ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PT SINAR AGUNG PRASALINDO MAKASAR

Naidah Naidah

Abstract


menyongsong era globalisasi yang sarat dengan kompetisi diberbagai bidang, maka semua aspek kehidupan akan terkena pengaruhnya, termasuk pula bidang perekonomian. Dalam perkembangan dunia usaha dewasa ini, berbagai cara ditempuh oleh para pelaku bisnis untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, atau berusaha melakukan terobosan dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan yang bersangkutan. Kemampuan untuk menciptakan terobosan-terobosan bam harus dilakukan untuk menarik simpatik para konsumen atau calon pembeli agar menaruh minat pada produk yang ditawarkan. Salah satu faktor yang sangat penting dalam menunjang pemasaran adalah faktor komunikasi. Komunikasi pemasaran sangat berperan dalam menarik minat masyarakat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Variabel keunggulan produk, daya tahan, kecepatan dan kenyamanan, dan citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dalam pemakaian suku cadang mobil  pada PT. Sinar Agung Prasadikindo Makassar. Hal ini dibuktikan dari hasil pengolahan data statistik yang menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) seluruh variabel X memiliki pengaruh signifikan yang ditunjukkan oleh hasil uji f, dimana nilai f hitung adalah sebesar 8,318 dengan nilai signifikansi 0,000 (jauh lebih kecil dibanding a = 0,05. (2) Secara parsial, variabel keunggulan produk menjadi variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan dalam pemakaian suku cadang mobil  pada PT. Sinar Agung Prasadikindo Makassar. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung yang paling besar dibanding variabel X lainnya, yaitu sebesar 2,599 dan nilai signifikansi sebesar 0,017 (lebih kecil dari a = 0,05).


Keywords


Kepuasan konsumen

Full Text:

PDF

References


Affif, Faisal, 1993, Strategi Pemasaran, Angkasa, Bandung

Alex Nitisemito. 1989. Marketing. Cet. V. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Arikunto dan Suharsimi, 1993, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Cetakan Sembilan Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Basu Swasta. 1993. Pemasaran: Teori dan Aplikasi. Liberty, Yogyakarta.

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬Day, G.S. and Fahey, L. (1988) Valuing Market Strategies, Journal of Marketing, 52, 45-57.

Kartajaya, Hermawan, 1997, Marketing Plus 2000: Siasat Memenangkan Persaingan Global, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kartajaya, Hermawan, 2003, Marketing in Venus: The 18 Guiding Principles of Marketing in Venus, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, Philip. 1991. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Keenam. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Pawitra, T, 1993, Kepuasan Pelanggan Sebagai Keunggulan Daya Saing: Konsep, Pengukuran, dan Implikasi Strategik, Jurnal Manajemen Prasetiya Mulya, Volume I No. 1.

Prayitmo, S, 1993, Apakah Iklan Anda Efektif ?: Manajemen dan Usahawan Indonesia, No. 8 Vol. XXII.

Rangkuti, Freddy, 2003, Measuring Custumer Satisfaction: Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Stanton, William J., 1984, Prinsip Pemasaran, Diterjemahkan oleh Yohannes Lamarto, Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, 2000, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 1995, Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.

Winardi. 1980. Azas-Azas Marketing. Cet. III. Alumni Bandung.




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v8i2.1131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BALANCE : JURNAL ILMU EKONOMI



View My Stats

Flag Counter