The Effect of the Reflective Pedagogy Paradigm Approach in Improving the Disciplinary Attitudes of Third Grade Students of SD Inpres Bontoala I Gowa Regency
Abstract
Keywords
Full Text:
DOWNLOADReferences
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33.
Arianto, D. A. N. (2013). Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Economia, 9(2), 191–200.
Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negeri 10 Banda Aceh. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 3(4), 43–53.
Galeh Iswari, I., & Akip, M. (2015). Peningkatan Kompetensi Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas III Menggunakan Model Berbasis Paradigma Pedagogi Reflektif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 38–47.
Hartana, A., Punajii, S., & Dedi, K. (2016). Penerapan strategi pembelajaran paradigma pedagogi Igantian (REflektif) terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi berprestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(4), 765–779.
Hasudungan, A. N., & Riau, P. (2022). Paradigma Pedagogi Reflektif (Ppr): Konstruksi Nilai-Nilai Karakter Dalam Materi Sejarah Maritim Untuk Sekolah Menengah Atas. Education & Learning, 2(2), 64–73.
Kamarudin, K. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PPKn Dengan Menerapkan Model Paradigma Pedagogi Reflektif di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3371–3375. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/918
Lumban Gaol, N. W. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Kedisiplinan Siswa T.A 2020/2021 (Studi Kasus Di Kelas X SMK Swasta Arina Sidikalang). Repository UHN, 1–61. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21918515%0Ahttp://www.cabi.org/cabebooks/ebook/20083217094
Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf. Universitas Singaperbangsa Karawang, 3, 123–144.
Pratini, H. S. (2016). Implementasi paradigma pedagogi reflektif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan competence, conscience, dan compassion mahasiswa. Elementary School 3, 3(1), 108–119.
Printina, B. I. (2019). Pemanfaatan Media Komik Digital Melalui Unsur PPR (Paradigma Pedagogi Reflektif) Pada Matakuliah Sejarah Asia Barat Modern. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.21009/jps.081.01
Reski, N., Taufik, & Ifdil. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/viewFile/184/210
Rohana, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Reflektif. Infinity Journal, 4(1), 105–119. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.76
Tjandra, E. A., & Tjandra, S. R. (2013). Hubungan antara komponen kognitif, komponen afektif dan komponen perilaku terhadap sikap konsumen memanfaatkan teknologi internet. Jurnal Manajemen, 17(1), 42–52.
Wahana, P. (2016). Mengenal Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif Dalam Pendidikan Untuk Membangun Manusia Yang Cerdas Dan Humanis. Didaktika, 5(1), 12–27.
DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v8i1.10234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JED (Jurnal Etika Demokrasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.