The Utilization of PPKn Laboratory for Increasing Social Environmental Awareness of Students in Unsyiah Labortorium High School

Rusli Yusuf, Sanusi Sanusi, Nadia Tiara Putri, Iwan Fajri

Abstract


Abstract. The purpose of research it is To find out how the process of utilization of the laboratory in the eyes of subjects Civics by students SMA Laboratory Unsyiah, To determine whether the use of the laboratory in the eyes of subjects PPKn will increase awareness neighborhood social students and To know is there any factor inhibiting the use of the laboratory in the eyes of subjects PPKn . This study uses a qualitative approach to the type of descriptive research. Data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The selection of a qualitative approach is in accordance with what you want to achieve in this study. Mechanical analysis of the data in the study of qualitative which consists of a reduction of data, presentation of data and draw conclusions. Results of the study showed that (1) The process of utilization of laboratory carried out by conformity with the contents of KD or materials of learning that relate to the laboratory, (2) With the use of laboratory showed that students have a sense of the level of concern for the environment social were quite good, and (3) Constraints are encountered in the use of laboratories there are four names, in the form of time, cost, transportation and permit. Then expected to the school in order to overcome the obstacles were encountered in the use of the laboratory, and the teacher’s eyes lessons PPKn in order to more improve further the effectiveness of the use of the laboratory so that students be well again in concern about the environment social. Teachers and school principals should carry out contextual-based learning processes to improve students' social care in the community.

Keywords: Utilization Laboratory, Civics Education, Social Environmental Concern

Abstrak.  Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana proses pemanfaatan laboratorium pada mata pelajaran PPkn oleh siswa SMA Laboratorium Unsyiah, Untuk mengetahui apakah dengan pemanfaatan laboratorium pada mata pelajaran PPKn akan meningkatkan kepedulian lingkungan sosial siswa dan Untuk mengetahui adakah faktor penghambat dalam pemanfaatan laboratorium pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan pendekatan kualtitatif sesuai dengan yang ingin di capai dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data berupa berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pemanfaatan laboratorium dilakukan berdasarkan kesesuaian dengan isi KD atau materi pembelajaran yang berhubungan dengan laboratorium, (2) Dengan adanya pemanfaatan laboratorium menunjukkan bahwa siswa mempunyai rasa tingkat kepedulian lingkungan sosialnya yang cukup baik dan (3) Kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan laboratorium ada empat yaitu, berupa waktu, biaya, transportasi dan izin. Maka diharapkan kepada pihak sekolah agar dapat mengatasi kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan laboratorium, dan kepada guru mata pelajaran PPKn agar lebih meningkatkan lagi keefektifan pemanfaatan laboratorium agar siswa lebih baik lagi dalam kepedulian terhadap lingkungan sosialnya. Para guru dan kepala sekoal hendaknya melakukan proses pembelajaran berbasis kontekstual untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa di lingkungan masyarakat.

Kata Kunci: Pemanfaatan Laboratorium, Pendidikan Kewarganegaran, Kepedulian Lingkungan Sosial


Keywords


Pemanfaatan Laboratorium, Pendidikan Kewarganegaran, Kepedulian Lingkungan Sosial

Full Text:

DOWNLOAD

References


Budimansyah, D. (2009). Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Bandung: Program Studi PKn SPs UPI.

Dangin, I. G. R. A. Y. W., Ngurah, K., & Putra, I. K. A. (2019). Kontribusi Konsep Diri Dan Peduli Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD. Media Komunikasi FPIPS, 18(1), 55–62.

Daryono, M. (1998). Pengantar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewantara, J. A., & Prasetiyo, W. H. (2020). Optimization of Character Education Through Community Participation Around The School Environment ( Case Study in Lab School Junior High School Bandung ). JED (Journal of Etika Demokrasi), 5(1), 53–66.

Drouin, S. D. (2018). Laboratories of Democracy Utilizing Problem-Posing Education in Our Classrooms. Multicultural Education, 26(1), 31–34.

Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran kimia dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kerja ilmia. Lantanida Journal, 5(1).

Fadila, N., & Hariyati, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Luar Kelas ( Outdoor Learning ) Di Sekolah Kreatif Sd Muhammadiyah 16 Surabaya Nur Fadila. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1).

Fajri, I., Yusuf, R., & Ruslan. (2019). Project Citizen Learning Model In Developing Civic Disposition Of High School Students Through The Subject Of Pancasila Education Citizenship. In International Conference on the Roles of Parents in Shaping Children’s Characters (hal. 393–403).

Ghafur, A. (2017). Membangun karakter anak di panti sosial dalam berinteraksi sosial dengan masyarakat. Al-Tatwir, 4(1), 103–120.

Hamalik, O. (2004). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryati, T., Ginting, R., & Aryaningrum, K. (2013). Pengelolaan Laboratorium IPS Bagi Guru Pkn-ips SMA Kota Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 1–10.

Hidayat, M. S. (2012). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(2), 231–247.

Ikhsan, A., Sulaiman, & Ruslan. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sd Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–11.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(9), 280–289.

Latief, A. (2016). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Kelas X Di SMK Negeri PAKU. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 11(1), 1–18.

Maimun, Sanusi, Yusuf, R., & Putra, I. (2019). Pelaksanaan Literasi Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh. In Seminar Nasional REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA. Medan: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Mazid, S., & Suharno, S. (2019). Implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Harmoni Sosial Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 72–85.

Mislia, Mahmud, A., & Manda, D. (2016). The Implementation of Character Education through Scout Activities. International Education Studies, 9(6), 130–138. https://doi.org/10.5539/ies.v9n6p130

Mulyani, S. (2019). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12.

Mulyoto, G. P., & Samsuri. (2012). Pengaruh Model Project Citizen dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Penguasaan Kompetensi Kewarganegaraan dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Civics, 14(1), 105–118.

Novianty, F., & Mauludea, H. (2016). Pemanfaatan Laboratorium Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Civic Knowledge Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 68–79.

Purwanto. (2009). Evaluasi hasil belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Rismawati. (2020). Implementation of Pancasila Values in Scouting Activities ( Case study at SMP Negeri 1 Mallusetasi Barru Regency ). JED (Journal of Etika Demokrasi), 5(1), 77–85.

Rustam, S., & Santoso, A. B. (2015). Penerapan Metode Outdoor Study Pada Pembelajaran Geografi Kelas X IPS MA Al Bidayah Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun 2014/2015. Edu Geography, 3(8), 72–79.

Samong, F., Suryadi, A., & Budimansyah, D. (2016). The Development of Character Education in Primary Schools Through the Enhancement of School Culture. In 1st UPI International Conference on Sociology Education (UPI (hal. 77–79). Atlantis Press.

Siregar, D. (2018). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Metode Sosiodrama Terhadap Kepedulian Sosial Siswa Kelas V Di SD Negeri 060898 Medan. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 8(1), 103–109.

Soelaiman, D. A. (2019). Filsafat Ilmu Pengetahuan Persepstif Barat dan Islam. (R. S. Putra, Ed.). Banda Aceh: Bandar Publishing.

Tamara, R. M. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Kabupaten Cianjur. Gea, Jurnal Pendidikan Geografi, 16(1), 44–55.

Terkowsky, C., & Haertel, T. (2014). On Learning Objectives and Learning A c tivities to Foster Creativity in the Engineering Lab. In International Conference on Interactive Collaborative Learning. IEEE. https://doi.org/10.1109/ICL.2014.7017864

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Tumangger, H. (2016). Peningkatan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1–7.

Wibowo, Y. (2010). Bentuk-bentuk Pembelajaran outdoor. Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, 1–21.

Yuniarto, B. (2019). Developing Democratic Culture through Civic Education. Social Sciences & Humanities, 27(2), 915–924.

Yusuf, R. (2009). Landasan Pendidikan : Pendidikan dan Investasi Sosial dalam Pembentukan Masyarakat Madani. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Yusuf, R. (2011). Pendidikan dan investasi sosial. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, R., Sanusi, Maimun, Hayati, E., & Fajri, I. (2019). Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Project Citizen. In Seminar Nasional Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia. Medan: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Zubaidah, E. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Menciptakan Lingkungan Kelas SD (Alternatif Penciptaan Laboratorium SD yang Efektif ) Utilising. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 46–60.




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v5i2.3131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JED (Journal of Etika Demokrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.