The Influence of Pancasila and Citizenship Education Teachers in Instilling Moral Ethics to Build National Character in Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa

Mardiana Mardiana, Musdalifah Syahrir, Nurmutmainnah Nurmutmainnah

Abstract


Abstract. The objectives of this study were (1) to determine the description of PPKn Teachers in Instilling Moral Ethics at MA Syekh Yusuf Sungguminasa. (2) to know the description of Moral Ethics to Build National Character in MA Syekh Yusuf Sungguminasa. (3) to determine the influence of PPKn teachers in instilling moral ethics to build national character in MA Syekh Yusuf Sungguminasa. The research method used in this research is quantitative research. The population in this study were students of class X IIS 2 MA Syekh Yusuf Sungguminasa consisting of 18 men and 6 women with a total of 24 people. The data collection techniques used were questionnaires and documentation. While the data analysis technique used is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The results showed that the significant value: from the Coefficient table obtained a significance value of, 000 <0.05, so it can be concluded that the variable X has an effect on the variable Y. Likewise the t value: it is known that the t value is 4.281> table, 2.064, so it can be concluded that variable X affects variable Y.

Keywords: PPKn Teacher, Moral Ethics and National Character.

Abstrak.  Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui gambaran Guru PPKn dalam Menanamkan Etika Moral di  MA Syekh Yusuf Sungguminasa . (2) untuk mengetahui gambaran Etika Moral  untuk  Membangun Karakter Bangsa di  MA Syekh Yusuf Sungguminasa . (3) untuk mengetahui Pengaruh Guru PPKn dalam Menanamkan Etika Moral  Untuk  Membangun Karakter Bangsa di  MA Syekh Yusuf Sungguminasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas  X IIS 2 MA Syekh Yusuf Sungguminasa yang terdiri dari 18 laki-kali dan 6 perempuan dengan total 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Sementra teknik analis data yang digunakan ialah yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil  penelitian menunjukan bahwa nilai signifikan : dari tabel Coefficient diperoleh nilai signifikansi sebesar ,000< 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Begitupun nilai t : diketahui nilai t hitung sebesar 4,281> tabel, 2,064, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y.

Kata Kunci: PPKn Teacher, Moral Ethics and National Character.


Full Text:

DOWNLOAD

References


Abdul Latif. Peran Guru Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri Paku. Jurnal papatuzda. Vol II. No.1 Mei 2016

Accarya fkip Universitas Dwijendra, ISSN No.285-0018 Maret 2016

Amran, A. 2016. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Depok: PT.Rojakrafindo Persada.

Baso, A. 2015. Pendidikan Pancasila. Makassar: CV. Media Sembilan-Sembilan.

Bertnes, K. 2013. Etika. Yogyakarta: Penerbit katolik Indonesia.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode penelitian pendidikan.Bandung: Alfameta.

Drs.I Made Kartika,M.Si. 2016. Peran Guru PPKn Dalam Mengembangkan Karakter dan Sikap Nasonalisme Pada Siswa SMA Dwijendra Den Pasar. Jurnal Kegiatan pendidikan Widya Lickona, T. 2012. Character Matters How to Help Out Children Delop. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasnah, K., Amin, B., Syakur, A., & Suardi, S. (2018). Peningkatan Hasilbelajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 25-33.

Jito Subianto. 2013. Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Vol.8 No 2, Agustus 2013

Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2019). Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. JED (Journal of Etika Demokrasi), 4(2).

Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2020). INTEGRATION OF SOCIAL CARE CHARACTERS AND MORAL INTEGRATIF ON SOCIAL SCIENCE LESSONS IN ELEMENTARY SCHOOL. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(2), 413-427.

Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2019). MODEL INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 104-115.

Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2020). Supporting and Inhibiting Factors of Character Education in Learning Social Studies at Primary Schools. JED (Journal of Etika Demokrasi), 5(1), 1-14.

Nurchalll. 2010. Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru. Jurnal pendidikan dan kebudayaan.Vol.16, Edisi khusus III, Oktober 2010

Nawir, M., & Hasnah, K. (2020). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR (Vol. 1). CV. AA RIZKY.

Poespoprodjo, W. 2013. filsafat Moral. Jakarta: CV Pustaka Grafika.

Prima Melati.2016. Peran Guru PPKn Dalam Membina Etika Siswa di Sekolah. Vol. 3 Nomor 2 Desember 2016/ ISSN 2460-1802

Suardi, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Approacd Berbasis Media Pembelajaran Kearifan Lokal pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Sosiologi dalam Membangun Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar. JED (Journal of Etika Demokrasi), 3(2).

Agustang, A., & Sahabuddin, J. (2020, October). MODEL KOLABORASI SOSIAL PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH SWASTA KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.

Hasnah, K. (2020). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER: BERBASIS INTEGRATIF MORAL DI PERGURUAN TINGGI (Vol. 1). CV. AA. RIZKY.

Suardi, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Pokok Bahasan Interaksi Sosial Melalui Metode Diskusi pada Siswa Kelas X MA. Muhammadiyah Panaikang Kacamatan Bissappu Kabupten Bantaeng. JED (Journal of Etika Demokrasi), 2(1).

Suardi, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Approacd Berbasis Media Classroom. Indonesian Journal of Sociology, education, and Devolopment 2(2).

Suardi, S., & Kanji, H. (2018). Lecture Model of Student Transfer Discussion Method to Increase Student’s Activeness and Learning Outcomes. Journal of Educational Science and Technology (EST), 4(1), 48-54.

Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. JED (Journal of Etika Demokrasi), 4(1).

Suardi, S., Megawati, M., & Kanji, H. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah (Studi Penyimpangan Siswa di Mts Muhammadiyah Tallo). JED (Journal of Etika Demokrasi), 3(1).

Syarif Firmansyah. 2017. Peran Guru Pendidikan Nilai Moral Yang Terkandung di Dalam Materi Demokrasi di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayung. Vol7. Nomor 1. Mei 2017

Ubaedillah, A & Rosak, A. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan , Pancasila, Demokrasi, HAM, dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenamedia Goup




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v6i1.4685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JED (Journal of Etika Demokrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.