Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam

Ratna M., Sumiati Sumiati

Abstract


Tujuan penelitian penelitian prinsip-prinsip manajemen pendidikan Islam adalah untuk mengetahui asas/dasar ataupun kaidah yang merupakan pernyataan atau kebenaran fundamental yang dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan tugas memimpin suatu usaha kerjasama, untuk mencapai suatu keseimbangan yang setinggi-tingginya dalam proses pencapaian tujuan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian. Hasil penelitian Prin sip-prinsip dasar dari management pendidikan Islam kurang lebihnya ada lima prinsip yakni, ikhlas, jujur, amanah, adil, dan tanggunjawab. Yang apabila setidaknya dari kelima prinsip tersebut dapat dimiliki oleh seluruh anggota masyarakat yang ada disekolah terutama oleh pimpinan sekolah, maka kualitas perkembangan dari sekolah atau lemabag pendidikan tersebut akan berkembang dengan baik

Keywords


Prinsip-Prinsip, Manajemen, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Abuddinnata, 2003. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT Raja Grafindo

Ahyani, H., Abduloh, A. Y., & Tobroni, T. (2021). Prinsip-prinsip dasar manajemen pendidikan islam dalam Al-Qur’an. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 37-46.

Fakhruddin, A. (2011). Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam dalam Konteks Persekolahan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 9(2), 199-212.

Ferdinan, F., & Nurhayati, N. (2019). Evaluasi Program Mutu Pelaksanaan Pembelajaran pada Tahapan Transactions (Suatu Pendekatan Model Stake’s Countenance Evaluation). TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(01), 1-19.

Fikri, M., & Ferdinan, F. (2017). Peranan Manajemen Boarding school Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 43-52.

Fitria, N. (2023). Kajian Prinsip Dasar Manajemen Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6116-6124.

Fitria, N. (2023). Kajian Prinsip Dasar Manajemen Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6116-6124.

Langgulung, Hasan. 2000. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Al-Husna Zikra.

Muchtar, M. I., Mujahidah, M., Arifin, F. R., Abdullah, M., Yasin, M., Nurhidaya, M., ... & Amirah, A. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: Teori dan Panduan Komprehensif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Mustamin, S. W., Hasanuddin, H., Mansyur, F., Jasri, J., Abdillah, S., & Adi, R. (2022). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif bagi Ibu Rumah Tangga Kompleks Berbasis Syariah di Desa Taeng Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KULIAH KERJA NYATA MUHAMMADIYAHA’ASYIYAH, 1 (1), 92–96.

Rama, A., Giatman, M., Maksum, H., & Dermawan, A. 2023. Konsep Fungsi dan Prinsip Manajemen Pendidikan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8 (2), 130. Diakses pada rabu13 desember 2023. Pukul 13:00.

Ramayulis. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Suwatah, S. (2017). Prinsip-prinsip manajemen Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 1-12.

Wahib, N. (2018). Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam. Risda: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 2(1), 26-38.

Yunus. Abu Bakar Dja’far. 2022. Manajemen Pendidikan Islam. Makassar. CV. Aduna Abimata.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.