ANALISIS BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN MOBIL AVANZA PADA PT. TOYOTA HADJI KALLA MAKASSAR

Siti Marhumi, Andi Muh Nur, Dewi Indra Rini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk i) Untuk mengetahui perkembangan volume penjualan mobil avanza pada PT. Toyota Hadji Kalla Makassar; 2) Mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan mobil avanza pada PT. Toyota Hadji Kalla Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah times series dan metode pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan (field research). Jenis data yang dugunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif dan sumber data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Semakin tinggi biaya promosi penjualan maka maka semaki tinggi pula volume penjualan, 2. Terdapat hubungan yang signifikan antara biaya promosi penjualan terhadap volume penjualan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00784, 3. Terdapat pengaruh positif biaya promosi terhadap volume penjualan mobil avanza pada PT. Toyota Hadji Kalla Makassar periode 2011-2015, hal ini dibuktikan oleh nilai Fhitung 17,35608 dan Ftabel 2,99.

Kata Kunci: Biaya promosi, Volume Penjualan, Korelasi


Keywords


Biaya promosi, Volume Penjualan, Korelasi

Full Text:

PDF

References


Algifri, 2000. Analisis Regresi, Edisi, Kedua Cetakan Perama, BPFE, Yogyakarta

Alma, Buchari, 2005, Manajemen dan Pemasaran Jasa (Edisi Revisi), Cetakan Ketujuh, CV. Aifabeta, Bandung

Gitosudarmo, Indriyo, 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta. „

Hansen & Mowen. 2001. Manajemen Biaya, Edisi bahasa Indonesia, Buku Dua, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Henry Simamora.2002. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip (2005). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian. Edisi VI. Jilid I. Penerjemah; Jaka Wasana. Jakarta; Erlangga.

Kotler, Philip, dan Gary, Amstrong. 2002. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerjemah Imam Nurmawan. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, implementasi, dan pengendalian,buku satu.Terjemahan A.B Susanto. Jakarta: Salemba Empat.

Lamb, Hair, dan McDaniel. 2001. Pemasaran. Buku 1. Penerjemah David Octarevia. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Lupioyadi, Rambat. 2001, Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta Penerbit Salemba Empat.

Moekijat. 2000. Manajemen Pemasaran. Bandung : Penerbit Mandar Maju.

Moestadjad, Widjajano, 2007, Salesman Ship (Kecakapan Menjual), Usaha Nasional Surabaya

Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya,edisi ke-6. Yogyakarta: STIE YKPN.

Mursid M, 2007, Manajemen Pemasaran, Cetakan Kedua, Bumi Kelima, Jilid I, CV. Intermedia, Jakarta.

Nitisemitro, Alex S, 2001, Marketing, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Porter, Michael E, 2002, Keunggulan Bersaing, alih Bahasa Agus Maulana, Jakarta: Erlangga

Rismiati, Catur E, dan Suratno, Bondan, 2001, Pemasaran Barang dan Jasa, Penerbit Kanisius, Bandung.

Sigit, Suhardi 2007. Marketing Praktis. Cetakan Pertama. Yogyakarta:Penerbit Liberty.

Sistaningrum, Edyningtyas (2002), Manajemen Penjualan Produk. Yogyakarta; Kanisius

Stanton, William J, 2009. Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Supriyono. 2000. Akuntansi Biaya, Buku 1, edisi dua. Yogyakarta: BPFE.

Swasta, Bhasu, 2008, Manajemen Penjualan, Edisi Ketiga, Cetakan Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi I. Yogyakarta: Andi Offset.

Winardi, J, 2000, Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, Penerbit PT.Raja Grafindo Persada, Jakar




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v13i1.1847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Balance

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter