Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Munirah Munirah, A. Amiruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan metode inkuiri dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran. Untuk mencapai pembelajaran yang optimal dan tujuan pendidikan, terdapat berbagai metode yang dapat digunakan, salah satunya adalah metode inkuiri. Metode inkuiri dalam pembelajaran pendidikan agama Islam menekankan proses berpikir mendalam, logis, dan analitis untuk mencari serta mendapatkan jawaban atas masalah yang dihadapi. Dalam metode inkuiri, guru tidak menyajikan materi dalam bentuk final, melainkan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri melalui pemecahan masalah. Guru berperan lebih sebagai pembimbing dan fasilitator, sementara peserta didik aktif melakukan kegiatan sendiri untuk memecahkan permasalahan dengan bimbingan guru. Metode ini dapat dilakukan secara kelompok atau klasikal, baik di dalam maupun di luar kelas. Metode lain yang sering digunakan dalam kegiatan ini termasuk diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. Langkah-langkah dalam metode pembelajaran inkuiri meliputi merumuskan masalah, mengkaji masalah, menemukan jawaban, dan merumuskan kesimpulan. Meskipun metode inkuiri dalam pembelajaran pendidikan agama Islam memiliki banyak kelebihan, ia juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan.


Keywords


Metode Inkuiri, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. Kadir. (2013) Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif, Ed.1; Makassar: C.V. Indobis.

Arifin, Muzayyin. (2015). Filsafat Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Ed, Revisi, Cet.II; PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Bambang Sudaryana, D. E. A., Ak, M., Agusiady, H. R., & SE, M. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Deepublish.

Budiman, A. (2017). Penerapan Metode Kontekstual Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerapan Metode Kontekstual Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 1(1), 15-24.

Hamalik, Oemar. (2012). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA, Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.

Hermawati, K. A. (2021). Implementasi model inkuiri dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti: Analisis pada materi pembelajaran toleransi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 56-72.

Melong, J. Lexy. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya.

Mutoi, M., & Dwistia, H. (2023). Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 159-171.

Rostiyah. (2014). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sagala, Saiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfa Beta.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Slameto. (2014). Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit (SKS), Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.