Pengaruh Desain Alur Pembelajaran ADLX (Active Deep Learner Experience), Kompetensi Guru dan Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa di SDIT Ikhtiar Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Desain pembelajaran ADLX ( Active Deep Learner Experence), Kompetensi Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Karakter.penelitian ini dilakukan di Sekolah Islam Terpadu Ikhtiar Makassar, menggunakan metode survey dengan teknk korelasional. Uji coba dianalisis dengan menggunakan uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan Uji reabilitas menggunakan test Alpha Cronbach. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu normalitas dengan rumus Kolmogorov Smirnov dan uji linearitas regresi. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji korlasi sederhana, korelasi berganda serta teknik regresi yang terdiri dari regresi linear dan ganda. Dalam penelitian ini, Siswa sejumlah 100 orang dan guru 30 orang sample yang dipilih. Hasil Penelitian menemukan bahwa 1) Desain pembelajaran ADLX memiliki pengaruh yang positif artinya setiap terjadi peningkatan nilai desain pembelajaran ADLX maka akan memberikan peningkatan pula pada karakter siswa sebesar , 2) Kompetensi guru memiliki pengaruh yang positif artinya setiap terjadi peningkatan nilai kompetensi guru maka akan memberikan peningkatan pula pada karakter siswa sebesar , 3) Menunjukkan bahwa budaya sekolah memiliki pengaruh yang positif artinya setiap terjadi peningkatan nilai budaya sekolah maka akan memberikan peningkatan pula pada karakter siswa sebesar , 4) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama (simultan) antara desain pembelajaran ADLX, kompetensi guru dan budaya sekolah terhadap karakter siswa dimana Fhitung sebesar 27,373 dengan F0,5;97;3 atau disebut dengan Ftabel sebesar 2,700 sehingga diperoleh Fhitung > Ftabel .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al-Karim dan Terjemahnya
Hadits, Syarah Hadits Arbain Imam Annawawi
Bahgat, Mohamed M., 2018, FIRST Framework. 5 Domains, 15 Principles, SeGa Group LLC,
Kamus Besar Bahasa Indonesia, KBBI Daring https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013, Bahan Ajar Training Of Trainer (TOT) Implementasi Kurikulum 2013. Pendekatan Strategi Pembelajaran SD/SMP/SMA/SMK, Jakarta: Kemendikbud,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016, Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016, Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Dasar dan Menengah, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no 22 tahun 2020 , Jakarta: Kemendikbud
Kementrian Pendidikan Nasional, Desain Induk Pendidikan Karakter 2010—2025
Maryama, Eva, 2016, Pengembangan Budaya Sekolah, Tarbawi, Vol. 2 No. 2
Muhab, Sukro., et al. 2017, Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu, Jakarta: JSIT Indonesia
Mustofo, 2017, Budaya Sekolah Islam (BUSI) Studi Kasus di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11 Nomor 2.
Nashih Ulwan, Abdullah, 2018, Pendidikan anak dalam Islam, Sukoharjo: Insan Kamil
Nasution, 2003, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara
Omeri,Nopan, 2015, Pentingnya Pendidikan Karakter dalam dunia Pendidikan, Manajer Pendidikan, Vol.9 No.3
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024 tertuang Profil Pelajar Pancasila
Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2018 , Nomor 37, tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Rukhyati, Evy, dan Ahmad Muflihin, 2019, Pengaruh Penerapan Kurikulum Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SDIT Permata Bunda, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.2 No.2
Rusman, 2012, Model-Model Pembelajaran, Depok : Rajawali Press
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta
Sofyan, dkk, 2018, Implementasi Pendidikan Karakter, Surabaya : Jakad Publishing
Syafaruddin, 2005, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Ciputat : Ciputat Press Jakarta
Tafsir, Ahmad, 2011, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya
Tim Pengembang Konten POP JSIT, 2020, Knowledge Book Desain Alur Pembelajaran ADLX dengan pendekatan Terpadu, Jakarta
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang guru dan dosen
Zaenab, 2017, Strategi Taktis Pendidikan Karakter, Jakarta : Rajawali Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.