Peer Review Process
Peer Review Process
Manuskrip yang dikirimkan ke IQRA: Jurnal Pendidikan Islam dievaluasi terlebih dahulu oleh editor berdasarkan kriteria awal jurnal, yaitu kesesuaian dengan fokus dan ruang lingkup jurnal, orisinalitas naskah, tingkat kesamaan melalui pemeriksaan Turnitin, serta kesesuaian dengan pedoman penulisan dan gaya bahasa ilmiah.
Semua manuskrip yang telah melewati penilaian awal oleh editor akan dikirimkan kepada sedikitnya dua orang reviewer anonim untuk ditelaah menggunakan sistem double-blind review, di mana identitas penulis dan reviewer dirahasiakan. Para reviewer dipilih berdasarkan bidang keahlian dan kesesuaian tema penelitian, serta memastikan tidak terdapat konflik kepentingan.
Reviewer menilai manuskrip dari aspek kontribusi ilmiah, orisinalitas, relevansi terhadap bidang pendidikan Islam, serta kejelasan penyajian. Mereka akan memberikan rekomendasi kepada editor berupa keputusan: diterima tanpa revisi, revisi minor, revisi mayor, atau ditolak. Apabila terdapat perbedaan signifikan antara hasil review, editor dapat menunjuk reviewer tambahan untuk memperoleh pertimbangan lebih lanjut sebelum membuat keputusan akhir.
Editor-in-Chief mempertimbangkan seluruh hasil review sebelum menetapkan keputusan akhir. Penulis kemudian akan menerima pemberitahuan keputusan melalui email, beserta komentar reviewer untuk perbaikan naskah. Reviewer juga akan diberitahu mengenai hasil akhir dari proses penilaian mereka.
Apabila manuskrip diterima, naskah akan dilanjutkan ke tahap penyuntingan bahasa (copy-editing) dan tata letak (layouting). Jika manuskrip memerlukan revisi, penulis diminta memperbaiki naskah sesuai masukan reviewer dan mengirimkannya kembali melalui sistem. Manuskrip yang telah direvisi akan diperiksa ulang oleh reviewer atau editor penanggung jawab sebelum dinyatakan diterima untuk diterbitkan.
Semua artikel yang diterima akan dipublikasikan secara daring dan dapat diakses bebas dalam format PDF melalui laman jurnal IQRA: Jurnal Pendidikan Islam.