The Implementation of HOTS-Based PPKn Learning at SMAN 1 Solok Selatan

Ewi Herlina, Maria Montessori

Abstract


Abstract. This article aims to analyze the implementation of HOTS-based PPKn learning at SMAN 1 Solok Selatan and identify supporting and inhibiting factors for HOTS-based PPKn learning at SMAN 1 Solok Selatan and describe the HOTS-based PPKn learning design at SMAN 1 Solok Selatan. The study of the problem and the focus of this research is about Learning Guidance by Pancasila and Citizenship Education Teachers at SMAN 1 Solok Selatan. To Improve Students' High Level Thinking Ability, the research was conducted through a qualitative approach, to obtain in-depth and holistic research results. Qualitative research in this case intends to explore the meaning of the behavior behind human action, in qualitative research the researcher is the main instrument of data collection. The qualitative method is used because it reveals how the teacher's coaching in HOTS-based PPKn learning. The findings in the study revealed that HOTS-based PPKn learning had been implemented which had previously been designed in the learning implementation plan. The HOTS learning implementation learning design had been systematically compiled in the Learning Implementation Plan. HOTS-based PPKn learning is strongly supported by school policies in giving freedom to teachers in determining learning strategies / methods that are in accordance with the learning facilities used in competency attainment as measured through HOTS-based learning evaluations.

Keywords: Development, Learning, Pancasila and Citizenship Education, HOTS

Abstrak.  Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Pembelajaran PPKn Berbasis HOTS di SMAN 1 Solok Selatan dan mengidentifikasi Faktor pendukung dan penghambat Pembelajaran PPKn Berbasis HOTS di SMAN 1 Solok Selatan serta mendeskripsikan desain pembelajaran PPKn berbasis HOTS di SMAN 1 Solok Selatan. Kajian masalah dan fokus penelitian ini tentang Pembinaan Pembelajaran Oleh Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMAN 1 Solok Selatan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa maka penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif, untuk mendapatkan hasil penelitian secara mendalam dan holistik. Penelitian kualitatif dalam hal ini bermaksud menggali makna perilaku yang berada dibalik tindakan manusia, dalam penelitian kualitatif peneliti sebagai instrument utama pengumpulan data. Metode kualitatif digunakan karena mengungkapkan bagaimana pembinaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran PPKn berbasis HOTS. Temuan dalam penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran PPKn berbasis HOTS telah diterapkan yang sebelumnya telah di rancang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, Desain pembelajaran pelaksanaan pembelajaran HOTS telah disusun secara sistematis dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pembelajaran PPKn berbasis HOTS sangat didukung oleh kebijakan sekolah dalam memberikan kebebasan terhadap guru dalam menentukan strategi/metode pembelajaran yang sesuai dengan fasilitas belajar yang digunakan dalam ketercapaian kompetensi yang diukur melalui evaluasi belajar yang berbasis HOTS.

Kata Kunci: Pembinaan, Pembelajaran, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, HOTS


Keywords


Pembinaan, Pembelajaran, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, HOTS

Full Text:

DOWNLOAD

References


Asnawi, T.M. Jamil (2017). Seminar Aanalisis Penerapan Pendekatan Saintifik pada

Dian Kurniati, (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan soal Berstandar pisa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, No 2, Desember 2016 (142-155

Dian Utama Wati, (2013). Menngkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siwa dalam Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Lamongan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan No 1 Vol 1.

Edi Kusnadi & Diny Fitriyani, (2015). Model Pembelajaran Pembentukan Konsep untuk mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Volume 2 No. 01 Juni 2015 /ISSN 2460-1802

Etika Prasetyani, Yusuf Hartono, dan Ely Susanti, (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di SMA Negeri 18 Palembang. JURNAL GANTANG Pendidikan Matematika FKIP - UMRAH Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, p-ISSN. 2503-[1] 0671, e-ISSN. 2548-5547.

Filsaime, DK. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis & Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Harry Yusmanto, (2017). The Application of Carousel Feedback and Round Table CooperativeLearning Models to Improve Student’s Higher Order Thinking Skill(HOTS) and Social Studies Learning Outcomes. International Education Studies; Vol. 10, No. 10; 2017 ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039

Kus Andini Purbaningrum, (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Pemechan Masalah Matematika ditinjau Dari Gaya Belajar. JPPM Vol. 10 No. 2

Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2019). Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. JED (Journal of Etika Demokrasi), 4(2).

Lewy1, Zulkardi, Nyimas Aisyah. (201)2. Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan, VOLUME 3.NO.2,

Maria Montessori, (2002). Pendidikan Kewarganegaraan dan Keterampilan Berpikir. Demokrasi Vol.I No.1

Pembelajaran PKn untuk meningkatkan Kecakapan Kewarganegaraan siswa SD, Forum Rapimnas PascaSarjana, Banda Aceh,0000-00-00 http://pps.unsyiah.ac.id/forpimpas-barat/

Suyono, (2010). Pengaruh Pengunaan Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar PPKn di SMPN Gedangan Sidoarjo Tahun VI, No. 11

Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. JED (Journal of Etika Demokrasi), 4(1).

Trisnawati, (2018). Influence Of Contextual Teaching Learning (CTL) Learning Model and Critical Thinking ON THE Learning Results of Civic Education for 7th Grade Students of Imelda School Medan School Year . IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e-ISSN: 2320–7388,p-ISSN: 2320–737X Volume 7, Issue 5 Ver. VI (Sep. – Oct. 2017), PP 25-31 www.iosrjournals.org

Winarti, (2015). Implementasi Pendekatan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 9 No 3 (2015) 1318-1327 ISSN (Print): 1858-4985 http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v6i1.4500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JED (Journal of Etika Demokrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.