah Bate’e. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Sd Negeri 4 Idanogawo. Jurnal Bina Gogik, 2(1), 25–37.

Ayuwanti, I. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Azmi Purnamasari, Ulul, D. (2018). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 130–141. http://dx.doi.org/10.1016/j.neuropsychologia.2015.07.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.visres.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.humov.2018.08.006%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24582474%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2018.12.007%0Ahttps:

Cahyani, Y., Rasyid, M. R., Nur, F., & Sulasteri, S. (2019). Efektivitas Media Blok Pecahan dan Media Power Point Terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Operasi Pecahan Siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(2), 108–113.

Hamdani, D. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dengan Media Software Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Xi Ipa I Man Model Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, VIII(2), 54–63.

Haryati, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika. Penelitian Pendidikan, 11(2), 177–188. https://doi.org/10.47766/itqan.v11i2.949

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Lestari, E., & Cahyono, H. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation pada materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 5(2), 124–139. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.12814

Nur Akly, A. H. (2015). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 52–57. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika%0AISSN

Pratami, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535

Ratnaya, I. G. (2013). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 125–135.

Richardo, R. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Edu Research, 4(1), 35–42. https://e-journal.upp.ac.id/index.php/EDU/article/view/413

Rosmaya, E. (n.d.). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 111–127. https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.999

Tien, Woro, D. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran mandiri dan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Sistem Reproduksi. Jurnal EduSains, 6(2), 54–60. https://doi.org/10.36985/jpbm.v8i2.390




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v7i1.6521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Etika Demokrasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.