Pengaruh Tokoh Pembaharu Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam

Wahdaniya Wahdaniya, Sumiati Sumiati, Sandi Pratama

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengaruh tokoh pembaharu terhadap perkembangan pendidikan Islam di Arab Saudi. Pendidikan Islam di Arab Saudi setelah memerdekakan diri dari kerajaan Turki Usmani sekitar abad ke-20 mengalami kemajuan. Perkembangan pendidikan Islam di Saudi Arabia berkaitan erat dengan gerakan pembaruan di Saudi Arabia yang dipelopori oleh beberapa tokoh di antaranya: Ibnu Taimiyah, Muhammad Ibn Abd Al Wahab dan dilanjutkan oleh Faisal Ibn Abd. Al Azis. Adapun fokus kajian dalam tulisan ini adalah bagaimana perkembangan pendidikan Islam di Arab Saudi setelah jatuhnya Turki Usmani, bagaimana sistem pendidikan Islam di Arab Saudi dan bagaimana pengaruh tokoh pembaharu terhadap pendidikan Islam di Arab Saudi. Studi ini menemukan bahwa perkembangan dan kemajuan yang dicapai oleh negara Arab saudi berkaitan dengan gagasan tiga orang tokoh yang pemikirannya tentang pendidikan dibangun berdasarkan keterangan yang terdapat dalam al-Qur’an dan al-Sunnah melalui pemahaman yang mendalam, jernih dan energik. Pemikirannya itu merupakan respons terhadap berbagai masalah yang dihadapi masyarakat Islam pada saat itu yang menuntut pemecahan secara strata melalui jalur pendidikan


Keywords


Gerakan Pambaharuan, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Arief, Arman. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik, Bandung: Angkasa, 2004.

Lapidus, Ira. M. Sejarah Sosial Ummat Islam, Diterjemahkan dari Buku Aslinya A History Of Islamic Societies oleh Ghufron A. Mas’adi Ed.I, Cet.I; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1999.

Mufrodi. Ali. Islam di Kawasan Kebudayaan Arab, Surabaya: 1996.

Nizar, Samsul. Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia,Jakarta: Prenada Media Grup, 2009.

Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: 1998.

Pasha, Mustafa Kamal. dan Ahmad Adaby Darban. Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam, Yogyakarta: 2009.

RI, Departemen Agama. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Syaamil Cipta Media, 2004.

Ramayulis. Sejarah Pendidikan Islam Jakarta: Kalam Mulia, 2011.

Suwito dan Fauzan. Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Ed. I, Cet. I; Jakarta: Kencana, 2005.

Thohir, Ajid. Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam, Melacak Akar Sejarah, Sosial, Polotik, dan Budaya Umat Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Yatim, Badri. Sejarah Sosial Keagamaan Tanah Suci, Hijaz (Mekkah dan Madinah), Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Zuhairini, dkk. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Blog, UIN-Malang.ac.id/files/2011/06/BAB I docx

Sumber: http://www.pks-arabsaudi.org/pip/?pilih=lihat&id=192.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.