Optimization of Character Education Through Community Participation Around The School Environment (Case Study in Lab School Junior High School Bandung)

Jagad Aditya Dewantara, Efriani Efriani, Sulistyarini Sulistyarini, Wibowo Heru Prasetiyo

Abstract


The community environment has an essential impact on the formation of student character in schools. Therefore, character education is a crucial step in shaping the identity of the Indonesian people. This study aims to determine the optimization of character education through community participation around the school environment at Junior High School  Lab School Bandung. This research method uses a case study centered on Bandung Lab school Middle School. The results showed that the character education conducted at Lab school Junior High School Bandung could run well because of the collaboration between the school and community participation around the school environment. The partnership carried out produces values that help build student character. The values include religious values, integrity values, nationalist values, independent values, and mutual values.

Keywords: Character Education, Community Participation, The Environment Around the School

Lingkungan masyarakat memiliki dampak yang penting bagi terbentuknya karakter siswa di sekolah. Oleh karena itu, Pendidikan karakter merupakan langkah sangat penting dalam membentuk jati diri bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi pendidikan karakter melalui partisipasi masyarakat sekitar lingkungan sekolah pada Sekolah Menengah Pertama  Labschool Bandung. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus yang berpusat pada Sekolah Menengah Pertama  Labschool Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikaan karakter yang dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama  Labschool Bandung dapat berjalan dengan baik karena kerjasama antara sekolah dan partisipasi masyarakat sekitar lingkungan sekolah. Kerja sama yang dilakuan menghasilkan nilai-nilai yang turut membangun karakter siswa. Adapun nilai-nilai tersebut meliputi Nilai religius, Nilai integritas, Nilai nasionalis, Nilai mandiri dan Nilai gotong-royong.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Partisipasi Masyarakat, Lingkungan sekitar Sekolah


Keywords


Character Education, Community Participation, The Environment Around the School

Full Text:

Download

References


Adha, M.M. (2010). Model Project Citizen untuk Meningkatkan Kecakapan Warga Negara pada Konsep Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat. Jurnal Kultur Demokrasi, 1 (8), 44-52.

Adha, M.M., Yanzi, H & Nurmalisa, Y. (2018). The Improvement of Student Intelectual and Participatory Skill through Project Citizen Model in Civic Education Classroom. International Journal Pedagogy of Social Studies, 3 (1).

Adha, M.M., Yanzi, H & Nurmalisa, Y. (2019). Open Classroom Climate: Project Citizen Model in Civic Education Learning Activity. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 17 (1).

Annurahman. (2009). Eksistensi dan Arah Pendidikan Nilai. Pontianak: STAIN Pontianak Press.

Azra. (2006). Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekontruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Penerbit Kompas.

Creswell, John W. (2010). Edisi ke-3. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Bagong, Suyanto. (2005). Pendidikan Berbasis Masyarakat: Prasyarat yang Dibutuhkan. Jurnal Edukasi. 1 (1).

Dimyati. (2010). Peran Guru Sebagai Model dalam Pembelajaran Karakter dan Kebajikan Moral Melalui Pendidikan Jasmani. Jurnal Cakrawala Pendidikan.

Ghopur, A. (2010). Pendidikan Karakter yang Terlupakan. (Online). http://www.detik.com, diakses 25 September 2019).

Hermawan. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat Pada kegiatan Student Exchange SD Muhammadiyah Paesan Pekalongan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 15 (2).

Kesuma, Dharma, dkk. (2011). Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Koesoema, A. D. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Koesoema, A. D. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Gramedia.

Kompas. (2017). Pengguna Narkoba di Jakarta Mencapai 1,2 juta orang. [Online]. http:www.megapolitan.kompas.com/read/2017/07/24/16524371/pengguna-narkoba-di-jakarta-mencapai-1-2-juta-orang. Diakses pada 25 Desember 2017.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Lickona, T. (2007). Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgement, Integrity, and Other Essential Virtues. USA: Simon & Schuster Adult Publishing.

Miles, M.B & Huberman, A.M. (1984). Drawing Valid Meaning from Qualitative Data: Toward a Shared Craft. Educational Researcher, 13 (5), 20-30.

Muhtar. (2010). Revolusi Seks dan AIDS. Harian Pikiran Rakyat Edisi 31 Mei 2010.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurmalisa, Y & Adha, M. M. (2016). Peran Lembaga Sosial Terhadap Pembinaan Moral Remaja Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1 (1): 64-71.

Pilcher, D. R., & Eade, N. (2016). Understanding the Audience: Purbeck Folk Festival. International Journal of Event and Festival Management, 7 (1), 21 – 49.

Prasetiyo, W. H., Kamarudin, K. R., & Dewantara, J. A. (2019). Surabaya green and clean: Protecting urban environment through civic engagement community. Journal of Human Behavior in the Social Environment. Vol.29, 2019-Issue 8.

Sagal, S. (2009). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Samani, M. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter, Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga.

Sihombing, Umberto. (2001). Konsep dan Pengembangan Pendidikan Berbasis Masyarakat Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Sirajuddin, N. (2010). Mereorientasi Pendidikan Karakter Indonesia. Harian Fajar Metro Edisi Rabu, 05 Mei 2010.

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 8, (2)

Sumpeno, Wahyudin. (2009). Sekolah Masyarakat; Penerapan Rapid-Training-Design Dalam Pelatihan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulistyowati, E. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.

Yin, R. K. (2006). Case Study Methods. In J. L. Green, G. Camilli, & P. B. Elmore (Eds.), Handbook of complementary methods in education research (pp. 111-122). Mahwah, NJ, US: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Zubaedi. (2006). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v5i1.3017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JED (Jurnal Etika Demokrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.