STUDI KEPUASAN PELANGGAN DI PT. KAWI PUSAKA RAHARJA MAKASSAR

Ruliaty Ruliaty

Abstract


Pada dasarnya kepuasan konsumen mencakup perbedaan antara tingkat kepentingan dan kinerja atau hasil yang dirasakan. Dan hakikatnya kepuasan konsumen merupakan evaluasi purna beli dimana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya dapat memberikan hasil (outcome) sama atau melampaui harapan konsumen, sedangkan ketidakpuasan dapat terjadi apabila hasil yang diperoleh tidak memenuhi harapan yang diinginkan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui (1) pengaruh faktor bukti fisik, daya tanggap, kehandalan, jaminan kualitas produk, dan empati terhadap kepuasan pelanggan dan (2) Faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 50 pelanggan PT. Kawi Pusaka Raharja Makassar. metode analisis yang menggunakan alat analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan PT. Kawi Pusaka Raharja Makassar terdiri dari lingkungan fisik, kehandalan pelayanan, daya tanggap pelayanan, jaminan kualtias produk, dan empati. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel-variabel tersebut  secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. Kawi Pusaka Raharja Makassar. (2) Aspek lingkungan fisik merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap pembentukan kepuasan pelanggan PT. Kawi Pusaka Raharja Makassar. Dalam kaitan ini keberadaan fasilitas pelayanan yang disiapkan perusahaan ditanggapi positif oleh pelanggan. Kenyamanan ruangan, tata letak ruangan pelayanan, dan adanya fasilitas AC di ruang pelayanan menjadi faktor utama yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan PT. Kawi Pusaka Raharja Makassar.


Keywords


Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Edisi Ketiga Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, Philip, 1997, Marketing Management Analysis, Planning, Implementation and Control, 9 to Edition, Prentice-Hall, New Jersey.

___________, dan Gary Armstrong, 1999, Principle of Marketing, 8th Edition, Prentice-Hall, New Jersey

___________, 2000, Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan,Implementasi dan Pengendalian, Alih Bahasa: A.B.Susanto, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

___________, 2004, Prinsip- prinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik, Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Payne, Adrian, 2000, Pemasaran Jasa (The Essence of Service Marketing), Terjemahan Fandy Tjiptono, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Santoso, Singgih, Tjiptono, Fandy, 2001, Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sekaran, U, 1992, Research Methode for Business: A Skill Building Approach, 2nd ed, New York, Jhon Wiley & Sons, Inc.

Setiadi, Nugroho J., 2003, Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Edisi Pertama, Penerbit Prenada Media, Jakarta.

Sumarwan, Ujang, 2003, Prilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

J. Supranto, 2001, Statistik Teori dan Aplikasi, Jilid Kedua, Edisi Keenam, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2002, Strategi Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta.

___________, 2005, Pemasaran Jasa, Bayumedia Publishing, Malang.

Tjiptono, Fandy, dan Gregorius Chanra, 2005, Service: Quality Satisfacton, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Umar, Husein, 2003, Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen, PT Gramedia, Jakarta.

Yamit, Zulian, 2002, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.

Yazid, 1999, Pemasaran Jasa Konsep dan Implementasi, Cetakan Pertama, Penerbit Ekonisia Fak. Ekonomi MI, Yogyakarta.

Zeithami, Valarei A., Mary jo Bitner, 2004, Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The fim, 3 rd Ed., Mc Graw Hill, New York.




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v8i2.1129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BALANCE : JURNAL ILMU EKONOMI



View My Stats

Flag Counter