Analysis of the Role and Constraints of Field Supervisors in Kampus Mengajar Program at School
Abstract
Keywords
Full Text:
DOWNLOADReferences
. Aan, W., Saidatul, I., & Kholida, F. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107.
. Aditomo, A. (2021). Nilai-nilai Pancasila dalam Pembelajaran Merdeka Belajar. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI, 13. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/merdeka-belajar/Merdeka-Belajar-Profil-Pelajar-Kurikulum-Pancasila.pdf
. Ahmad Eddison, Hambali, H. (2020). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Guna Membangun Kecerdasan Berideologi Pada Guru Ppkn SMA/SMK Kota Dumai. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(3), 993–1005.
. Angel Dwi Septianingrum, & Dini Anggraeni Dewi. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial Di Era Serba Modern. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.52647/jep.v3i1.31
. Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi COVID-19 ( Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara ). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47.
. Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1076
. Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
. Fahmi, A. R., Nopianti, H., Bengkulu, U., Dasar, S., & Mengajar, K. (2021). Pendampingan Mahasiswa Dalam Kegiatan Program. Applicable Innovation of Engineering, XIII, 27–28.
. Febianti, I. (2023). implementasi program kampus mengajar angkatan 6 dan dampaknya terhadap budaya meningkatkan literasi di SMK Pertiwi Mojokerto. Abdi Massa: Jurnal Pengabdian Nasional, 03(06), 58–65.
. Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339
. Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Vol. ISBN 978-6 (Issue Sumatera Utara).
. Hariyanti. (2023a). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnl Moral Kemasyarakatan, 8(2), 133–146. https://www.mendeley.com/reference-manager/reader-v2/5591c471-e318-32a7-8948-b889c2956fed/62fe0dc5-5b80-6b55-7cce-f2134f57392a
. Hariyanti, et all. (2023b). Kampus mengajar angkatan 4 dan peningkatan literasi numerasi peserta didik berkebutuhan khusus. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(2), 1482–1496.
. Hariyanti, et al. (2023c). Campus teaching: an effort to enhance the primary education quality in remote area. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(2), 122–138. http://www.journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas/article/view/5145/2596
. Ifrida, F., Huda, M., Joko Prayitno, H., Purnomo, E., & Sujalwo. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94
. Islami, A. N., & Imron, M. (2023). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 dalam Meningkatkan Teknologi di SD Negeri 2 Sanggreman. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(4), 256–271.
. Jamaludin, S. N. A. S., & , Sunarto Amus, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709.
. Kazár, K. (2014). the Role of Lecturers in Students’ Performance. Sustainability in Statistics Education. Proceedings of the Ninth International Conference on Teaching Statistics (ICOTS9, 9, 1–4. https://iase-web.org/icots/9/proceedings/pdfs/ICOTS9_C214_KAZAR.pdf
. Khotimah, N. R., Riswanto, & Udayati. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Di Sd Negeri 014 Palembang Sumatera Selatan. Sinar Sang Surya ( Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat ), 5(2), 194–204.
. Lestari, S., & Fatonah, K. (2021). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 6426–6438.
. Lindawati, R. (2022). Bakti untuk Negeri melalui Program Kampus Mengajar: Sharing Session. Jurnal Abdidas, 3(1), 176–180. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i1.556
. McCabe, A., & O’Connor, U. (2014). Student-centred learning: The role and responsibility of the lecturer. Teaching in Higher Education, 19(4), 350–359. https://doi.org/10.1080/13562517.2013.860111
. Mengajar, T. P. K. (2023). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 6 Tahun 2023.
. Mengajar, T. program kampus. (2022). buku panduan kampus mengajar angkatan 4. In kementerian pendidikan kebudayaan, riset dan teknologi.
. Molina, V. M., Perera Rodríguez, V. H., Melero Aguilar, N., Cotán Fernández, A., & Moriña, A. (2016). the Role of Lecturers and Inclusive Education. Journal of Research in Special Educational Needs, 16, 1046–1049. https://doi.org/10.1111/1471-3802.12361
. Muchtar, S. Al, & Iswandi, D. (2018). The Paradigm of Value Ideology of Pancasila as the Basis of Citizenship Education in the Global Perspective. 251(Acec), 492–496. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.112
. Net, W. W. W. P., Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022). The Impact of “ Kampus Mengajar MBKM Program ” on Students ’ Social Skills. 12(3), 220–225. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.23
. Numertayasa, I. W., Nada, I. K., & Astuti, N. P. E. (2022). profil pelajar pancasila Development of Strengthening Character Education Syllabus Based on Pancasila Student Profiles. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(2), 97–108.
. Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727
. nuria hikami, et all. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik. Kreasi: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(03), 510–521. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2087
. Pardede, S. D., Ongsina, O., Sidabutar, A. D., Simamora, S., & Tobing, S. B. (2022). Analisis Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 2 terhadap Peningkatan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar Akreditasi C. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4864–4868. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1071
. Pardede, S. D., Pardede, S., & Siregar, H. A. (2022). Analisis Kegiatan Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 4(4), 5422–5431.
. Prayudi, A., Islamiyah, M., Yanbaqi Abidin Putra, M., Nurhairatu, N., Febriyanti, Y., & Nurfadillah, S. (2023). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Di SDN 12 Dompu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1175–1186. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i7.337
. Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589
. Saefullah, A., Nurzanah, E., Andhini, A. N., & Mitagani, E. F. (2022). Sosialisasi Peran Dosen dan Mahasiswa dalam Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022 di SDN 03 Sukadana. ABDISOSHUM; Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Humaniora, 1(4), 454–465. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i4.1259
. Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667
. Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi Republik Indonesia (p. 137).
. Satyahadewi, N., Amir, A., Ashari, A. M., Apindiati, R. K., & Hartanti, L. (2022). Penguatan Literasi Numerasi dan Adaptasi Teknologi Melalui Program Kampus Mengajar. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 622–628. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.962
. Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
. Sijabat, A. (2024). Implementasi Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 6 di SD Negeri 091257 Gunung Hataran Kabupaten Simalungun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 28–33.
. Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036
. Subagyo, A. (2020). Implementasi Pancasila Dalam Menangkal Intoleransi, Radikalisme Dan Terorisme. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(1), 10–24. http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/734
. Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195–208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082
. Thanzani, A. (2022). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar di Daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan). PSHPM: Prosiding Seminar Hasil Kegiatan …, 213–222. https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/scfp/article/view/742
. Tobing, E., Junaedi, Irbath, N., Wagiran, Ginting, M., Putri, A. A., Jesica, A. M., Sunarni, R. R., Cahyono, E., Hendrastomo, G., Nursa’ban, M., Sondang, A., Fitriana, N., WY, H. J., Sampe, M. Z., Sandi, F. A., & Aryo, R. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar angkatan 3 tahun 2022.
. Ulfah, N., Sumardiyani, L., Ardini, S. N., & Pramesti, M. R. D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Tema Suara Demokrasi Di Smk Negeri 6 Semarang. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 455–462. https://doi.org/10.55681/primer.v1i4.178
. Utami, E. L., Mulyadiprana, A., & Saputra, E. R. (2023). Peran Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 302–312. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2550
. Waldi, A., Putri, N. M., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi , Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. 5(3), 284–292.
. Wilson Sitopu, J. (2022). Pelaksanaan Kampus Mengajar Di Sdit Ashabul Kahfi Kabupaten Deliserdang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(Volume 7 Nomor 1 Juni 2022), 39–50. https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5362
. Wong, B., & Chiu, Y. L. T. (2019). Let me entertain you: the ambivalent role of university lecturers as educators and performers. Educational Review, 71(2), 218–233. https://doi.org/10.1080/00131911.2017.1363718
DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v9i2.14192
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JED (Jurnal Etika Demokrasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.