Pendekatan Islam terhadap Manager

Muhammad Hamsan Wadi, Sumiati Sumiati, Ratna M.

Abstract


Manajemen adalah unsur kunci dalam keberhasilan setiap organisasi, baik itu di sektor bisnis, pemerintahan, atau lembaga non-profit. Dalam mengelola sumber daya dan mencapai tujuan, pendekatan yang diambil oleh para manajer dapat memengaruhi tidak hanya kinerja organisasi tetapi juga dampaknya terhadap masyarakat dan lingkungan. Dalam kerangka ini, pendekatan Islam terhadap manajemen muncul sebagai suatu perspektif yang unik dan integral, menawarkan prinsip-prinsip etis dan pandangan holistik terhadap tata kelola. Islam sebagai agama dan sistem kehidupan menyajikan seperangkat nilai, etika, dan pedoman yang dapat membentuk cara kita mengelola dan memimpin. Dalam memahami pendekatan Islam terhadap manajemen, tidak hanya sekadar melibatkan aspek-aspek teknis dan praktis, tetapi juga melibatkan dimensi spiritual, moral, dan keadilan. Dalam konteks global yang terus berubah, manajer yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pengambilan keputusan dan praktik manajerialnya dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan berkelanjutan, keadilan sosial, dan kesejahteraan umum. Oleh karena itu, eksplorasi mendalam terhadap pendekatan Islam terhadap manajemen menjadi penting, bukan hanya sebagai sarana untuk memahami praktik manajerial yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, tetapi juga sebagai pandangan yang dapat membentuk wawasan dan etos kepemimpinan di era kontemporer ini. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode studi kepustakaan atau literatur review. Melalui pembahasan terdahulu, dapat disimpulkan bahwa manajer dalam pandangan Islam diharapkan untuk memimpin dengan integritas, keadilan, dan perhatian terhadap kesejahteraan semua pihak terkait. Dengan memahami dan mengadopsi nilai-nilai Islam, manajer dapat mencapai kesuksesan yang tidak hanya dalam konteks bisnis tetapi juga dalam konteks Pendidikan, kesejahteraan masyarakat dan lingkungan.


Keywords


Pendekatan Islam, Manajer, Manajemen Islam

Full Text:

PDF

References


Abbas, A. (2019). The Role of Islamic Marketing Ethics Towards Customer Satisfaction. Journal of Islamic Marketing.

Abdullah, A. A. (2010). Islamic Business Ethics. Journal of Business Ethics, 91(1), 91-101.

Al-Qaradhawi, Y. (2003). The Lawful and the Prohibited in Islam. American Trust Publications.

Azhar, A., Rusli, R., & Sumiati, S. (2023). PENDEKATAN ISLAM TERHADAP MANAGER. TARBIYATUL ILMU: Jurnal Kajian Pendidikan, 1(2), 60-71.

Basyariah, N., Asmadia, T., Apriantoro, M. S., Ilyas, F., Agusti, N., Febriyanti, N., Jasri, Athief, F. H. N., Kholishudin, Rahmat, F., Pratiwi, A., & Asra. (2023). Mengapa Harus Ekonomi Syariah? AZ-ZAHRA MEDIA SOCIETY.

Chapra, M. U. (2000). The Future of Economics: An Islamic Perspective. The Islamic Foundation.

Dian Dan Anisa Wahyuni. “Manajemen Mutu Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Idaarah 3, no. 2 (2019): 260.

El-Ashker, A. A. (2003). Islamic banking: A study in social economics. The Islamic Foundation.

Hastharita, R., & Jasri, J. (2024). Facebook dan Etika Digital: Pendekatan Hukum Islam terhadap Batasan Konten Media Sosial. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 1(4), 672-677.

Islami, N. (2022). IMPLIKASI YURIDIS KREDIT MACET DEBITUR TERHADAP LEAD MANAGER KREDIT SINDIKASI. Journal of Syntax Literate, 7(6).

Jasri, J., Istiqamah, N., & Rufaida, E. R. (2024). RICE WAGE SYSTEM IN THE RICE MILLING PROCESS: PERSPECTIVE OF SHARIA CONTRACT PRINCIPLES. istinbath, 23(1), 107-123.

Khan, M. A. (1999). Managerial skills and the role of manager in Islamic perspective. Intellectual Discourse, 7(2), 141-161.

Rosly, S. A. (2005). Critical issues on Islamic banking and financial markets: Islamic economics, banking and finance, investments, Takaful and financial planning. Dinamas Publishing.

Setiawan, Z., Rukmana, A. Y., Ariasih, M. P., Nurapriyanti, T., Suryaningrum, D. A., Ambulani, N., ... & Simanjuntak, E. R. (2023). Buku Ajar Digital Marketing. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wahyuddin, W., Itang, I., Jasri, J., Abidin, Z., Qurtubi, A. N., Zulfa, M., ... & Mustika, M. (2023). Kaidah Fiqih Ekonomi Syariah. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.