Hubungan antara Kedisiplinan Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas XII di SMA Somba Opu Sungguminasa Kabupaten Gowa
Abstract
Disiplin merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Biasanya siswa yang pandai adalah siswa yang disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk hubungan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar PPKn siswa SMA Somba Opu Sungguminasa Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas XII SMA Somba Opu Sungguminasa Kabupaten Gowa yang berjumlah 30 siswa dengan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel, teknik ini dinamakan sampling jenuh. Variabel penelitian meliputi kedisiplinan siswa sebagai variabel bebas dan hasil belajar PPKn sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket siswa, dokumentasi, dan observasi. Uji prasyarat analisis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kedisiplinan siswa sebesar 86,419% dan tingkat hasil belajar siswa sebesar 83,7% keduanya termasuk kategori sangat baik. (2) nilai koefisien korelasi sebesar 0,605. Oleh karena rhitung > rtabel atau 0,605 > 0,374, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar PPKn siswa SMA Somba Opu Sungguminasa Kabupaten Gowa. Diharapkan semua pihak terutama guru memperhatikan dan meningkatkan kedisiplinan siswa sehingga akan mencapai hasil belajar yang optimal.
Kata kunci: Kedisiplinan, Hasil Belajar, Siswa, PPKn.
Full Text:
JED (Journal of Etika Demokrasi)References
Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YramaWidya.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Asdi Mahasatya.
Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Elly, Rosma. (2016). Hubungan Kedisiplinan Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Aceh: Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No. 4.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Jailani, Pahrul. (2014). Hubungan antara Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Masriyatun. (2015). Korelasi antara Kedisiplinan Belajar dengan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VI MI Miftahul Huda Bawu Mojo Dengan MI Ianatus Syibyan Bawu Lor Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Jepara: Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara.
Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:PT. Prestasi Pusakaraya.
Purwanto, Ngalim. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahartiwi, Meitri. (2016). Hubungan antara Kedisiplinan dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Gugus Srikandi Semarang Barat. Semarang: UNNES.
Rahman. (2013). Kompetensi Tenaga Pendidik dalam Peningkatan Disiplin dan Etos Kerja Pada Sekolah Polisi Negara Batua Polda Sulsel. Makassar: Unismuh Makassar.
Ridwan. (2015). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
Rifa‟i, Achmad dan Catharina Tri Anni. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang:UNNES PRESS.
Ruswandi. (2013). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera.
Sanusi, Wahidah dan Sukarna. (2007). Penggunaan Log Linear Dalam Pemodelan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa MTK FMIPA UNM MAKASSAR. MAKASSAR: UNM.
Sari, Rizkhi. (2013). Analisis Pengaruh Proses Belajar Mengajar, Motivasi belajar, dan Lingkungan Belajar Kampus terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Semarang: UNDIP
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif.Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenamedia Group.
Suyono, dan Hariyanto. (2013). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan KonsepDasar. Surabaya: Remaja Rosdakarya.
Undang-undang No. 20 Tahun. (2003) Tentang Sistem pendidikan Nasional.
Undang-undang Peraturan Menteri Penddikan dan Kebudayaan No. 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Wiyani, Novan Ardy. (2014). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi UntukMenciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JED (Jurnal Etika Demokrasi)