Pemanfaatan Data Pokok Pendidikan Jenjang SD Dalam Mempengaruhi Formulasi Kebijakan Pemerintah Daerah Pada Dinas Pendidikan di Kabupaten Biak Numfor
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui informasi dasar pendidikan jenjang sekolah dasar dalam mempengaruhi formulasi kebijakan pemerintah daerah pada dinas pendidikan dikabupaten biak numfor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan pengaruh formulasi kebijakan pemerintah daerah melalui dinas pendidikan.
Pemanfataan sistem data pokok atau disingkat dengan DAPODIK dan pengaruhnya terhadap kebijakan pemerintah daerah pada sektor pendidikan maka peneiliti mengamb beberapa hal yang penting dari penelitian ini seperti pemanfataan sistem aplikasi dapodik pada sekolah dalam melakukan input data pendidikan masih kurang maksimal dalam pemanfataannya. Hal ini dapat dilihat melalui kegiatan pemanfaatan DAPODIK pada sekolah dasar (SD) dikabupaten biak numfor masih manual dilakukan oleh kepala sekolah.
Selain itu adanya beberapa faktor penghambat dalam pemanfaatan sistem DAPODIK tersebut tidakterlepas banyaknya operator sekolah yang kurang memahami dalam penggunaan sistem informasi DAPODIK seperti, 1. tidak ada akses operator dinas dalam mengelola sistem informasi DAPODIK sehingga kalau ada operator sekolah yang melaporkan permasalahan sistemnya susah untuk memperbaiki langsung, 2.operator sekolah merasa rumit dalam pengaturan data pendidikan dan kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh operator sekolah dalam menggunakan sistem pengelolaan DAPODIK dan operator DAPODIK sekolah masih manual dikerjakan oleh kepala sekolah,3. Adapun faktor pendukung yang dimaksud dalam pemanfaatan DAPODIK berdasarkan hasil pembahasan ini adalah ketersediaan fasilitas komputer dalam penginputan data pendidikan sekolah. Ketersediaan SDM dalam mengoprasikan dan penginputan data pokok pendidikan sekolah, ketersediaan anggaran yang cukup dalam operasionalnya dan ketersediaan internet untuk proses upload DAPODIK
Betuk policy pemerintah dapat berkaitan dengan penggunaan aplikasi DAPODIK adalah kebijakan kebijakan yang memperhatikan pemerintah terhadap kebutuhan tenaga pendidik dengan rasio siswa yang ada, pengelokasian anggaran dalam meningkatkan infrastruktur pendidikan nyang tepat sasaran dan pembenahan masalah-maslah lainnya yang terkait dengan pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bungin, Burhan.2007. “Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik
dan Ilmu Sosial lainnya”. Jakarta:Putra Grafika
Fattah, Nanang, 2014. “Landasan Manajemen Pendidikan” PT Remaja RosdaKarya,
Bandung
Hasbullah dkk, 2014. “Jaminan Kesehatan Nasional”. Jakarta; PT. Raja Grafindo
Persada.
Hasbullah. 2015. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Irianto Yoyon Bahtiar, 2012. Kebijakan Pembaruan Pendidikan, Raja Grafindo
Persada, Jakarta,
Komariah dan Djam'an Satori, 2010, Metodologi Penelitian. Kualitatif. Bandung :
Alfabeta
Kuntjara, Esther. 2006. Penelitian Kebudayaan Sebuah Panduan Gratis. Yogyakarta:
Penerbit Graha Ilmu
Nazir, Muhammad. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan.
Manajemen Pegawai Negeri Sipil (cetakan kesembilan). Bandung : PT Refika.
Aditama.
Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung:
Mandar Maju
Siagian, Sondang P, (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara,.
Jakarta.
Soyomukti, Nurani. (2010). Pengantar Sosiologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sukmadinata, 2006. Metode Penelitian Tindakan. Bandung : Remaja Rodsakarya
Sukmadinata (2009). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Sugiyono. (1997). Metodologi Penelitian Administrasi. Yogjakarta: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kelima. Yogyakarta:
Prenada Media.
Syaiful Sagala. 2008. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.5230
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .