Sejarah Perkembangan Kaidah Fiqhi

Nurfajriyah Dzulhaj, Rahman Rahman, Rahmi Dewanti Palangkey, M. Ilham Muchtar

Abstract


Tujuan Tulisan ini menyajikan tentang sejarah perkembangan kaidah fiqh dari berbagai periode dan tahapan- tahapannya. Metodologi atau pendekatan yang digunakan dalam tulisan ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan/atau mengekplorasi beberapa Jurnal, buku, dan dokumen-dokumen (baik yang berbentuk cetak maupun elektronik) serta sumber-sumber data dan atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian. Temuan dalam kajian ini adalah pada sejarah perkembangan kaidah fiqh berkembang dari berbagai periode dan tahapan- tahapannya. Terdapat tiga tahapan; pertama, periode tumbuh dan pembentukan kaidah fiqh. Kedua, periode periode perkembangan dan penulisan. Ketiga, periode pemantapan dan sistematisasi kaidah fiqh. Selain pengetahuan tentang ilmu fiqh, pengetahuan sejarah ilmu fiqh juga menjadi hal yang sangat penting diketahui mengingat ilmu fiqh sebagai ilmu yang menjadi salah satui kebutuhan manusia itu sendiri

Keywords


Sejarah Fiqh, Perkembangan Kaidah Fiqhi, Evolusi Hukum Islam

Full Text:

PDF

References


al-Burnu, Muhammad Sidqi bin Ahmad bin Muhammad, al-Wajiz Fi Idhah Qawaid al-Fiqh al-Kulliyah. (Beirut: Muasasah al-Risalah, 1996).

al-Khadimiy, Nuruddin Mukhtar, al-Muyassar fi 'Ilmi al-Qawaid al-Fiqiyah. (Tunisia: Yayasan Ibnu 'Asyur, 2007).

al-Nadwiy, Ali Ahmad, al-Qawaid al-Fiqhiyah: Mafhumuha, Nasyatuha, Tatawwuruha. (Damaskus: Dar al-Qalam, 1994).

al-Ruki, Muhammad, Nazhariyah al-Taq'id al-Fiqiy. (Beirut: Dar Shafa, 2000).

al-Sadzali, Hasan Ali, al-Madkal li al-fiqh al-Islami: Tarikh alTasyri' al-Islami. (Kairo: Jamia'a al-Azhar, 1980).

al-Zuhaili, Muhammad Mustafa, al-Qawaid al-Fiqiyah wa tathbiquha fi al-Mazahib al-Arba'ah (Damaskus: Dar al-Fikri, 2006).

Kamil, Umar Abdullah, al-Qawaid al-Kulliah al-Kubra Wa Atsruha fi al-Muamalat al-Maliyah. (Disertasi Doktor, Universitas al-Azhar, tanpa tahun).

Wahyuddin, Wawan, et al. Kaidah Fiqih Ekonomi Syariah. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.