Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remaja
Abstract
Pendidikan adalah hal yang utama didalam kehidupan era skarang ini.pendidikan dapat diperoleh melalui jalur pendidikan formal, informal dan nonformal. Taman pendidikn al-quran merupakan lembaga pendidikan nonformal yang ikut serta dalam memajukan dan mencerdaskan anak bangsa terutama remaja,baik pendidikan moral maupun agama.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui i) Perilaku sosial remaja ditaman pendidikan al-quran ii) Pengaruh dan faktor penyebab perilaku sosial remaja dalam masyarakat.penelitian yang dilakukan merupakan penelitian sosial budaya metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan cara memilih beberapa informan yang telah ditentukan oleh peneliti. Penelitian ini menunjukkan bahwa taman pendidikan al-quran memiliki banyak pengaruh bagi remaja yaitu: i) remaja tidak hanya diajarkan membaca dan menulis al-quran tetapi dia juga diajarkan bagaimana berperilaku yang baik, sopan dalam berbicara serta menghargai orang yang lebih tua ii) adapun faktor penyebab perilaku sosial remaja yang ada di taman pendidikan al-quran adalah faktor internal (dari dalam diri remaja itu sendiri)seperti malas ikut mengaji serta kurangnya dorongan dan perhatian dari orang tua remaja,dan faktor eksternal (pengaruh dari luar atau lingkungan) yaitu adanya pengaruh dari teman sebayanya dan terkadang remaja bermasa bodoh dan malas pergi mengaji karena terpengaruh oleh teknologi yang semakin berkembang. maka dapat disimpulkan bahwa perilaku remaja yang ikut di Taman Pendidikan Al-quran sangat dipengaruhi oleh dorongan orangtua dan didikan
Kata Kunci: Taman Pendidikan Al-quran, Perilaku Sosial Remaja
Full Text:
PDF Implikasi Pendidikan NonforReferences
Ambo Enre Abdullah, 2005. Pendidikan Di Era Ototnomi Daerah Gagasan Dan Pengalaman. Pustaka Timur : Yogyakarta
Ahmadi, Abu. 1999. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Akbar dan Usman. 2011. Metode penelitian sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Barnadib, Imam. 1987. Pendidikan Perbandingan: Buku Dua Persekolahan dan Perkembangan Masyarakat. Yogyakarta:Andi Offset
Bagong Suyanto Dr. 2013. Masalah Sosial Anak. Jakarta: PT fajar interpratama mandiri
Budiono.1997. Pendidikan Dan Perubahan Sosial Ekonomi. Jakarta: Aditya Media
Basrowi, 2005.Pengantar sosiologi. Bogor. Ghalia Indonesia
CiptaSoekanto,soerjono.1990. sosiologi suatu pengantar. Jakarta : rjawali pers
Dagun. 2002. Sosiologi keluarga. Jakarta :bineka cipta
Daradjat, Zakiyah dkk.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta:Bumi Aksara,1996.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta,2008.
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka,1993.
Hadits No 4639.Shahih Bukhori Juz 15 Hal 439.
Hamdani.Filsafat Pendidikan Islam.Bandung:Pustaka Setia,1998.
Hidayatullah,Taufiq. Skripsi:Manajemen Pengembangan Taman Pendidikan Al-Qur’an Di TPQ Darussalam Di Desa Kolomagan Kec Wonodadi Kab Blitar. Kediri:Jurusan Tarbiyah STAIN Kediri,2010.
Johnson, paul Doyle.1986.Teori sosiologi klasik dan Teori sosiologi modernJakarta: PT.Gramedia
Kinlock. Graham C. 2005. Perkembangan Dan Pradigma Utama Teori Sosiologi. Bandung : Pustaka setiar
Muhammadiyahm, Marham dan Kamaruddin, Syahribulan. 2012. Sosiologi keluarga.Makassar.
Maryadi.(2005). Pemberdayaan potensi masyarakat melalui pendidikan kecakapan hidup.Diklus:Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Edisi 6, Th X, September 2005. Jurusan pendidikan luar sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Moleong Lexv J. 2005. Metodologi penelitian kulitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Narwoko, Dwi j. 2007. Sosiologi teks pengantar dan terapanya. Jakarta kencana
Nasution 1998.Metode penelitian kuantitatif dan R&D, Bandung: Afabeta
Quraisy, H., & Babo, R. (2015).Pemberdayaan Masyarakat Desa Yang Buta Huruf.equilibrium, 3(2), 213-222.
Ritzer, George dan Goodman J. Douglas.2004.teori sosiologi modern. Jakarta: kencana
Rumini,Sundari S.2004. perkembangan anak dan remaja. Jakarta: Rineka
Susyono, D. Dkk, (2007). Ilmu pendidikan. Fakultas Ilmu pendidikan,Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: UNI Press.
Siswanto.2005. Panduan Praktis Organisasi Remaja Mesjid. Jakarta: Pustaka Al-kautsar.
Stompka,piotr. 2007. Sosiologi perubahan sosial. Jakarta : penada media group
Susilo Dwi kK Rachmad. 2008. Sosiologi lingkungan. Jakarta :PT Rajagrafindo persada
Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2013. Pedoman penulisan skripsi. Makassae: FKIP Unismuh Makassar
W. A. Gerungan. 2004. Psikologi sosial. Bandung
Yusuf Muri. 2014. Metode penelitian. Jakarta : PT fajar interpratama Mandiri
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.506
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .