Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Daring Masa Kenormalan Baru Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Kediri

Veny Iswantiningtyas, Dema Yulianto, Hanggara Budi Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dan daring pada anak usia dini di masa new normal di Kabupaten Kediri. Pendekatan deskriptif analitis digunakan dalam penelitian ini. Teknik penentuan informan menggunakan teknik snowball sampling. Pengumpulan dan penggalian data menggunakan metode observasi dan wawancara pada guru dan kepala sekolah Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Klanderan II Kabupaten Kediri, serta mengkaji dokumen akademik sekolah.  Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Temuan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran tatap muka new normal masa pandemi covid-19 di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Klanderan II Kabupaten Kediri sesuai dengan protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Sisi yang lain, untuk menunjang pembelajaran tatap muka secara langsung tersebut, Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Klanderan II Kabupaten Kediri menerapkan pembelajaran daring atau belajar dari rumah dengan pelibatan orang tua anak didik yang sangat kooperatif.

Keywords


Pembelajaran Tatap Muka Terbatas; Anak Usia Dini, New Normal, Daring

Full Text:

PDF

References


Bona, M. (2021). Kemdikbudristek: 85% sekolah siap gelar pembelajaran tatap muka terbatas. https://www.beritasatu.com/nasional/829497/kemdikbudristek-85-sekolah-siap-gelar-pembelajaran-tatap-muka-terbatas

Creswell, J. W. (2015). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research [Riset Pendidikan: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif dan kuantitatif] (H. E. Soetjipto & S. M. Soetjipto (eds.)). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Đurišić, M., & Bunijevac, M. (2017). Parental involvement as a important factor for successful education. CEPS Journal, 7(3), 137–153.

Fahlena, H. (2021). Peran dan kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi covid-19. Proceeding: Islamic University of Kalimantan. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/PIUOK/article/view/4738

Fujiawati, F. S., Raharja, R. M., & Iman, A. (2020). Pemanfaatan teknologi untuk pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 120–125. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/9922

Handoyo, H. (2020). Unesco: Wabah virus corona ancam pendidikan 300 juta siswa. https://internasional.kontan.co.id/news/unesco-wabah-virus-corona-ancam-pendidikan-300-juta-siswa

Hariyani, I. T. (2020). Pengembangan pembelajaran model bdr (belajar di rumah) untuk meningkatkan inovatif dan kualitas belajar anak usia dini di masa pandemi covid-19. Jurnal Lentera Anak, 1(01), 39–52.

Hijriati, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran pendidikan anak usia dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 74–92.

Kemdikbud. (2020a). Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (COVID-19). https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Kemdikbud. (2020b). Pencegahan corona virus diseases (COVID-19) pada satuan pendidikan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan

Kompasiana, T. (2021). Pembelajaran tatap muka terbatas untuk anak usia dini. https://www.kompasiana.com/poetri75151/6180ca428777f638d757d422/pembelajaran-tatap-muka-terbatas-untuk-anak-usia-dini.

Larzelere, R., Morris, A., & Harrist, A. (2013). Authoritative parenting: Synthesizing nurturance and discipline for optimal child development. American Psychological Association.

Lisa, R. A. (2018). Analisis pembelajaran klasikal semi kelompok terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini 5-6 tahun di Tk Aisyiyah 10 Surabaya. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90–103. https://doi.org/10.30651/PEDAGOGI.V4I1.3609

Listiningrum, H., Wisetsri, W., & Boussanlegue, T. (2020). Principal’s entrepreneurship competence in improving teacher’s entrepreneurial skill in high schools. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 87–95. https://doi.org/10.52690/JSWSE.V1I1.20

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, & Menteri Dalam Negeri. (2021). Panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi coronavirus disease 2019 (covid-19). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SKB 4 MENTERI PANDUAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA.pdf

Mufaziah, E., & Fauziah, P. (2020). Kendala orang tua dalam mendidik anak usia dini pada saat pandemi covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1045–1051. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I2.746

Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muna, L. N., & Sakdiyah, E. H. (2015). Pengaruh peran ayah (fathering) terhadap determinasi diri (self determination) remaja [The influence of the father’s role on adolescent self-determination]. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 12(1), 45–50. https://doi.org/10.18860/psi.v12i1.6394

Pangastuti, R. (2001). Edutaiment Paud. Bandung: Penerbit Pustaka Pelajar.

Pratama, R., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.30870/GPI.V1I2.9405

Pratiwi, C., & Zulminiati, Z. (2021). Peran orang tua mengenalkan konsep bilangan pada pelaksanaan belajar dari rumah (BDR). Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 124–133. https://doi.org/10.17509/EDUKIDS.V18I2.36491

Prima, E. (2020). UNESCO: 850 juta siswa di 102 negara tidak sekolah karena corona. https://tekno.tempo.co/read/1321347/unesco-850-juta-siswa-di-102-negara-tidak-sekolah-karena-corona

Rahmadina, F. S., Rahmadina, F. S., & Firmiana, M. E. (2021). Bentuk dukungan orang tua pada anak usia dini (aud) selama belajar dari rumah (bdr). Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 18–25. https://doi.org/10.36722/JAUDHI.V4I1.629

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. BIODIK, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/BIO.V6I2.9759

Safitri, H. I., & Harun, H. (2020). Membiasakan pola hidup sehat dan bersih pada anak usia dini selama pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385–394. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I1.542

Shaleh, M., & Anhusadar, L. O. (2021). Kesiapan lembaga PAUD dalam pembelajaran tatap muka pada new normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I2.1139

Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., & Sahir, S. H. (2019). E-Learning: Implementasi, strategi dan inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendro, E. (2020). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/JGA.2020.53-05

United Nations. (2020). Education during COVID-19 and beyond. https://www.un.org/development/desa/dspd/wp-content/uploads/sites/22/2020/08/sg_policy_brief_covid-19_and_education_august_2020.pdf

Utomo, H. B., Iswantiningtyas, V., Raharjo, I. B., & Kurniawan, D. R. (2021). IbM strategi pembuatan alat permainan edukatif kearifan lokal berbasis teknologi informasi bagi pendidik anak usia dini. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 2(2), 36–42. https://doi.org/10.26740/ABI.V2I2.14022

Widiastita, N., & Anhusadar, L. (2020). Bermain playdough dalam meningkatkan kecerdasan visual-spasial melalui home visit di tengah pandemi covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 50–63. https://doi.org/10.37985/MURHUM.V1I2.17

Widyawati, W. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid -19. YAA BUNAYYA, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.1016/j.jack

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian perkembangan anak usia dini di taman kanak-kanak selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452–462. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS

Yasin, H. (2021). Perilaku disiplin anak pada pelaksanaan belajar dari rumah (bdr) di RA AL-AKHYAR. Tematik: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 52–61. https://doi.org/10.26858/TEMATIK.V7I1.20860

Zahra, A., Dermawan, K., Anggini, C., & Eva, N. (2021). Problematika orang tua dalam mendampingi pembelajaran daring anak selama pandemi covid-19 dan solusi pemecahannya. Prosiding Seminar Nasional Psikologi UM, 1(1), 83–97. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1923

Zulaiha, D., Lian, B., & Mulyadi, M. (2020). The effect of principal’s competence and community participation on the quality of educational services. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 45–57. https://doi.org/10.52690/JSWSE.V1I1.9




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya