The Influence of Hyper Content-Based Practicum Guidance on Students' Scientific Literacy Ability in Material Structure and Function of Plant Tissues for Class XI IPA Students at SMA Negeri 2 Gowa

Sri Rahayu

Abstract


This research is an experimental researchQuasi Experimental Design which aims to determine the effect of a practicum-based guidehyper content on the scientific literacy skills of class XI IPA students at SMA Negeri 2 Gowa on the material structure and function of plant tissue with a research design "Nonequivalent Control Group Design”. The population in this study was class XI IPA SMA Negeri 2 Gowa which consisted of six classes with a total of 151 students. The sample of this study consisted of two classes, namely class XI IPA 1 as an experimental class of 25 students and class XI IPA 2 as a control class of 25 students who were randomly selected.Simple Random Sampling. The research variables consist of independent variables, namely practicum-based guideshyper content while the dependent variable is scientific literacy ability. Data collection is done through givingpretest andposttest. Data were analyzed with descriptive statistics and inferential statistics with the help ofSPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 25. The results showed that the average value of the resultsposttest the experimental class is 71.33 and the control class is 54.73. In the hypothesis test throughIndependent Sample T- Test with a value of p = 0.000 <a = 0.05, it can be concluded that there is an influence of practicum-based guidancehyper content on students' scientific literacy skills on the material structure and function of plant tissue in class XI IPA SMA Negeri 2 Gowa.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Quasi Experimental Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penuntun praktikum berbasis hyper content terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Gowa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dengan desain penelitian “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 2 Gowa yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah total 151 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 25 siswa yang dipilih secara Simple Random Sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu penuntun praktikum berbasis hyper content sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan literasi sains. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen 71,33 dan kelas kontrol yaitu 54,73. Pada uji hipotesis melalui Independent Sample T- Test dengan nilai p = 0,000 < a = 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh penuntun praktikum berbasis hyper content terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Gowa..


Keywords


Practicum Guide; Hyper Content; Science Literacy; Penuntun Praktikum; Hyper Content; Literasi Sains

Full Text:

PDF

References


Agustiana, W. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Lingkungan Tema Fotosintesis untuk Meningkatkan Literasi sains Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Ali, N., Santos, IM, & Areepattamannil, S. 2017. Integrasi Kode Respon Cepat (QR) Guru Prajabatan dalam Kegiatan Kelas. Jurnal Teknologi Pendidikan Online Turki, 16(1), 93–100.

Amijaya, L. S., Ramdani, A. & Merta, W. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hail Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. J. Pijar MIPA. 13(2). 94-99.

Amin, A. K. (2016). Analisis Bahan Ajar Penuntun Statistika pada Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama. 3(2). 1-8.

Amin, M., Muslim, S. & Wirasti, M. K. (2019). Pengembangan Penuntun Pembelajaran Hypercontent Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer untuk Mahasiswa Asal Daerah 3T. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA). 1(1). 199-204

Amin, M., Muslim, S. & Wirasti, M. K.(2020). Model Pembelajaran Hypercontent Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer untuk Mahasiswa Asal Daerah 3T di STKIP Surya. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI. 9(2). 228-242

Anitasari, Septarini Dian, Dkk. (2018). Dasar Teknik Kultur Jaringan Tanaman.

Asniati, M. (2019). Pengembangan Instrumen Soal Literasi Sains Berbasis Google Form untuk Siswa SMP pada Materi Kalor. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan.

Azizah, H. N., Jayadinata, A. K. & Gusrayani, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1). 51-60.

Chicioreanu, TD, Bilal, E., & Butnariu, M. (2015). Kode Qr dalam Pendidikan - Sukses atau Gagal? Memikirkan Kembali Pendidikan dengan Memanfaatkan Pilar Elearning dari Agenda Digital untuk Eropa, 3(Mei), 180–187. https://doi.org/10.12753/2066-026x-15-208

Damayanti, D. S., Ngazizah, N. & Setyadi, K. E. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi. 3(1). 58-62.

Daryanto. (2013). Menyusun Penuntun Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, P. S. (2016). Perspektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. 1(2). 179-186.

Fidiana, L., Bambang, S. & Pratiwi, D. (2012). Pembuatan dan Implementasi Penuntun Praktikum Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI. Unnes Physics Education Journal. 1(1). 38-44.

Frongia, G., Mehrabi, A., Fonouni, H., Rennert, H., Golriz, M., & Günther, P. (2016). YouTube sebagai Sumber Daya Pelatihan Potensial untuk Laparoskopi Fundoplication. Jurnal Pendidikan Bedah, 73(6), 1066– 1071. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2016.04.025

Handayani, Y. & Marisda, D. H. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning berbasis Hypercontent pada Konsep Suhu dan Kalor. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya. 1(1). 32-37.

Hanum, L. (2020). Analisis Ketercapaian Literasi Sains Kimia pada Aspek Pengetahuan Siswa di SMA Negeri 1 Bireuen. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darusasalam.

Harjono, H. S. (2018). Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 1-7.

Hayati, R. S. (2016). Anatomi Tumbuhan: Pengetahuan Dasar untuk Calon Guru IPA dan Biologi Yogyakarta: Deepublish.

Herlina. (2019). Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbasis Hypercontent pada Pembelajaran Tematik Daerah Tempat Tinggalku. Jurnal Teknologi Pendidikan. 21(3), 215-230.

Hidayat, M. R. (2020). Penegembangan Penuntun Berbasis Hypercontent Materi Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D Mata Pelajaran Animasi 2D dan 3D Kelas XI Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Taman. 1-8.

Husnanizar. (2020). Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Juhji. (2016). Peningkatan Kemampuan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 2(1). 58-70.

Khairunnufus, U. dkk. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice. 1(2). 36-41.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jupendes, 2(2), 11-21.

Koderi. (2017). Pengembangan Penuntun Elektronik Berbasis SAVI Untuk Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 206–223.

Lauren, I., Harahap, F., & Gultom, T. (2016). Uji Kelayakan Penuntun Praktikum Genetika Berbasis Keterampilan Proses Sains Berdasarkan Ahli Materi dan Ahli Desain. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 6, No. 1. (Online). (http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JPB/article/download/4322/378).Diakses tanggal 22 Januari 2022.

Mislia, Qurbaniah, M. & Kahar, A. P. (2017). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Bioeducation, Vol 7(2): 57-6. (Online). (http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php?journal). Diakses tanggal 22 Januari 2022.

Muna, F. N. (2020). Pengaruh Penerapan Literasi Digital dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar IPA pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IX SMP NU Suruh Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Nugroho, P. A. & Puspitasari, Y. D. (2019). Pengembangan penuntun praktikum Pencemaran Lingkungan Berbasis Inkuiri Terbimbing Berkolaborasikan Video untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Literasi sains Mahasiswa. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA). 3(2). 42-61.

Nurzaelani. M. M., Septiani. M & Maimunah. (2021). Pengembangan Penuntun Elektron Hypercontent Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTs). Jurnal Prosiding. 1-14.

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Publishing: OECD.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Publishing: OECD. DOI: https://dx.doi.org/10.1787/b25efab8-en.

Pahlevi, R. F. (2012). Pengembangan Penuntun untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Mata Diklat Menginterpretasikan Gambaran Teknik di SMK Muhammadiyah 01 Paguyangan Brebes. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwanto, M. N. (2020). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung. 9(1). 16-25.

Riley, J. (2017). Mengintegrasikan Video YouTube dalam Kursus Pendidikan Guru Online. Jurnal Belajar Mengajar dengan Teknologi, 6(1), 81-84. https://doi.org/10.14434/jotlt.v6.n1.19526.

Rizkina, M. (2019). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Disertai Media Audio Visual pada Materi Bakteri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di MAN 3 Aceh Besar. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Rusilowati, A. (2018). Asesmen Literasi Sains: Analisis Karakteristik Instrumen dan Kemampuan Siswa Menggunakan Teori Tes Modern Rasch Model. Prosiding Seminar Nasional Fisika Universitas Riau Ke-3 2018. 2-15.

Salenussa, B. J. M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Hypercontent. Jurnal Mara Christy. 10(1). 1-8.

Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 176. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.310

Sarlivanti., Adlim. & Djailani. (2014). Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Proses Sains pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 2(1). 75-86.

Sary, A. Z., Yeni, L. F., & Nurdini, A. (2014). Penyusunan Penuntun Praktikum Berdasarkan Hasil Penelitian Aktivitas Antijamur Daun Pepaya Terhadap Capnodium mangiferae. Artikel Penelitian. (Online). (https://nanopdf. com/penyusunan-penuntun-praktikum-berdasarkan-hasil_pdf). Diskses tanggal 22 Januari 2022.

Septiani, M., Nurzaelani, M. M., Pahlevi, M. I., & Sevtiyuni, P. E. (2020). Augmented Reality Learning Media Based on Android for Sciences in Elementary Schools. 172(Siconian 2019), 717–723. https://doi.org/10.2991/aisr.k.200424.109

Siang, J. L., Ibrahim, N., & Situmorang, R. (2019). Development of hypercontent penuntune using jonnuro model learning design for candidates master guide. International Journal of Recent Technology and Engineering. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1016.0982S919

Simbolon, D. H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual Terhadap Literasi sains Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 21(3). 299-315.

Simbolon, R Saragih, A. H & Situmorang, J. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Hypercontent untuk Siswa SMA. Jurnal Fisika: Seri Konferensi. 1-9.

Sufinah, S. F. Saifuddin., & Roviati, E.(2013). Penerapan Penuntun Praktikum Biologi Berbasis Produk untuk Meningkatkan Kemampuan Proses Sains (KPS) Siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Lemahabang Kab. Cirebon. Jurnal Scientiae Educatia. 2(2). 1-16.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Model Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta

Susilo, A., Siswandari. & Bandi. (2016). Pengembangan Penuntun Berbasis Pembelajaran Saintifik untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N 1 Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 26(1). 50-65.

Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. BIOnatural. 4 (2): 13-27.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. 1-2.

Wahida, B. F. (2011). Pengantar Anatomi Tumbuhan. Makassar: Alauddin University Press.

Winata, A., Cacik, S. & Seftia, R.W. I. (2018). Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban pada Materi Daur Air. JTIME. 2(1). 58-64.

Yahya, FH, Abas, H., & Yussof, RL. (2018). Integrasi video screencast melalui kode QR: Materi pembelajaran yang efektif untuk m-learning. Jurnal Sains dan Teknologi Teknik, 13 (Isu Khusus ICETVESS 2017), 1–13. Yogyakarta: Deepublish.

Yulia, Panjaitan, R. G. P., Titin. (2015). Penyusunan Penuntun Praktikum Pembuatan Salep Penyembuh Luka Insisi dari Ekstrak Tangkai Daun Talas. Artikel Penelitian Ilmiah. (Online). (http://jurnal. untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/9275/9173). Diakses tanggal 22 Januari 2022.




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.12036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JED (Jurnal Etika Demokrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.