TRI PUSAT PENDIDIKAN SEBAGAI LEMBAGA PENGEMBANGAN TEORI PEMBELAJARAN (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)

Wahdaniya Wahdaniya

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tri pusat pendidikan (rumah, sekolah dan masyarakat) sebagai lembaga pengembangan teori pembelajaran dalam perspektif pendidikan Islam.. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka (library research). Data yang terkumpul diperoleh dari studi kepustakaan (library research) berupa jurnal, buku/literatur yang relevan dengan tulisan ini. Adapun bahan pustaka yang mempunyai kekuatan mengikat yang mendasari kajian dalam tulisan ini yaitu al-Qur`an dan terjemahnya serta hadits. (1). Keluarga adalah institusi pertama yang memberikan pondasi primer bagi perkembangan peserta didik dan orang tua merupakan penanggung jawab utama terhadap pendidikan dalam keluarga. Melalui interaksi dalam keluarga peserta didik memperoleh pengetahuan, keterampilan, sikap, kebiasaan, nilai-nilai dan emosi. (2). Ajang pendidikan kedua setelah keluarga adalah sekolah dan yang berperan dalam memberikan pendidikan untuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani peserta didik adalah guru. (3). Masyarakat besar pengaruhnya dalam memberi arah terhadap pendidikan anak terutama para pemimpin masyarakat/tokoh masyarakat. Keadaaan masyarakat dalam berbagai corak dan bentuknya akan berpengaruh, baik langsung maupun tidak langsung terhadap pendidkan peserta didik. Keterlibatan tri pusat pendidikan dalam proses pendidikan mesti terselenggara secara terpadu dan integral, sehingga masing-masing dari setiap unsur pendidikan itu saling melengkapi dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Keywords


Tri Pusat pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman An Nahlawi. (1995). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Cet. 1, Gema Insani Press, Jakarta.

Alifia Mutsla Fakhruddin, Annisa, Lesi Oktiani Putri, Putri Rizqi Aura Tanzilla Sudirman. (2023). Kompetensi Seorang Guru dalam Mengajar, Journal on Education 5 (2).

Azizah Tulfauziah, Latifah Salsabila, Rani Sugiarti, Suci Amalia4 ,Wismanto. (2024). Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak, Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(2), 46-53.

Abdul Haris, Mokh. Fakhruddin Siswopranoto, (2022), Hakikat Pendidik Dalam Pendidikan Islam, Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 4 (1).

Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir. (2008). Ilmu Pendidikan Islam (Cet. II; Jakarta: Kencana

Abdul Kadir, dkk. (2014). Dasar-Dasar Pendidikan, Ed. 1, Cet.2, KENCANA, Jakarta.

Ahdar Djamaluuddin, Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran, Cet.1, Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

Abu Abdillah Muhammad Ibn Ismaail al Bukhary al July, Shahih Bukhariy, 1992.

Bunyamin. (2021). Belajar Dan Pembelajaran, UHAMKA PRESS: Jakarta.

Besse Tantri Eka SB & Muhammad Hasan Baidlawie. (2018). Pendidik Dalam Perspektif Pendidikan Islam, AL-IKHTIBAR (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5 (2).

Departemen Agama RI. (2005). Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: PT. Syaamil Cipta Mulia.

Donny Prasetyo. Irwansyah. (2020). Irwansyah Memahami Masyarakat dan Persfektifnya, Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1 (1).

Firman Ali. (2023). Representasi Al Qur’an Surah Al-Imran: 104 “Analisis atas Nilai Amar Ma’ruf Nahi Munkar dalam Konten Video Tiktok (VT) Dakwah Muezza, Alif Lam: Journal of Islamic Studies and Humanities, 3 (2).

Ibnu Qayyim Al Jauziyah, (2009). Tuntunan Rasulullah Dalam Mengasuh Anak. Terj. Nabhani Idris, Judul Asli, Tuhfatul Maudud Bi Ahkamil Maulud, Jakarta: Studia Pres.

Idris. (2017). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Lembaga Pengembangan Teori Pembelajaran, At Ta’lim, 16 (1).

Khoiriah, Fitri Alrasi (2023). Tanggung Jawab Pendidikan Anak Dalam Perspektif Islam Responsibility Of Child Education In Islamic Perspective, Jurnal Media Ilmu, 1 (2).

Irma Sulistiani, Nursiwi Nugraheni. (2023). Makna Guru Sebagai Peranan Penting Dalam Dunia Pendidikan, Jurnal Citra Pendidikan, 3 (3).

Munawir, Putriana Salsabillah, (2024). Riysdatur Rosyidah, Membentuk Akhlak Di Era Revolusi Industri 4.0 Dengan Peran Pendidikan Agama Islam, AL-QALAM : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16 (1).

Muhammad Alqadri Burga. ((2019). Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik, Jurnal Al Musannif, 1 (1).

Nurul Aini dkk. (2024). Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Anak, JMPAI: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2 (5).

Raudatus Syaadah dkk (2022), Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal, Pema: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2 (2).

R. Nurhayati, Al Amin, Laeli Qadrianti, Nurul Islamiah, Nuriya Ramadani, Nuraeni, Wahdania (2024), Pembentukan Kecerdasan Emosional Melalui Pendekatan Sa`Adah MutawazinahDi Sekolah, AL-QALAM: Jurnal Kajian Islam DanPendidikan 16 (1).

Sitti Musdah Mulia (2011). Membangun Surga di Bumi, Kiat-Kiat Membina keluarga Ideal Dalam Islam, Jakarta, IKAPI.

Siswanto. (2013). Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, IKAPI, 2013

Sadulloh, Uyoh. (2010). Pedagogik (Ilmu Mendidik), Cet. I; Bandung, Alfabeta.

Umar, Bukhari. (2010). Ilmu Pendidikan Islam Cet. I, Jakarta, AMZAH.

Umiyati Jabri, Wahyuddin Naro, Yuspiani. (2023). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik, Jornal Of Education, Psychology and Counseling, 5 (1).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Bab Guru dan Dosen https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/UU/UuU_2005 14pdf_

Wahdaniya. (2021). Tanggung Jawab Pendidik Dalam Pendidikan Islam, Journal Unismuh, Al Urwatul Wutsqa, Kajian Pendidikan Islam 1 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.