ANALISIS KORELASI ANTARA SALURAN DISTRIBUSI DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA PADA PT. MAKASSAR INDAH MOTOR DI KOTA MAKASSAR

Asdi Asdi, Enni Adrian, H.A Muhiddin Daweng

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Makassar Indah Motor Di Kota Makassar, populasi penelitian adalah seluruh konsumen PT. Makassar Indah Motor Di Kota Makassar selama tahun 2015 sebanyak 2.329 konsumen sedangkan besarnya sampel ditetapkan dengan menggunakan metode slovin yaitu sebanyak 100 konsumen sampel. Pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan analisis data menggunakan teknik korelasi product moment, koefisien determinasi, serta uji hipotesis menggunakan uji signifikan r korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel saluran distribusi dengan keputusan pembelian mobil Honda pada PT. Makassar Indah Motor Di Kota Makassar, yang ditunjukkan dengan nilai korelasi product moment 0,878 (korelasi sangat kuat), koefisien determinasi 0,770, sedangkan untuk uji hipotesis diperoleh rhitung adalah  lebih besar dari rtabel  (rhitung0,878 > rtabel 0,205) pada taraf signifikan 5 %. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,770 artinya bahwa variabel saluran distribusi (X) memberi pengaruh sebesar 77,00 % dengan variabel keputusan pembelian (Y), sedangkan selebihnya yaitu sebesar 23,00 % adalah di pengaruhi oleh variabel-variabel  lain yang tidak diteliti dalam penelitian.


Keywords


Saluran Distribusi, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2012, Manajemen Pemasaran, Cetakan Kedua, Edisi 1, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Angipora, Marius P. 2002, Dasar-Dasar Pemasaran, Cetakan Kedua, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Gitosudarmo, Indriyo. 2014, Manajemen Pemasaran, Cetakan Ketiga, Edisi Kedua, BPFE-Yogyakarta.

Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran), Pustaka Baru, Yogyakarta.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Erlangga.

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran Jasa dan Loyalitas Konsumen. Cetakan Ketiga, ALFABETA, Bandung.

Philip Kotler & Hellen Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12. Jakarta : Erlangga

Riduwan. 2004, Metode & Teknik Menyusun Tesis, Alfabet, Bandung.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi dalam Strategi danPenelitian Pemasaran. Jakarta : Prenada Media.

Sugiyono. 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Cetakan Ke-delapanbelas, ALFABETA, Bandung.

Sunyoto, Danang. 2013. Manajemen Pemasaran, Caps (K)

Sunyato, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus).Cetakan Ketiga. CAPS (Center Of Academic Publishing Service), Yogyakarta.

Suparyanto dan Rosad . 2015, Manajemen Pemasaran. Penerbit IN MEDIA : Bogor.

Sutrisno, Hadi. 1983, Statistik, Jilid II, Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Swasta, Basu. 2002. Manajemen Penjualan, Yogyakarta : BPFE.

Swasta, Basu dan Irawan. 2008, Manajemen Pemasaran Modern, Cetakan Ke-tigabelas. Edisi Kedua. Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v12i1.1841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Balance

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter