Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Daring Masa Kenormalan Baru Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Kediri
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bona, M. (2021). Kemdikbudristek: 85% sekolah siap gelar pembelajaran tatap muka terbatas. https://www.beritasatu.com/nasional/829497/kemdikbudristek-85-sekolah-siap-gelar-pembelajaran-tatap-muka-terbatas
Creswell, J. W. (2015). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research [Riset Pendidikan: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif dan kuantitatif] (H. E. Soetjipto & S. M. Soetjipto (eds.)). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Đurišić, M., & Bunijevac, M. (2017). Parental involvement as a important factor for successful education. CEPS Journal, 7(3), 137–153.
Fahlena, H. (2021). Peran dan kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi covid-19. Proceeding: Islamic University of Kalimantan. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/PIUOK/article/view/4738
Fujiawati, F. S., Raharja, R. M., & Iman, A. (2020). Pemanfaatan teknologi untuk pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 120–125. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/9922
Handoyo, H. (2020). Unesco: Wabah virus corona ancam pendidikan 300 juta siswa. https://internasional.kontan.co.id/news/unesco-wabah-virus-corona-ancam-pendidikan-300-juta-siswa
Hariyani, I. T. (2020). Pengembangan pembelajaran model bdr (belajar di rumah) untuk meningkatkan inovatif dan kualitas belajar anak usia dini di masa pandemi covid-19. Jurnal Lentera Anak, 1(01), 39–52.
Hijriati, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran pendidikan anak usia dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 74–92.
Kemdikbud. (2020a). Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (COVID-19). https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Kemdikbud. (2020b). Pencegahan corona virus diseases (COVID-19) pada satuan pendidikan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan
Kompasiana, T. (2021). Pembelajaran tatap muka terbatas untuk anak usia dini. https://www.kompasiana.com/poetri75151/6180ca428777f638d757d422/pembelajaran-tatap-muka-terbatas-untuk-anak-usia-dini.
Larzelere, R., Morris, A., & Harrist, A. (2013). Authoritative parenting: Synthesizing nurturance and discipline for optimal child development. American Psychological Association.
Lisa, R. A. (2018). Analisis pembelajaran klasikal semi kelompok terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini 5-6 tahun di Tk Aisyiyah 10 Surabaya. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90–103. https://doi.org/10.30651/PEDAGOGI.V4I1.3609
Listiningrum, H., Wisetsri, W., & Boussanlegue, T. (2020). Principal’s entrepreneurship competence in improving teacher’s entrepreneurial skill in high schools. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 87–95. https://doi.org/10.52690/JSWSE.V1I1.20
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, & Menteri Dalam Negeri. (2021). Panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi coronavirus disease 2019 (covid-19). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SKB 4 MENTERI PANDUAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA.pdf
Mufaziah, E., & Fauziah, P. (2020). Kendala orang tua dalam mendidik anak usia dini pada saat pandemi covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1045–1051. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I2.746
Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muna, L. N., & Sakdiyah, E. H. (2015). Pengaruh peran ayah (fathering) terhadap determinasi diri (self determination) remaja [The influence of the father’s role on adolescent self-determination]. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 12(1), 45–50. https://doi.org/10.18860/psi.v12i1.6394
Pangastuti, R. (2001). Edutaiment Paud. Bandung: Penerbit Pustaka Pelajar.
Pratama, R., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.30870/GPI.V1I2.9405
Pratiwi, C., & Zulminiati, Z. (2021). Peran orang tua mengenalkan konsep bilangan pada pelaksanaan belajar dari rumah (BDR). Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 124–133. https://doi.org/10.17509/EDUKIDS.V18I2.36491
Prima, E. (2020). UNESCO: 850 juta siswa di 102 negara tidak sekolah karena corona. https://tekno.tempo.co/read/1321347/unesco-850-juta-siswa-di-102-negara-tidak-sekolah-karena-corona
Rahmadina, F. S., Rahmadina, F. S., & Firmiana, M. E. (2021). Bentuk dukungan orang tua pada anak usia dini (aud) selama belajar dari rumah (bdr). Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 18–25. https://doi.org/10.36722/JAUDHI.V4I1.629
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. BIODIK, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/BIO.V6I2.9759
Safitri, H. I., & Harun, H. (2020). Membiasakan pola hidup sehat dan bersih pada anak usia dini selama pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385–394. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I1.542
Shaleh, M., & Anhusadar, L. O. (2021). Kesiapan lembaga PAUD dalam pembelajaran tatap muka pada new normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I2.1139
Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., & Sahir, S. H. (2019). E-Learning: Implementasi, strategi dan inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhendro, E. (2020). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/JGA.2020.53-05
United Nations. (2020). Education during COVID-19 and beyond. https://www.un.org/development/desa/dspd/wp-content/uploads/sites/22/2020/08/sg_policy_brief_covid-19_and_education_august_2020.pdf
Utomo, H. B., Iswantiningtyas, V., Raharjo, I. B., & Kurniawan, D. R. (2021). IbM strategi pembuatan alat permainan edukatif kearifan lokal berbasis teknologi informasi bagi pendidik anak usia dini. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 2(2), 36–42. https://doi.org/10.26740/ABI.V2I2.14022
Widiastita, N., & Anhusadar, L. (2020). Bermain playdough dalam meningkatkan kecerdasan visual-spasial melalui home visit di tengah pandemi covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 50–63. https://doi.org/10.37985/MURHUM.V1I2.17
Widyawati, W. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid -19. YAA BUNAYYA, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.1016/j.jack
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian perkembangan anak usia dini di taman kanak-kanak selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452–462. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS
Yasin, H. (2021). Perilaku disiplin anak pada pelaksanaan belajar dari rumah (bdr) di RA AL-AKHYAR. Tematik: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 52–61. https://doi.org/10.26858/TEMATIK.V7I1.20860
Zahra, A., Dermawan, K., Anggini, C., & Eva, N. (2021). Problematika orang tua dalam mendampingi pembelajaran daring anak selama pandemi covid-19 dan solusi pemecahannya. Prosiding Seminar Nasional Psikologi UM, 1(1), 83–97. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1923
Zulaiha, D., Lian, B., & Mulyadi, M. (2020). The effect of principal’s competence and community participation on the quality of educational services. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 45–57. https://doi.org/10.52690/JSWSE.V1I1.9
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6372
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .