Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remaja

Sulfasyah Sulfasyah, Jamaluddin Arifin

Abstract


Pendidikan adalah hal yang utama didalam kehidupan era skarang ini.pendidikan dapat diperoleh melalui jalur pendidikan formal, informal dan nonformal. Taman pendidikn al-quran  merupakan lembaga pendidikan nonformal yang ikut serta dalam memajukan dan mencerdaskan anak bangsa terutama remaja,baik pendidikan moral maupun agama.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui i) Perilaku sosial remaja ditaman pendidikan al-quran ii) Pengaruh dan faktor penyebab perilaku sosial remaja dalam masyarakat.penelitian yang dilakukan merupakan penelitian sosial budaya metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan cara memilih beberapa informan yang telah ditentukan oleh peneliti. Penelitian ini menunjukkan bahwa taman pendidikan al-quran memiliki banyak pengaruh bagi remaja  yaitu: i) remaja tidak hanya diajarkan membaca dan menulis al-quran tetapi dia juga diajarkan bagaimana berperilaku yang baik, sopan dalam berbicara serta menghargai orang yang lebih tua ii) adapun faktor penyebab perilaku sosial remaja yang ada di taman pendidikan al-quran  adalah faktor internal (dari dalam diri remaja itu sendiri)seperti malas ikut mengaji serta kurangnya dorongan dan perhatian dari orang tua remaja,dan faktor eksternal (pengaruh dari luar atau lingkungan) yaitu adanya pengaruh dari teman sebayanya dan terkadang remaja bermasa bodoh dan malas pergi mengaji karena terpengaruh oleh teknologi yang semakin berkembang. maka dapat  disimpulkan bahwa perilaku remaja yang ikut di  Taman Pendidikan Al-quran sangat dipengaruhi oleh dorongan orangtua dan didikan

 

Kata Kunci: Taman Pendidikan Al-quran, Perilaku Sosial Remaja


References


Ambo Enre Abdullah, 2005. Pendidikan Di Era Ototnomi Daerah Gagasan Dan Pengalaman. Pustaka Timur : Yogyakarta

Ahmadi, Abu. 1999. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Akbar dan Usman. 2011. Metode penelitian sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnadib, Imam. 1987. Pendidikan Perbandingan: Buku Dua Persekolahan dan Perkembangan Masyarakat. Yogyakarta:Andi Offset

Bagong Suyanto Dr. 2013. Masalah Sosial Anak. Jakarta: PT fajar interpratama mandiri

Budiono.1997. Pendidikan Dan Perubahan Sosial Ekonomi. Jakarta: Aditya Media

Basrowi, 2005.Pengantar sosiologi. Bogor. Ghalia Indonesia

CiptaSoekanto,soerjono.1990. sosiologi suatu pengantar. Jakarta : rjawali pers

Dagun. 2002. Sosiologi keluarga. Jakarta :bineka cipta

Daradjat, Zakiyah dkk.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta:Bumi Aksara,1996.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta,2008.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka,1993.

Hadits No 4639.Shahih Bukhori Juz 15 Hal 439.

Hamdani.Filsafat Pendidikan Islam.Bandung:Pustaka Setia,1998.

Hidayatullah,Taufiq. Skripsi:Manajemen Pengembangan Taman Pendidikan Al-Qur’an Di TPQ Darussalam Di Desa Kolomagan Kec Wonodadi Kab Blitar. Kediri:Jurusan Tarbiyah STAIN Kediri,2010.

Johnson, paul Doyle.1986.Teori sosiologi klasik dan Teori sosiologi modernJakarta: PT.Gramedia

Kinlock. Graham C. 2005. Perkembangan Dan Pradigma Utama Teori Sosiologi. Bandung : Pustaka setiar

Muhammadiyahm, Marham dan Kamaruddin, Syahribulan. 2012. Sosiologi keluarga.Makassar.

Maryadi.(2005). Pemberdayaan potensi masyarakat melalui pendidikan kecakapan hidup.Diklus:Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Edisi 6, Th X, September 2005. Jurusan pendidikan luar sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Moleong Lexv J. 2005. Metodologi penelitian kulitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Narwoko, Dwi j. 2007. Sosiologi teks pengantar dan terapanya. Jakarta kencana

Nasution 1998.Metode penelitian kuantitatif dan R&D, Bandung: Afabeta

Quraisy, H., & Babo, R. (2015).Pemberdayaan Masyarakat Desa Yang Buta Huruf.equilibrium, 3(2), 213-222.

Ritzer, George dan Goodman J. Douglas.2004.teori sosiologi modern. Jakarta: kencana

Rumini,Sundari S.2004. perkembangan anak dan remaja. Jakarta: Rineka

Susyono, D. Dkk, (2007). Ilmu pendidikan. Fakultas Ilmu pendidikan,Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: UNI Press.

Siswanto.2005. Panduan Praktis Organisasi Remaja Mesjid. Jakarta: Pustaka Al-kautsar.

Stompka,piotr. 2007. Sosiologi perubahan sosial. Jakarta : penada media group

Susilo Dwi kK Rachmad. 2008. Sosiologi lingkungan. Jakarta :PT Rajagrafindo persada

Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2013. Pedoman penulisan skripsi. Makassae: FKIP Unismuh Makassar

W. A. Gerungan. 2004. Psikologi sosial. Bandung

Yusuf Muri. 2014. Metode penelitian. Jakarta : PT fajar interpratama Mandiri




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya