ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DAN KUALITAS PELAYANAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PANGKEP

Hasrianti Hasrianti, Amril Amril, Sitti Zulaiha

Abstract


This research aims to be first, to measure and analyze the level of efficiency achieved by the Pangkep Regional General Hospital (RSUD). The calculation technique used in the study is to calculate the efficiency ratio Regional General Hospital (RSUD) Pangkep. Second, by calculating the quality of service provided by the Regional General Hospital (RSUD) Pangkep through Servqual Score by using five-dimensional variables Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy, namely by comparing the reality received with the expected patient with the five dimensions. Based on the results of the calculation and data collection of the Regional General Hospital (RSUD) budget realization report, it can be concluded that the management of Pangkep Regional General Hospital (RSUD) is not good because the efficiency level above 100% means that financial management is said to be not good. As for the quality of service provided from five dimensions based on patient responses are classified as no quality and no effective.


Full Text:

PDF

References


Afriadi,Y.2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan FasilitasTerhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5

AJC, Rhumy. Ghulam.2011. Analisis Laporan Keuangan pada PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin: Makassar.

Antari,G.Y.A.2016. Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar dalam Menilai Kinerja Keuangan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangli.JJPE.Vol. 7.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 1998. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat : Jakarta.

Edy, Sutrisno. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana: Jakarta.

Halif, A.M. 2015. Analisis Efisiensi Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Balung Tahun 2015 Melalui Pendekatan Barber-Johnson. Jurnal Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa. Vol. 1.

Harahap, Sofyan Syafri. 2008. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan.Edisi 1-10. Rajawali Pers: Jakarta.

Ibrahim, A. 2008.Teori Dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Mandar Maju: Bandung.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2012. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat: Jakarta.

Kasmir. 2008. Analsis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi satu.Cetakan Ketujuh. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lana Keller.2012. Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published.

Maith, H.A. 2013.Analisis Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan pada PT. Hanjaya Mandala SampoernaTbk. EMBA.Vol. 1.

Marsdenia.2013. Analisis Rasio Lancar RumahSakit X. Jurnal Vokasi Indonesia.Vol 1, No.2.

Nurhayati. 2015. Analisis Rasio Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. Vol. 4, No.1.

Octavia, Y.F.2016.Analisis Efisiensi Dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Lombok Barat.Jurnal valid. Vol 13

Pongoh, M. 2013. Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Bumi Resources Tbk. EMBA.Vol. 1.

Setiyaningrum, A. 2016. Service Quality Dan Kepuasan Konsumen :Studi Empiris Dan Implikasinya PadaToko Online. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 6, No.2.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta : Bandung.

Supartiningsih, S. 2017. Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Rumah Sakit :Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit.Vol. 6, No.1.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Balai Pustaka: Jakarta.

Tjiptono, F. 2012. Service Management :Mewujudkan Layanan Prima Edisi II. Andi: Yogjakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.