The Influence of Parents' Social Status and Economic Conditions on Social Studies Learning Achievement of Elementary School Students 25 Madello Soppeng regency

A Hardiyanti, Shermina Oruh, Andi Agustang

Abstract


The economic role of parents, in general, can be said to have a positive relationship to increasing student learning achievement because students' teaching and learning process requires tools or a set of teaching or learning. The aims of this study are 1) to find out whether social status affects the social studies learning achievement of students at SD 25 Madello, Kabupaten Soppeng., 2) To find out whether the economic conditions of parents affect the social studies learning achievement of students at SD 25 Madello, Soppeng Regency., 3) To find out whether the social status and economic conditions of parents affect the social studies learning achievement of students at SD 25 Madello, Soppeng Regency. This research method uses quantitative expost facto research through a correlational approach. The sampling technique of this study is a probability technique with 43 students from grades III, IV, V. The results of this study and alternative hypothesis testing (H3) there is a significant influence between social status and parents' economic condition on social studies learning achievements of elementary school students. 25 Madello, Soppeng Regency.

Peranan ekonomi orang tua secara umum dapat dikatakan mempunyai hubungan yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik ini, disebabkan proses belajar mengajar peserta didik membutuhkan alat-alat atau seperangkat pengajaran atau pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni: 1) untuk menganalisis apakah status sosial berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS peserta didik SD 25 Madello Kabupaten Soppeng., 2) Untuk mengetahui apakah kondisi ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS peserta didik SD 25 Madello Kabupaten Soppeng., 3) Untuk menganalisis apakah status sosial dan kondisi ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS peserta didik SD 25 Madello Kabupaten Soppeng. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto melalui pendekatan korelasional. Teknik sampling penelitian ini adalah teknik probality dengan  subjek penelitian sejumlah  43 siswa dari kelas III, IV, V. Hasil dari penelitian ini dan pengujian hipotesis alternatif (H3) ada pengaruh yang signifikan antara status sosial dan kondisi ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar IPS peserta didik SD 25 Madello Kabupaten Soppeng.


Keywords


Social Status; Economic Conditions; Learning Achievement, Status Sosial; Kondisi Ekonomi; Prestasi Belajar.

Full Text:

DOWNLOAD

References


Abdulsyani. (2014). Sosiologi Sistematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, Abu. (2016). Ilmu Sosial Dasar. Jakarta. Salemba Empat.

Andarias, Simanjutak. (2016). Pendapatan Perkapita Nasional. Jakarta: FE Universitas Indonesia.

Agustang, A., & Sahabuddin, J. (2020, October). Model kolaborasi sosial pendidikan karakter di sekolah swasta kecamatan bissappu kabupaten bantaeng. In prosiding seminar dan diskusi pendidikan dasar.

Agustang, A., Suardi, S., Putra, A. D. M., & Oruh, S. (2021). Pemberdayaan Guru Mata Pelajaran Sosiologi Melalui Literasi Digital Berbasis Quick Response Code di Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 175-188.

Ackadiyah, S. (2013). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 2 Purworejo. Oikonomia: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(4), 3–6.

Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Jakarta: BNSP.

Barokah, N., & Yulianto, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Self Efficacy, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi Dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 8(2), 434–452. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31498

Henri. (2018). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3.

Megawati, A. (2021). Pengaruh Status Ekonomi Orang Tua dan Sosialisasi Dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar. 7(3), 1154–1162. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1374

Minat, P., Dan, B., Sosial, S., Keluarga, E., Belajar, P., Pada, S., Pelajaran, M., Akuntansi, E., Xi, K., Pengetahuan, I., Sma, S., & Pekanbaru, A. (2010). Jurnal Photon Vol. 1 No.1, Oktober 2010. 1(1), 37–42.

Pratiwi, D. E., & Prasetya, N. E. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sdn Tambaksari I Surabaya. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 36–40. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.993

Purnomo, B., & Rosalina, A. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IVB SD NO 64/1 Muara Bulian. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(2), 275–297. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i2.7120

Purwati, A. (2011). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua , Persepsi atas Lingkungan , dan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Ekonomi Bisnis, 16(1), 11–16.

Suciningrum, N. P., & Rahayu, E. S. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Tehadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Kelas Xi Di Sma Pusaka 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1), 1. https://doi.org/10.21009/jpeb.003.1.1

Suardi, S., Agustang, A., & Jumadi, J. (2021). Dominasi Sekolah Negeri Terhadap Sekolah Swasta Sebagai Penyebab Kekerasan Simbolik Terhadap Siswa Sekolah Swasta. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummanioramaniora, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v7i1.6512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Etika Demokrasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.