Peranan Akhlaq Dalam Pembentukan Kepribadian Muslim

Munirah Munirah, Andi Amiruddin, Mumtahanah Mumtahanah

Abstract


Akhlak adalah salah satu materi pendidikan Islam menempati kedudukan yang sangat penting, baik sebagai materi pendidikan Islam, yang memberi nilai-nilai kepribadian, maupun sebagai materi pendidikan Islam yang menjiwai materi-materi lain. Pentingnya kedudukan akhlak yang menjadi bagian dari ajaran Islam, juga menjadi inti materi pendidikan Islam. Dengan demikian, akhlak sebagai materi pendidikan Islam pada perinsipnya mempunyai peranan penting dalam usaha pencapaian tujuan pendidikan Islam.

Akhlak sebagai materi pendidikan Islam yang menjiwai materi lain, karena itu akhlak sebagai salah satu unsur materi pendidikan Islam akan memberikan arah kepada materi tersebut supaya tidak terlepas dari unsur pendidikan. Pengintegrasian akhlak dalam materi pendidikan Islam akan menimbulkan kesatuan pandangan anak didik, terhadap pengetahuan yang menjadi materi pendidikan Islam. Salah satu usaha mengintegrasikan akhlak kedalam materi pendidikan lain itu adalah islamisasi pengetahuan. Akhlak sebagai salah satu bagian dari ajaran Islam yang menjadi materi pendidikan Islam itu, mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembentukan kepribadian muslim. Akhlak mempunyai pengaruh terhadap keimanan seseorang yang merupakan salah satu wujud dalam kehidupan seseorang.


Keywords


Peranan akhlak, Dalam Pembentukan, Kepribadian muslim

Full Text:

PDF

References


Arifin, H.M. (2010). Ilmu Pendidikan Islam, Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Cet. V; Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsini. (2001). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta Rineka Cipta.

Barnadib, Imam. (2006). Filsafat Pendidikan, Yokyakarta: Andi Offset.

Budiman. M. Nasir. (2011). Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an, Cet. I; Jakarta: Madani Press.

Departemen Agama. (2015). Al-Qur”an dan Terjemahnya. Semarang: CV Asy-Syifa’.

D. Marimba Ahmad. (1989) Pengantar Filsafat Pendidikan, Cet. VIII; Bandung: Al-Ma’arif.

Fajar, A.Malik. (2006). Reorientasi Pendidikan Islam,Cet. I; Jakarta: Yayasan Pendidikan Islam Fajar Dunia.

Fauziah, Rizki, Yulia. (2019). Artikel; Pembentuk Akhlak.

Getteng, Abd. Rahman. (1997). Pendidikan Islam Dalam Pembangunan

Moral Remaja. Ujung Pandang: Yayasan Al-Ahkam.

Gazalba, Sidi. (2004). Pendidikan Umat Islam. Pendidikan Umat Islam, Cet.IV; Jakarta: Rajwali Pers.

---------. (1996). Masyarakat Islam: Pengantar Sosiologi dan Sosiografi, Jilid I Cet. I; Jakarta Bulan Bintang.

--------. (1998). Pengantar Kebudayaan Sebagai Ilmu, Cet. III; Jakarta: Pustaka Aksara.

Jalaluddin. H. (2011). Theologi Pendidikan, Cet.I; Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Langgulung, Hasan. (2005). Manusia dan Pendidikan, Suatu Analisa Psikologi Pendidikan, Cet. III; Jakarta: PT. Al-Husna Zikra.

Madjid, Nurcholish. (2006). Islam Doktrin dan Peradaban, Sebuah Telaah Kritis Tentang Masalah Keimanan Kemanusiaan dan Kemodernan. Cet. I; Jakarta: Yayasan Paramadina.

Madjid, Nurcholish. (2007). Pandangan Dunia Al-Qur’an Tentang Harapan Kepada Allah dan Seluruh Ciptaannnya, Yokyakarta: Sipress.

Mappanganro. (1998). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam, Ujung Pandang: Yayasan Al-Ahkam.

Masy’ari Anwar. (2005). Akhlak Al-Qur’an, Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Moloeng. J. Lexy. (1999). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung Rosda Karya.

Najati Utsman. (2001). Al-Qur’an dan ‘Ilm al-Nafs, Kairo: Dar al-Syuruq.

Rasyid, Daud. (2008). Islam Dalam Berbagai Dimensi, Cet. I; Jakarta: Gema Insani Press.

Said, Usman, dan Jalaluddin. (2004). Filsafat Pendidikan Islam Konsep dan Perkembangan Pemikirannya, Cet. I; Jakarta: Rajawali Pers.

‘Ulwan, Nasih, Abdullah. (2012).Tarbiyatul Aulaad Fil Islam, Penerjemah: Arif Rahman Hakim dan Abdul Halim Dengan Judul, Pendidikan Anak Dalam Islam, Solo: Insan Kamil.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.