Analisis Keterampilan Menulis Siswa Kelas 1 Pada Model Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di SD Muhammadiyah 4 Surabaya

Ilmi Mustafidhah Rokhimah, Lilik Binti Mirnawati, Fajar Setiawan

Abstract


Pembelajaran berbasis Dalam Jaringan (daring), cukup menuai perhatian selama pandemi Covid-19. Model pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka di kelas, beralih pada berbasis jaringan lantaran adanya keterbatasan untuk bertatap muka langsung. Keterbatasan tersebut mengakibatkan adanya faktor-faktor yang menghambat guru dalam pemantauan perkembangan siswa khususnya dalam penilaian pengetahuan maupun keterampilan belajar siswa. Dengan adanya peralihan model pembelajaran tersebut, penelitian ini diadakan dengan tujuan menganalisis keterampilan menulis siswa kelas 1 menurut aspeknya yakni motorik, perilaku, persepsi, memori. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Surabaya yang terhitung mulai bulan November hingga Januari 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas 1-A yang berjumlah 23 siswa di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara penilaian secara tes yakni pre-test (secara lisan) dan post test (berupa tulisan) maupun non tes (wawancara). Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka di dapatkan hasil penilaian siswa yakni hasil penilaian pengetahuan keseluruhan siswa 1-A yang keberhasilan dalam penugasannya mencapai 90%. Sedangkan keberhasilan dalam penilaian keterampilan siswa secara keseluruhan mencapai 78,8% dengan perincian setiap aspeknya : motorik 74%, perilaku 78,2%, persepsi 85%, memori 78,2%. Hal ini dapat menunjukkan bahwa siswa kelas 1-A sudah menguasai keterampilan menulis permulaan dan sudah siap kedepannya secara perlahan untuk mempelajari keterampilan menulis lanjut pada pembelajaran berikutnya.


Keywords


pembelajaran daring; Keterampilan Menulis; Menulis Permulaan

Full Text:

PDF

References


Bachtiar, Wardhi. Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah (Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1997)

Hadi, Sutrisno. Metodologi Riset (Yogyakarta : Andi Offset,1989)

https://id.scribd.com/doc/74997562/Faktor-Penyebab-Kesulitan-Belajar, diakses pada hari Minggu, pukul 13.00

https://www.gurupendidikan.co.id/analisis/, diakses pada hari Senin, 30 November 2020, pukuL 10.00

Lestari, Ngreni. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Menggunakan Media Gambar dengan Pendekatan Keterampilan Proses Siswa Kelas 2 Malangrejo Kabupaten Sleman.(eprints.uny.ac.id). Yogyakarta.Universitas Negri Yogyakarta.

Moleong, Lexy J.Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remadja Rosdakarya, 2016), Cet ke-35

Mulyana, Dedy.Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung : Rosdakarya, 2004).

Narbuko, Cholid,dkk. Metodologi Penelitian (Cet.VIII; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007

S. Nasution, Metode Research : Penelitian Ilmiah (Jakarta : Bumi Aksara, 1996.

Sadikin, Ali, dkk .2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi . PembelajaranDaring di Tengah Wabah Covid-19 ..Vol. 06. No 02 .Jambi.

Saputra, Edi. 2014. “Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia” . Jurnal Al-Irsyad.Vol. IV. No 1. Januari – Juni

Wicaksono, Wicaksono. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya.Garudhawaca.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.4773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya