Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa Pindahan: Studi Deskriptif di Sekolah Menengah

Nuridilah Sidra, Sumiati Sumiati

Abstract


Akhlak dalam kehidupan manusia menempati peran penting baik secara individu maupun sebagai anggota masyarakat, terutama untuk anak-anak. Etika adalah teori tentang perbuatan manusia yang dinilai berdasarkan baik dan buruknya, yang merupakan inti sari atau sifat dasar manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana penelitian ini berupaya mendeskripsikan permasalahan akhlak siswa di lingkungan sekolah. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berupaya membina akhlak siswa pindahan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Permasalahan akhlak siswa pindahan di sekolah meliputi sering berkelahi, membolos sekolah, dan merokok di lingkungan sekolah. Upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa pindahan meliputi penanaman nilai-nilai agama, pemberian nasihat, serta peringatan dan hukuman kepada siswa yang melakukan perbuatan tercela. Faktor pendukung dalam membina akhlak siswa pindahan mencakup adanya sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan keagamaan. Sebaliknya, faktor penghambatnya adalah peran orang tua yang kurang mendukung dan kurang perhatian terhadap anak dalam keluarga, lingkungan pergaulan siswa yang kurang baik, serta kurangnya kemauan siswa untuk mengubah akhlaknya sendiri

Keywords


Guru PAI, Membina Akhlak Siswa, Etika Siswa, Siswa Pindahan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Mudhor. 1993. Etika dalam islam. Mataram: Al-ikhlas.

Aisyah, N. (2021). Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi krisis akhlak siswa di Madrasah Aliyah Swasta Darur Rachmad Kota Sibolga Kecamatan Sibolga Sambas (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Asimah, N. (2019). Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi siswa yang menunjukkan gejala pasif dalam pembelajaran di kelas X Teknik Sepeda Motor (TSM) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PAB 6 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Firliana, F. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Pindahan Di SMP Muhammadiyah 2 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, IAIN Curup).

Fitrah, N. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta didik melalui Pembiasaan Budaya Mappatabe’di SMAN 10 Sidrap (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

ISMAWATI, I. (2022). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 PALOPO (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo).

Khodijah, Nyayu. 2016. Kinerja guru madrasah dan guru pendidikan agama Islam pasca sertifikasi di Sumatera Selatan. Cakrawala Pendidikan 1.

Lexy j Moleong. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhtadi, R., Luthfi, F., Rukmana, A. Y., Hamilunniám, M., Nugroho, L., & Sunjoto, A. R. (2023). MENELUSURI JEJAK SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM.

Prastya, W. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Di Sma Negeri 1 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Pujiati, I. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

RAHMAWATI, D. F. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlaq Siswa Kelas V Di Sd Negeri Jomblang 1 Desa Tegaltirto Berbah Sleman.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. hlm. 305.

Wahyuddin, W., Itang, I., Jasri, J., Abidin, Z., Qurtubi, A. N., Zulfa, M., ... & Mustika, M. (2023). Kaidah Fiqih Ekonomi Syariah. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Zakiah Daradjat. 2000. Ilmu Jiwa Agama. Bandung : Bulan Bintang, hlm. 107


Refbacks

  • There are currently no refbacks.