Development of Pocket Book of Character Education Of Nautical Admiral Hang Tuah Based on Pancasila Education and Citizenship

Aris Saputro, Sri Untari, Nuruddin Hady

Abstract


History that tells related to the Indonesian nation has been a maritime nation since long ago, including known from the history of Srivijaya and Majapahit and the famous figure of Admiral Hang Tuah. This article aims to introduce and understand the values of the educational character of the VAT-based Admiral Hang Tuah. Pocket books are small, light, and practical books containing essential and interesting information (material). The religious character education pocket book contains much information related to strengthening character education, archipelago insight, nautical culture, and character values of Admiral Hang Tuah. This type of research is the development research of the ADDIE model. The results of the discussion, first, the development of the pocket book of the character of Admiral Hang Tuah consists of five stages of development: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Second, the feasibility of the media pocket book of character education of the character of Admiral Hang Tuah contains three things: the feasibility of the content of the book, the feasibility of language, and the feasibility of the media. Based on the overall results of the pocket book assessment, material experts, linguists, and media experts obtained a score of 4.4, with a very decent category. Based on the response of students of class VII A Junior High School Hang Tuah 4 Surabaya with a pocket book shows an average score of 4.6, which belongs to the category is very feasible. The conclusion of the development of pocket book media education of the character of the kebaharian Admiral Hang Tuah through five stages and the feasibility of pocket book media are based on the assessment of material experts, linguists, and media experts as well as the student's response to the pocket book of the character of the nautical.

Sejarah yang menceritakan terkait bangsa Indonesia telah menjadi bangsa bahari semenjak dahulu, di antaranya diketahui dari sejarah Sriwijaya dan Majapahit serta terkenalnya tokoh Laksamana Hang Tuah. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mengenalkan dan memahami nilai-nilai pendidikan karakter kebaharian Laksamana Hang Tuah Berbasis PPKn. Buku saku merupakan buku yang berukuran kecil, ringan, dan praktis yang berisi suatu informasi (materi) penting serta menarik. Buku saku pendidikan karakter kebaharian memuat banyak hal informasi terkait penguatan pendidikan karakter, wawasan nusantara, budaya bahari, dan nilai-nilai karakter Laksamana Hang Tuah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Hasil pembahasan, pertama, pengembangan buku saku karakter kebaharian Laksaman Hang Tuah terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kedua, kelayakan media buku saku pendidikan karakter kebaharian Laksamana Hang Tuah memuat tiga hal yaitu kelayakan isi buku, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan media. Berdasarkan hasil keseluruhan penilaian buku saku berdasarkan ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media memperoleh skor 4,4 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan respon siswa kelas VII A SMP Hang Tuah 4 Surabaya dengan adanya buku saku menunjukkan skor rata-rata sebesar 4,6 yang termasuk kategori sangat layak. Kesimpulan pengembangan media buku saku pendidikan karakter kebaharian Laksamana Hang Tuah melalui lima tahap dan kelayakan media buku saku didasarkan pada penilaian dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media serta respon siswa terhadap buku saku karakter kebaharian


Keywords


Pocket Book; Character Education; Nautical; Admiral Hang Tuah; Pancasila Education and Citizenship, Buku Saku; Pendidikan Karakter; Kebaharian; Laksamana Hang Tuah; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Full Text:

DOWNLOAD

References


Acetylena, Sita. (2018). Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Malang: Intrans.

Aldoobie, Nada. (2015). “Technology Integration and Learning Theory.” American International Journal of Contemporary Research 5(6):114–18.

Bakhri, Syamsul. (2019). “Animasi Interaktif Pembelajaran Huruf Dan Angka Menggunakan Model ADDIE.” INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi 3(2):130–44.

Fattah, Zulfikar Waliyuddin. (2020). “Pengembangan Model Pembelajaran Social Assimilation Project (SAP) Pada Matakuliah Pendidikan Pancasila Di Universitas Negeri Malang.” Universitas Negeri Malang.

Husain, Muhammad. (2015). “Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Definisi Dan Ruang Lingkup Sarana Dan Prasarana Kantor Pada Siswa Kelas XI APK 1 SMKN 1 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 3(3).

Ikhtiarti, Endang, Muhammad Mona Adha, and Hermi Yanzi. (2019). “Membangun Generasi Muda Smart and Good Citizenship Melalui Pembelajaran PPKn Menghadapi Tantangan Revolusi Industri.”

Lubis, Maulana Arafat. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan:(PPKN) DI SD/MI: Peluang Dan Tantangan Di Era Industri 4.0. Prenada Media.

Masita, Mariana, and Desi Wulandari. (2018). “Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar 9(1).

Media, Kompas Cyber. (2019). “Biografi Tokoh Dunia: Hang Tuah, Pahlawan dan Laksamana Malaka Halaman all.” KOMPAS.com. Retrieved December 29, 2021 (https://internasional.kompas.com/read/2019/03/12/21281801/biografi-tokoh-dunia-hang-tuah-pahlawan-dan-laksamana-malaka).

Purnamasari, Veryliana, and Muhammad Nur Wangid. (2016). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Untuk Membangun Karakter Kepedulian Dan Kedisiplinan.” Jurnal Pendidikan Karakter 6(2).

Pusat Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Ricklefs, Merle Calvin. (2005). Sejarah Indonesia Modern, 1200-2004. Penerbit Serambi.

Saputro, Aris. (2021). “Sociological Foundation of Pancasila Education as the Original Identity of Indonesian Society.” JED (Journal of Etika Demokrasi) 6(1):45–53.

Schap, Bot Genoot. (2010). Hikayat Hang Tuah II. Jakarta: Pusat Bahasa.

Setyono, Yulian Adi. (2012). “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa.”

Siswanto, Heni Waluyo. (2018). “Pendidikan Budaya Bahari Memperkuat Jati Diri Bangsa.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 27(2):204–22.

Sofyan, Asep. (2017). “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Seni Budaya (Sub Materi Musik) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2017/2018.” Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun (2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yani, Yanyan M., and Ian Montratama. (2018). “Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia: Suatu Tinjauan Geopolitik.” Jurnal Pertahanan & Bela Negara 5(2):25–52.

Yaumi, Muhammad, (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Zainal, Aqib, (2011). Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v7i1.4712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JED (Journal of Etika Demokrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.