PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PENJUALAN SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER MX PADA PT SURACO JAYA ABDI MOTOR CABANG PALLANGGA

Salahuddin Salahuddin, Asriati Asriati, aulia aulia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap penjualan sepeda motor Yamaha Jupiter MX pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor Cabang Pallangga. Hasil anlisis data regresi linear sederhana variabel bauran promosi (X)  terhadap penjualan sepeda motor yamaha Jupiter MX (Y)  Cabang Pallangga, menunjukkan bahwa Y = 22,017+ 0,370x dan nilai analasis korelasi product moment diperoleh 0,813 (korelasi sangat kuat). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara bauran promosi dengan penjualan sepeda motor Yamaha Jupiter MX. Sedangkan, hasil perhitungan analisis  koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel bauran promosi (X) memberi pengaruh sebesar 66% terhadap penjualan sepeda motor Yamaha Jupiter MX (Y), sedangkan selebihnya yaitu sebesar 44% adalah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitiannya. Hasil uji signifikansi diperoleh nilai sebesar 11,497 yang lebih besar dari 2,00 pada taraf signifikansi 5% dan sebesar 2,65 pada taraf signifikansi 1% sedangkan hasil uji kualitas hubungan diperoleh  sebesar 0,813 ternyata ≥ (lebih besar) dari  sebesar 0,232 pada taraf signifikan 5% dan  sebesar 0,302 pada taraf signifikan 1%. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara Bauran Promosi terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor Cabang Pallangga.


Keywords


Bauran Promosi, Penjualan

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchri. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabet : Bandung.

Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Erlangga.

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran Jasa dan Loyalitas Konsumen. Cetakan Ketiga, ALFABETA, Bandung.

Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran), Pustaka Baru, Yogyakarta.

Komaruddin, 1997. Ensikplomedia Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta.

Kotler, (1995). Manajemen Pemasaran. Jakartarta : Penerbit Erlangga.

Philip Kotler & Hellen Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12. Jakarta : Erlangga

Riduwan. 2004, Metode & Teknik Menyusun Tesis, Alfabet, Bandung.

Sugiyono. 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Cetakan Ke-delapanbelas, ALFABETA, Bandung.

Sunyoto, Danang. 2013. Manajemen Pemasaran, Caps (K)

Sunyato, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus).Cetakan Ketiga. CAPS (Center Of Academic Publishing Service), Yogyakarta.

Sutrisni, Hadi. 1983. Statistik, Jilid II. Yogyakarta, Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Swasta, Basu. 2002. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta : BPFEE.

Umar, Husein. 2005, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winardi, 2001, Pengantar Manajemen Penjualan (Sales Marketing), Penerbit PT. Citra Aditya Bhakti, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v14i1.1884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Balance

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter