PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT PLN (PERSERO) RAYON SELAYAR

HJ Naidah, Rohani Rohani

Abstract


Penelitian ini adalah dengan metode regresi linier sederhana, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT PLN (Persero) Rayon Selayar. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PT PLN (Persero) Rayon Selayar,kemudian diadakan penarikan sampel  dengan  Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Accidental Sampling (sampling kebetulan). Tehnik analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pada umumnya kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan.  Untuk menentukan erat tidaknya pengaruh yang ditunjukkan variable. kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanngan, dapat diperhatikan pada hasil korelasi dengan memakai  standar 0,5. Artinya jika koefisien korelasi > 0,5 makadinyatakan pengaruhnya erat dan jika < 0,5 pengaruhnya lemah.pada hasil korelasi pada tabel 14 terlihat nilai kualitas pelayanan sebesar  -0,042 artinya pengaruh kualitas pelayanan terhadap epuasan pelanggan tidak eratatau pengaruhnya lemah. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwapengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan tidak erat atau pengaruhnya lemah.

 


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Cetakan Kelima. CV. Alfabeta. Bandung.

Angipora, Marius. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua.PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Assegaff, Mohammad. 2009. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Perusahaan Penerbangan PT.Garuda Di Kota Semarang)”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 10. No.2. Juli. Hal. 171 – 186. Unisulla Semarang. Semarang.

Atmawati, Rustika dan Wahyuddin. 2007. ”Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departement Store Di Solo Grand Mall”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.Hal. 1 – 12. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Boyd, Walker, Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jilid I. Edisi Kedua. Erlangga. Jakarta.

Boyd, Walker, Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran : Suatu PendekatanStrategis dengan Orientasi Global. Jilid II. Edisi Kedua. Erlangga. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2005. Analisis Multivariate SPSS. Badan Penerbit UniversitasDiponegoro. Semarang.

Jonahtan, Robin. 2005. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Sektor Publik di Kabupaten dan Kota di Propinsi Kalimantan Timur. Jurnal Keuangan dan Perbankan. Th. IX. No. 2, Mei. Universitas 17 Agustus 1945. Samarinda




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v11i2.1833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Balance

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter