PERANAN METODE SIMULASI DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH AL-WASI BONTOA KABUPATEN MAROS

Mumtahanah Mumtahanah, Yulianti Yulianti, Muhammad Warif

Abstract


 

ABSTRAK

Dalam konteks pembelajaran, metode simulasi adalah suatu metode penyajian materi pelajaran yang dilakukan dengan cara merekayasa situasi lingkungan pembelajaran dan mendorong siswa untuk berperilaku menirukan peristiwa tertentu seperti halnya yang terjadi dalam dunia kehidupan nyata. Hal ini berkaitan dengan motivasi sebab motivasi merupakan daya dorong yang menjadikan siswa memiliki keinginan untuk belajar, sehingga siswa aktif dalam kegiatan belajar.  Penelitian ini termasuk dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini yaitu : 1. Motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-Wasi Bontoa dapat dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi diantaranya : Adanya kebutuhan, Adanya kemajuan pada diri siswa dan Adanya aspirasi atau cita-cita. 2 Pelaksanaan metode simulasi di Madrasah Aliyah Al-Wasi Bontoa dapat dilihat dari langkah-langkah dalam pelaksanaan simulasi, yang terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan dan tahap penutup. 3. Peranan metode simulasi dalam memotivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-Wasi Bontoa yaitu : Simulasi dapat dijadikan sebagai bekal bagi siswa dalam menghadapi situasi yang sebenarnya kelak; mengembangkan kreativitas siswa; memainkan peranan; memupuk keberanian dan percaya diri siswa; Pengetahuan, sikap, dan keterampilan; meningkatkan gairah siswa dalam proses pembelajaran


Keywords


Kata Kunci: Motivasi Belajar, Akidah Akhlak

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. 2007 Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Bandung: Rajawali Pers.

Interaksi dan Motivasi belajar mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru, Jakarta: Rajawali Pers.

Interaksi & Motivasi Belajar mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Edisi.1, Cet. 22; Jakarta: Rajawali Pers.

A.R, Zahruddin dan Hasanudin Sinaga, 2004. Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. 2005. Strategi belajar mengajar, Bandung: Pustaka Setia.

Ahmadi, Abu. 2005. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka setia.

Ali, Mohammad. 2003. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa

Guru Dalam Proses belajar Mengajar, Cet. Ke-7; Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ali, Muhammad Daud. 2000. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aliwar. 2008. Media Pembelajaran, Cv.Shadra.

Anitah, Sri. 2007. Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian, Cet. Ke 5; Jakarta: Rineka Cipta.

B. Uno, Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara.

Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif, Edisi. 1, Cet. 10; Jakarta Bumi Aksara.

Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral, Jakarta: Asdi Mahasatya.

Djali. 2013. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S.B, dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar-Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta ; PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. dan Aswan Zein. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Dzajuli. 1982. Akhlak Dasar Islam, Malang: Tunggal Murni.

Erlina, Eka Yuni. 2012. Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kebak, Skripsi, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Faturrohman, Pupuh. & M. Sobry Ssutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islam, Bandung: Refika Aditama.

Hadi, Sutrisno. 1981. Metodologi Research: Untuk Penulisan Paper, Skripsi, Thesis dan Desertasi, Yogyakarta: Yayasan penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Madha, Jilid I, Cet XI.

Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ihsan, Hamdani. A. Fuad Ihsan. 2007. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Ilyas, Yunahar. 2007. Kuliah Akhlak, Cet IX; Yogyakarta: LPPI.

Kementerian Agama Republik Indonesia, 2018. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pelatihan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Koentjaraningrat. 1983. Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia.

Majid, Abdul. dan Dian Andayani. 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep Implementasi Kurikulum 2004), Bandung: Remaja Rosda Karya.

Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. Ke 2; Jakarta: Rineka Cipta.

Nasih, Ahmad Munjin. dan Lilik Nur Kholidah. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Cet. Ke 1; Bandung: Refika Aditama.

Nawawi, Hadari. 1993. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurochim. 2013. Perencanaan Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial, Cet. Ke-1; Jakarta: Rajawali Pers.

Redaksi Tujuan Pendidikan nasional pada Undang-Undang Sistem pendidikan nasional Th. 2003. Jakarta: Sinar Grafika 2005. Cet. II

Roestiyah. 2001. Stategi belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran, Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Cet. IX; Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar, Edisi. 1, Cet. 2; Jakarta: Rajawali Pers.

Sumantri, Mulyani. dan Johar Permana. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Departemen Pendidikan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Syaefudin,Udin, Syamsuddin,Abin, 2005. Perencanaan Pendidikan Pendekatan Komprehensif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taniredja, Tukiran. Dkk. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif, Bandung: Alfabeta.

Tim Perumus Cipayung, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Pengelolaan Kurikulum Berbasis Madrasah (Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Untuk Madrasah Tsanawiyah), Departemen Agama RI.

Umar, Bukhari. 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah.

Usman, Moh Uzer. 2007. Menjadi Guru Professional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel. 2005. Psikologi Pengajaran. Jogjakarta: Media Tama.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam model pembelajaran, Cet. I; Jakarta: Referensi GP Press Grup.

Yunus, Mahmud. 1972. Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: PT Hidakarya Agung.

Zainuddin, dkk. 1991. Seluk Beluk Pendidikan al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.